Tuesday, February 28, 2017

Bingung Ingin Buka Usaha Pembuatan Kue, Berikut Ide dan Peluang Gambaran Prospeknya

Peluang Usaha Jasa Pembuatan Kue - Usaha ini cukup menjanjikan untuk ditekuni namun umumnya usaha ini memiliki peningkatan pesanan pada saat-saat tertentu saja. Nah, untuk lebih mengenal bagaimana gambaran usaha ini kita akan membahas sekilas seputar prospek atau potensi dari jenis usaha kuliner tersebut.

Peluang Usaha Jasa Pembuatan Kue
Foto: Ilustrasi usaha pembuatan kue/aliakbars
Disini kita akan mencari tahu bagaimana Peluang Jasa Pembuatan Kue tersebut.Usaha ini memiliki peluang yang cukup bagus bukan hanya karena banyak yang tidak bisa atau ahli membuat kue tetapi karena banyak juga orang yang tidak memiliki waktu yang cukup untuk membuat berbagai kue yang di butuhkan.

Namun, menjalankan usaha ini bukan tanpa hambatan karena dalam kehidupan sehari-hari kebutuhan akan kue tidak begitu tinggi mengingat kue adalah kebutuhan makanan sekunder.

Tapi hal itu bukan berarti bisnis atau usaha di bidang ini kurang menjanjikan, maka dari itu dari pada bingung kita akan menelusuri bagaimana gambaran dari peluang usaha ini.

Secara umum usaha ini memang memiliki potensi yang cukup bagus, hal ini karena banyaknya kebutuhan kue di masyarakat untuk berbagai acara.

Berbagai acara yang membutuhkan jasa pembuatan kue seperti ini bervariasi baik untuk yang sifatnya kebutuhan pribadi maupun untuk kebutuhan lembaga, instansi dan sebagainya. Sebagai contoh, ada kebutuhan kue ulang tahu, ada juga kebutuhan kue untuk berbagai acara lain seperti pernikahan, syukuran, pertemuan dan lain sebagainya.

Usaha jenis ini memiliki keunikan tersendiri yang membuat usaha ini perkembangannya sedikit membutuhkan waktu. Meskipun tergolong menjanjikan namun ada beberapa catatan yang perlu kita perhatikan jika kita ingin memulai usaha ini. Beberapa catatan untuk usaha tersebut yaitu:

1) Usaha ini tidak cocok untuk target market kalangan bawah
2) Usaha ini lebih cocok di jalankan di daerah ramai, sibuk dengan maryarakat berpenghasilan tetap
3) Usaha ini termasuk usaha musiman yang permintaannya tidak bisa tinggi sepanjang waktu
4) Memerlukan ketekunan, ketelatenan dan keramahan
5) Variasi produk cepat berkembang

Dalam mengukur tingkat Peluang Usaha Jasa Pembuatan Kue ini hendaknya beberapa catatan di atas juga kita perhitungkan. Dengan begitu hasil analisa yang kita dapat lebih bisa kita aplikasikan dalam menjalankan usaha baru tersebut.

Tidak lupa, dalam menganalisa peluang atau prospek usaha tersebut ada beberapa hal penting yang sebaiknya kita kaji misalnya mengenai target market, daya beli, kondisi konsumen, kebiasaan konsumen, persaingan, bahan baku, modal dan harga jual serta beberapa aspek pendukung lainnya.

Usaha ini sendiri terdiri dari beberapa usaha turunan yang bisa kita jalankan terpisah. Kalau kita mengambil jasa pembuatan kue saja maka banyak jenis kue yang bisa kita jual. Namun begitu kita juga bisa mempertimbangkan untuk menjalankan salah satu bidang saja sesuai peluang yang ada.

1) Jasa Pembuatan Kue Ulang Tahun
Lebih spesifik kita dapat memilih untuk menjalankan salah satu jenis usaha jasa ini dengan memilih produk khusus kue ulang tahun. Dengan memilih jenis usaha ini tentu saja kita akan fokus pada bidang jasa yang hanya menyediakan produk kue ultah yang banyak di butuhkan di tengah masyarakat.

Sebelum menjalankan bisnis atau usaha ini tentu saja kita harus memastikan usaha ini peluangnya bagus. Maka dari itu silahkan baca juga pembahasan khusus mengenai hal tersebut pada bagian terpisah. Untuk mengetahui lebih jelas gambaran usaha ini silahkan baca prospek usaha kue ulang tahun.

2) Jasa Pembuatan Kue Pernikahan
Hampir sama dengan yang pertama, kita juga dapat menjalankan usaha untuk khusus kue pernikahan. Untuk yang ini contoh produknya yaitu kue srah-srahan, anake kue resepsi pernikahan dan lain sebagainya.

Untuk mengawali usaha ini kita bisa survei terlebih dahulu bagaimana kebutuhan dan permintaan akan kue pernikahan yang ada di masyarakat. Tidak lupa juga sebaiknya kita pastikan terlebih dahulu bagaimana prospeknya dengan mempelajari peluang usaha kue pernikahan.

3) Jasa Pembuatan Kue Lebaran
Yang ini bisa dikatakan paling besar permintaannya namun merupakan usaha musiman. Jika kita telah membangun usaha di bidang jasa pembuatan kue maka usaha kue lebaran bisa menjadi tambahan yang bisa kita terapkan di usaha tersebut. Lebih jelas mengenai usaha ini bisa di baca di peluang usaha kue lebaran.

4) Jasa Pembuatan Kue Acara Khusus
Selain beberapa jenis kue di atas ada juga berbagai keperluan kue lain yang bisa kita masukkan dalam usaha jasa pembuatan kue yang kita jalankan. Beberapa kue lain misalnya kue untuk acara rapat di kantor, kue acara kenduri selamatan, kue untuk acara wisuda dan lain sebagainya.

Dari beberapa variasi produk kue yang dapat dihasilkan di atas tentu saja bisa memberikan gambaran bagi kita bahwa Peluang Usaha Jasa Pembuatan Kue masih cukup bagus untuk ditekuni.

Sebagai catatan, jika ingin mendirikan usaha ini maka secara khusus sebaiknya kita melakukan survei terhadap berbagai faktor yang mendukung dan mempengaruhi usaha jasa tersebut. Itu saja, semoga bermanfaat!

Bingung Ingin Buka Usaha Pembuatan Kue, Berikut Ide dan Peluang Gambaran Prospeknya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma