Friday, November 4, 2016

Ide Usaha Sampingan untuk Pelajar Penghasilan Tambahan

Pelajar juga tidak dilarang kok mencari uang, benar tidak? Apalagi jika memang keadaannya memaksa. Namun begitu sebaiknya usaha adalah hal kedua setelah belajar atau sekolah. Lalu, kalau yang baru berniat, kira-kira usaha apa yang cocok ya?


Ada banyak sekali sebenarnya, tapi perlu disesuaikan dengan banyak hal. Sebuah usaha bisa dijalankan dengan baik jika orangnya mampu. Usaha juga bisa memberikan penghasilan yang bagus jika dilakukan dengan tekun, meski oleh pelajar sekalipun.

Meski kebanyakan karena latar belakang ekonomi namun mendirikan sebuah usaha sampingan bisa juga menjadi sebuah jalan untuk belajar terjun langsung dalam kehidupan dunia usaha. 

Seorang pelajar misalnya, bisa membuka sebuah usaha sampingan dengan tujuan untuk mendapatkan pengalaman dalam dunia usaha.

Nah bagi para siswa atau pelajar yang ingin membuka usaha sampingan sebagai kegiatan tambahan selain belajar di sekolah bisa mempertimbangkan beberapa ide usaha yang akan kita bahas kali ini.

Tapi perlu di ingat, ada baiknya yang menjadi tujuan utama dalam mendirikan usaha sampingan untuk pelajar tersebut bukanlah uang melainkan ilmu pengetahuan karena kewajiban utama kita masih belajar. 

Utamanya, dengan mendirikan usaha sampingan seperti ini bisa melatih jiwa wirausaha dan juga keterampilan kita dalam berbisnis. Khusus untuk remaja anak sekolah yang ingin belajar bisnis sebenarnya ada banyak jenis usaha dan bisnis sederhana yang bisa dipilih. 

Beberapa diantaranya merupakan bisnis atau usaha dibidang perdagangan, jasa dan beberapa usaha lain. Jika bingung mau usaha apa, mungkin bisa mempertimbangkan beberapa ide bisnis berikut.

1) Ide Usaha Sampingan Berjualan pulsa elektrik
Jenis usaha atau bisnis yang paling terjangkau dan sederhana untuk dijalankan oleh pelajar atau anak sekolah adalah bisnis jualan pulsa elektrik. Bisnis atau usaha jualan pulsa ini mudah untuk dikerjakan, tidak menguras waktu dan juga tidak begitu menyita pikiran.

Dengan begitu meski usaha  cocok untuk pelajar yang ingin mendapatkan tambahan uang. Maka dengan menjalankan usaha ini kita tidak perlu takut mengganggu aktivitas belajar kita di sekolah.

Usaha ini peluangnya bagus dan cukup menjanjikan di jalankan di lingkungan sekolah. Seperti kita tahu di sekolah, teman kita pasti banyak yang membutuhkan pulsa setiap harinya baik untuk sms, telepon maupun untuk internetan. 

Semakin banyak teman kita maka akan semakin banyak juga yang bisa menjadi pelanggan pulsa kita. Lumayan, kalau satu transaksi kita bisa mendapat seribu rupiah kalau tiap hari mendapat 10 transaksi pulsa maka sudah dapat 10 ribu per hari.

2) Berbisnis Sampingan Bidang Kuliner untuk Pelajar
Yang hobi memasak atau yang bersekolah di jurusan tata boga usaha ini sangat cocok, selain bisa mendapatkan uang juga bisa sesuai dengan apa yang dipelajari di sekolah. Usaha kuliner untuk pelajar ini macam-macam jenisnya mulai dari yang sederhana sampai yang ribet sekalipun ada. 

Beberapa ide yang bagus untuk bisnis anak sekolah ini antara lain untuk jajanan kue dan juga aneka minuman ringan. Kita bisa menjadi apa yang tidak disediakan di kanting sekolah dan menjualnya kepada rekan atau teman-teman kelas. 

Apalagi jika sekolahnya sampai siang atau sore hari pasti makanan dan minuman ringan bisa sangat dibutuhkan oleh teman-teman lain. Bisnis atau usaha ini cocok untuk pelajar sebagai sarana belajar dan juga sarana mendapatkan uang tambahan. 

Usaha atau bisnis untuk pelajar di bidang kuliner ini juga termasuk di dalamnya seperti usaha jualan kue atau jajanan yang banyak disukai.

3) Usaha Berjualan ATK dan Peralatan Sekolah untuk Pelajar
Selain beberapa usaha sederhana di atas, pelajar atau anak sekolah juga bisa belajar usaha untuk mendapatkan tambahan uang jajan dengan berjualan alat tulis dan peralatan sekolah yang banyak dibutuhkan oleh siswa. 

Barang yang dijual bisa bermacam-macam mulai dari buku, pensil, tempat pensil, penggaris dan berbagai kebutuhan lainnya.

Dalam menjalankan usaha ini bisa menggunakan brosur yang dibagikan kepada teman-teman agar lebih mudah. Biasanya, kalau ada teman yang jualan maka teman-teman sekolah lainnya kebanyakan suka membeli dari temannya yang lebi dekat, cepat dan lebih murah.

4) Usaha Bengkel Motor Sederhana untuk Pelajar
Untuk anak sekolah SMK jurusan otomotif usaha bengkel sederhana bisa menjadi salah satu ide usaha yang patut di coba. Usaha ini selain bisa mendatangkan keuntungan juga bisa menjadi sarana untuk mempraktekkan apa yang dipelajari di sekolah. 

Selain itu kita juga bisa banyak belajar langsung mengenai motor dengan membuka bengkel sederhana tersebut. Usahanya bisa dijalankan ketika sudah pulang sekolah.

Usaha ini cukup bagus untuk melayani berbagai kebutuhan sederhana yang berkaitan dengan motor, misalnya saja ganti oli. Usaha ini selain bisa mendatangkan keuntungan juga bisa menjadi salah satu ajang tempat nongkrong yang positif untuk belajar berbagai hal baru seputar otomotif.

5) Usaha Sampingan Rental PS untuk Pelajar
Rental PS juga bisa dijadikan usaha sampingan untuk pelajar. Seperti kita tahu, disela-sela kesibukan biasanya banyak pelajar yang melepaskan penat dengan bermain PS. Ini bisa menjadi salah satu peluang yang bisa mendatangkan uang tambahan bagi kita. 

Usaha rental ini memerlukan modal kecil dan bisa dimulai meski hanya dengan satu unit PS saja. Dari 5 ide usaha sampingan di atas mungkin ada salah satu ada yang cocok dan sesuai dengan minat dan kemampuan anda sebagai pelajar. 

Tidak perlu malu dan tidak perlu takut, kita bisa belajar menjadi seorang wirausahawan yang mungkin bisa menjadi bekal hidup di kemudian hari. Dengan membuka usaha sampingan seperti ini kita bisa mendapatkan uang dan juga mendapatkan pengalaman.

Ide Usaha Sampingan untuk Pelajar Penghasilan Tambahan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko