Wednesday, November 2, 2016

Peluang Usaha Budidaya Bawang Putih Menjanjikan

Tidak perlu menutup diri, meski tidak memiliki latar belakang sebagai seorang petani atau pekebun namun dalam membangun sebuah bisnis kita bisa mempertimbangkan apa saja. Salah satunya yaitu usaha di bidang budidaya bawang. Bagaimana menurut anda sendiri?
Jangan buru-buru, sudah tahu usaha unik di internet belum? Banyak pilihannya kok, coba pelajari aja dulu...!
Gambaran Peluang Usaha Budidaya Bawang Putih Menjanjikan

Tentu saja perlu pertimbangan yang matang sebelum memutuskan. Itulah sebabnya meski mendapat banyak info berbagai peluang atau prospek bisnis tetapi harus dikaji lagi. Yang akan menjalankan harus memutuskan sendiri apakah jenis usaha itu sesuai atau tidak. Lalu, bagaimana dengan bawang putih?

Seperti kita tahu bawang putih adalah salah satu bahan rempah yang digunakan sebagai bumbu masakan sehari-hari. Dari hal itu saja kita sudah dapat menebak bagaimana gambaran konsumen yang membutuhkan hasil budidaya tersebut.

Sangat luas, di masyarakat lokal saja bawang putih dibutuhkan oleh semua lapisan masyarakat. Bisa dikatakan bawang putih menjadi salah satu kebutuhan pokok yang jumlah permintaannya selalu saja tinggi. 

Dari gambaran tersebut kita sudah tahu bagaimana prospek bisnis dari budidaya bawang putih tersebut. Yang masih perlu dikaji lebih dalam mungkin mengenai berbagai informasi dasar seperti misalnya harga jual bawang putih, modal usaha bawang putih, biaya perawatan dan lain sebagainya.

Tugas kita selanjutnya agar mengetahui lebih jelas mengenai potensi usaha tersebut untuk mencari dan menganalisa berbagai aspek usaha yang berkaitan. Secara umum memang dapat dikatakan bahwa usaha budidaya bawang putih ini cukup menjanjikan untung besar. 

Namun begitu kesuksesan usaha ini tentunya juga akan dipengaruhi banyak faktor lain yang berkaitan. Maka dalam menganalisa usaha ini hendaknya kita analisa berbagai aspek secara menyeluruh agar bisa dijadikan acuan dasar yang dapat dipertanggungjawabkan.

A. Analisa aspek usaha
Untuk mengetahui lebih jauh bagaimana prospek yang dimiliki oleh usaha ini maka kita sebagai pelaku usaha harus menganalisa berbagai aspek. Aspek - aspek usaha yang sebaiknya dipertimbangkan dengan matang antara lain sebagai berikut.

1) Kemampuan budidaya yang dimiliki
2) Angka dasar budidaya bawang putih
3) Hambatan dan kendala usaha
4) Kondisi persaingan
5) Keadaan iklim dan lahan budidaya

Paling tidak lima hal di atas penting untuk dikaji dan diamati lebih jauh sebelum kita memutuskan untuk menjalankan usaha tersebut. Pertama mengenai kemampuan dan keahlian kita dalam menanam atau membudidayakan tanaman bawang putih tersebut.

Dalam hal ini bagus tidaknya peluang akan dipengaruhi juga oleh kemampuan kita. Maka sebaiknya jika hendak memulai usaha ini maka kita harus menguasai bagaimana teknik budidaya bawang putih yang benar dan sukses.

Selanjutnya angka dasar usaha juga harus masuk dalam perhitungan kita. Hal ini bertujuan untuk dapat mengukur seberapa kuat keuangan yang bisa kita dukung dalam menjalankan usaha budidaya tersebut.

Seperti kita tahu, jenis usaha budidaya membutuhkan modal yang lumayan apalagi jika ditambah dengan modal tanah yang akan ditanami. Maka dari itu penting untuk menganalisa berbagai angka dasar yang berkaitan. 

Sebagai contoh hendaknya kita tahu seberapa besar modal awal yang harus dikeluarkan, modal perawatan dan penanaman, biaya produksi secara keseluruhan, harga jual di pasaran dan seterusnya. Lebih jauh kita juga dapat melakukan analisa laba rugi sebelum menjalankan usaha ini. 

Manajemen resiko juga harus kita perhitungkan, maksudnya kita juga harus memiliki gambaran bagaimana hambatan dan kesulitan usaha yang mungkin akan dihadapi. Hambatan dan kesulitan tersebut bisa dari berbagai aspek baik itu dari yang bersifat teknis budidaya, pemasaran dan lain sebagainya. 

Berbagai aspek tersebut akan mempengaruhi bagaimana peluang yang dimiliki usaha ini jika didirikan di suatu daerah tertentu. Belum lagi masalah kondisi persaingan pasar yang ada, kita juga harus memperhitungkan bagaimana persaingan yang sudah ada untuk budidaya tersebut.

Karena sudah menjadi hal yang lumrah jika semakin banyak usaha maka persaingan akan semakin ketat, semakin banyak panen dari petani bawang putih maka harga biasanya akan semakin murah. 

Perlu juga dipertimbangkan mengenai keadaan tanah dan iklim di lokasi yang akan dipilih. Iklim dan kondisi tanah juga secara tidak langsung akan mempengaruhi peluang usaha budidaya bawang putih tersebut.

Karena jika iklim dan kondisi tanahnya tidak sesuai maka kemungkinan hasil panen juga tidak akan memuaskan atau bahkan gagal panen. 

B. Kesimpulan analisa peluang usaha
Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa secara umum usaha ini merupakan usaha yang cukup berpotensi. Meski begitu peluang atau prospek usaha pertanian ini juga akan dipengaruhi berbagai aspek lain.

Aspek yang berpengaruh tersebut seperti kemampuan dan keterampilan pelaku usaha, kondisi permodalan, kondisi lahan dan juga tingkat persaingan pasar.

Maka dengan kata lain dapat dikatakan bahwa bagus tidaknya peluang yang dimiliki usaha ini cukup relatif dan tergantung banyak faktor.

Berkaitan dengan hal itu maka pelaku usaha yang berniat hendak menjajal kemampuan dalam bidang usaha pertanian tanaman rempah tersebut sebaiknya benar-benar melakukan analisa mendalam terhadap berbagai aspek usaha yang berkaitan sesuai dengan daerah yang dipilih. 

Daerah akan menentukan layak tidaknya usaha ini dijalankan begitu juga dengan keterampilan yang dimiliki. Bisa saja, di satu sisi usaha ini sangat menjanjikan namun di satu sisi menjadi sebuah usaha yang sangat berisiko untuk dijalankan. Maka dari itu cermat dalam menganalisa berbagai hal penting untuk dilakukan setiap pelaku usaha, 

Sedikit mengenai usaha budidaya bawang putih tersebut mudah-mudahan bisa menjadi sumber inspirasi dan gagasan dalam memilih jenis usaha budidaya yang patut dan layak untuk dijalankan. Untuk melengkapi pembahasan ini jangan lupa pelajari juga informasi lain seputar tanaman bawang putih di bagian akhir pembahasan. Itu saja, salam sukses budidaya!

Peluang Usaha Budidaya Bawang Putih Menjanjikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko