Thursday, January 5, 2017

Tips Bagaimana Cara Memulai Usaha Tanpa Modal Memadai

Sebenarnya bagaimana sih cara memulai sebuah usaha tanpa modal? Sebenarnya banyak sekali dari kita yang ingin memiliki kemandirian finansial dengan mengelola usaha pribadi. Namun sayangnya tak semua memiliki dukungan yang cukup.

Sebagian memiliki keahlian dan dukungan modal yang memadai namun sebagian lagi harus menahan diri karena terbentur masalah pembiayaan. Meski banyak pakar yang mengatakan bahwa usaha tidak harus menggunakan modal uang namun pada kenyataannya sangat sulit untuk memulai suatu usaha tanpa dukungan modal tersebut.

Tapi perlu kita ingat, “sulit bukan berarti tidak bisa”, benar bukan? Itulah hal yang harus kita ingat manakala kita memiliki niat untuk mendirikan sebuah usaha atau bisnis namun tidak memiliki dukungan keuangan yang cukup.

Di atas telah dikatakan bahwa menurut banyak ahli memulai sebuah usaha tidak selamanya membutuhkan uang dan kali ini kita akan membuktikan dengan berbagai tips dan kiat yang akan kita terapkan. 

Sebenarnya, kendala untuk memulai usaha tanpa modal ini bukanlah masalah kita sendiri. Banyak orang lain yang memendam keinginan mendirikan usaha atau bisnis namun harus tertahan dan mengubur angan tersebut. Ini bisa kita lihat dari banyaknya orang yang mencari kiat dan berburu informasi mengenai berbagai hal berikut!

a) Usaha tanpa modal uang
b) Peluang usaha tanpa modal
c) Cara memulai usaha tanpa modal uang
d) Cara memulai usaha tanpa modal besar
e) Berita cara memulai usaha tanpa modal
f) Contoh usaha tanpa modal
g) Usaha tanpa modal hasil melimpah
h) Cara memulai usaha dengan modal kecil

Jika memiliki waktu luang kita bisa menelusuri satu per satu berbagai informasi di atas. Ini akan membuka mata kita lebar-lebar bahwa masalah ini memang sangat serius dan menjadi masalah banyak orang. Sebenarnya sudah banyak yang berbagi kiat dan tips namun hanya sedikit yang mampu menerapkan dan berhasil membuktikannya. 

A. Contoh usaha yang bisa dijalankan tanpa modal

Banyak usaha yang sebenarnya bisa kita golongkan ke dalam jenis usaha tanpa modal. Usaha-usaha tersebut ada yang bergerak di bidang jasa, usaha sampingan, usaha rumahan, industri kecil dan lain sebagainya.

Namun begitu kebanyakan dari kita jika diberi tahu atau diberi informasi mengenai usaha tersebut hanya memandang sebelah mata dan membiarkannya berlalu. Padahal, jika ditelusuri lebih jauh banyak sekali jenis usaha yang dapat dijalankan dengan modal yang sangat kecil.

Ada usaha yang bisa dijalankan hanya dengan modal niat, ada usaha yang hanya membutuhkan modal satu juta rupiah, 500 ribu dan lain sebagainya.

Sebelum kita membahas mengenai berbagai kiat dan tips dalam memulai usaha tanpa modal kita akan mempelajari terlebih dahulu beberapa contoh usaha atau bisnis yang bisa kita pertimbangkan sebagai pilihan.

Beberapa usaha ini ada yang membutuhkan sedikit modal uang da nada juga yang tidak membutuhkan uang sama sekali, penasaran? Berikut adalah beberapa contoh usaha yang dapat dijalankan tanpa modal.

1) Usaha sampingan penulis lepas
Usaha pertama yang dapat digolongkan sama sekali tidak membutuhkan modal uang adalah usaha sampingan sebagai penulis lepas atau yang lebih dikenal dengan sebutan freelance. Jenis usaha ini merupakan usaha online yang cukup menjanjikan untuk dijalani.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini adalah kemampuan membuat tulisan. Yang menarik dari usaha ini adalah jika sudah professional dan banyak dikenal maka kita bisa dengan mudah mendapatkan penghasilan bulanan yang cukup.

Bahkan untuk usaha ini banyak yang sudah bisa mendapatkan puluhan juta dalam satu bulan hanya dengan menghabiskan waktu bekerja yang tidak terlalu lama.

2) Bisnis agen properti (minimal 2.5% komisi)
Peluang usaha tanpa modal kedua yang bisa juga dipertimbangkan adalah memulai usaha sebagai agen properti. Agen properti ini penghasilannya lumayan besar yaitu minimal bisa mencapai kisarana 2,5% dari harga properti yang terjual.

Meski begitu pekerjaan sebagai agen penjualan ini tentu harus dijalankan oleh kita yang memiliki kemampuan pemasaran yang baik. Bukan hanya properti, jika memiliki kemampuan pemasaran kita juga bisa menjadi agen-agen penjualan produk lain.

Sekarang ini banyak sekali produk-produk perusahaan yang dijual menggunakan jasa agen. Bahkan di dunia online sekarang sudah banyak perusahaan yang secara khusus memasarkan produknya dengan sistem agen.

3) Usaha jasa online
Berikutnya kita bisa juga memilih bidang usaha jasa. Usaha jasa ini bisa dijalankan jika kita memiliki keterampilan apapun yang bisa dijual dan dibutuhkan banyak orang. Tidak hanya jasa di dunia online, di dunia nyata pun usaha jasa ini bisa dijalankan dan memiliki potensi keberhasilan yang cukup baik.

Beberapa usaha tersebut hanya sebagai contoh saja untuk gambaran kepada kita bahwa sejatinya banyak usaha-usaha yang bisa kita jalankan dengan modal yang ala kadarnya. Bagaimana, apakah ada salah satu usaha tersebut yang sesuai dengan kemampuan dan harapan kita?

B. Tips mudah mememulai usaha modal minim

Teori memang mudah tapi pada prakteknya sangat sulit sekali untuk bisa memulai usaha tanpa modal seperti yang diceritakan banyak orang. Sebenarnya kata sulit inilah yang menjadi hambatan bagi kita.

Jika kita ingin memiliki kemandirian finansial dengan usaha sendiri maka kita harus menghilangkan kata “sulit” tersebut. Jika kita masih mengatakan sulit maka itu berarti sebenarnya kita tidak memiliki kualifikasi untuk menjadi seorang pengusaha sukses. 

Seorang pengusaha atau pelaku usaha yang sukses adalah mereka yang tidak menyerah dengan keadaan. Mereka itulah yang menyediakan solusi dan pemecahan masalah atas apa yang mereka temukan di kehidupan nyata.

Maka dari itu kualitas sifat pribadi kita harus kita utamakan dalam memulai usaha seperti ini. Selain itu ada beberapa tips yang bisa kita lakukan yaitu:

1. Kenali bakat dan kemampuan
2. Kelola sifat buruk
3. Memperluas pergaulan
4. Tingkatkan kualitas dengan belajar

Bakat dan kemampuan adalah modal tak ternilai dengan uang yang harus kita hargai dan kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dengan bakat dan kemampuan inilah kita bisa mewujudkan keinginan kita untuk mendirikan sebuah bisnis tanpa tergantung pada keadaan finansial.

Maka dari itu untuk memulai usaha sebaiknya kita mulai dengan menggali berbagai potensi yang ada dalam diri kita dan menggunakannya sebagai senjata.

Yang berikutnya, hambatan awal yang akan langsung mematahkan niat seorang pelaku usaha adalah sifat buruk seperti rasa malas, takut, minder, frustrasi dan sebagainya.

Jika ingin memulai langkah ini maka pastikan kita kelola berbagai sifat buruk tersebut dengan baik. Memang tidak bisa dihilangkan namun kita harus bisa mengesampingkan dan menekan berbagai sifat tersebut.

Untuk mendukung pergerakan kita yang hanya mengandalkan badan maka akan lebih baik jika kita perluas jaringan. Jauh sebelum memutuskan untuk membangun bisnis hendaknya kita perhatikan pergaulan kita, jangan sampai kita tidak memiliki cukup rekan nantinya.

Berikutnya adalah langkah kita yang tanpa dukungan uang tersebut akan sukses jika kita mau terus belajar dan berusaha mengembangkan diri dan kemampuan. Jangan menyerah pada keadaan diri kita, jangan menyerah dengan apa yang dapat kita lakukan. Kembangkan terus kualitas kita dengan belajar berbagai hal yang bermanfaat.

Dengan beberapa tips dan kiat dalam memulai suatu usaha tanpa modal di atas diharapkan kita bisa lebih mantap dalam memulai apa yang sudah lama kita inginkan. Jangan tunda keinginan baik, jangan biarkan niat baik dan cita-cita hanya menghilang tertiup angin.

Mulai dari detik ini juga mari kita lakukan langkah nyata untuk memulai usaha yang kita inginkan tersebut. Sekecil apapun yang kita lakukan pasti akan ada manfaatnya esok.

Tips Bagaimana Cara Memulai Usaha Tanpa Modal Memadai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma