Tuesday, November 8, 2016

Usaha Budidaya Ikan Hias Moly Hasil Jutaan

Peluang Usaha Budidaya Ikan Hias Moly Hasil Jutaan - ada yang bilang bahwa untuk menemukan sebuah ide usaha cemerlang kita perlu berpikir out of the box yang artinya kurang lebih menggali sesuatu yang sama sekali tidak terbayangkan sebelumnya. 

Peluang Usaha Budidaya Ikan Hias Moly Hasil Jutaan
Foto: Ikan hias black moly/harga-ikanhias.blogspot.com

Misalnya, anda tidak memiliki latar belakang di bidang ternak ikan hias lalu mencoba mengkaji bagaimana potensi usaha ikan hias. Intinya adalah kita tidak harus selalu berpatokan pada jenis usaha yang kita suka atau yang dianggap orang bagus tetapi kita mencari ide yang benar-benar segar yang bahkan jarang dipertimbangkan orang.

Bagi yang hobi dengan budidaya mungkin usaha budidaya ikan hias akan menjadi alternatif yang menjanjikan mengingat kita pasti senang dalam menjalankan usaha tersebut. Nah, salah satu jenis usaha budidaya ikan hias yang memiliki peluang cukup bagus adalah ikan hias moly.

Ikan hias yang satu ini memiliki harga jual yang cukup tinggi. Bahkan harga ikan hias moly bisa mencapai jutaan rupiah tergantung pada keunikannya masing-masing. 

Berbicara mengenai peluang usaha untuk jenis usaha budidaya ikan hias semacam ini sebenarnya bisa dikatakan peluangnya bagus tidak bagus.

Hal ini mengingat ikan hias merupakan sebuah produk budidaya yang permintaannya berdasarkan hobi atau kegemaran seseorang. Dan seperti kita tahu, hobi atau kegemaran tidaklah selalu menjadi kebutuhan utama dan sering kali diabaikan. 

Meski demikian, ikan hias semacam ikan moly ini karena merupakan hal yang berhubungan dengan kegemaran maka harganya tentu akan jauh lebih mahal jika dibanding dengan ikan untuk konsumsi.

Karena, untuk orang yang hobi dan suka, harga jutaan rupiah sekalipun pasti tidak akan mahal dan tidak segan untuk dikeluarkan demi mendapatkan apa yang disukai. 

Hal inilah yang membuat prospek usaha di bidang ikan hias ini bisa memberikan keuntungan jutaan rupiah kepada yang menjalankannya. Sebelum kita berbicara lebih jauh mengenai hal ini jangan lupa juga untuk melengkapi informasi tentang ikan moly tersebut dengan membaca beberapa artikel lain di bawah ini.

1) Budidaya ikan hias black molly
2) Ikan hias molly balon
3) Usaha budidaya ikan hias air tawar
4) Peluang usaha budidaya ikan guppy
5) Peluang usaha budidaya ikan lele sangkuriang
6) Peluang usaha budidaya ikan koi
7) Peluang usaha budidaya ikan patin
8) Peluang usaha budidaya ikan nila

Mengingat beberapa hal di atas maka jika ingin mencoba untuk memulai usaha ini maka sebaiknya perlu dipertimbangkan lebih detail dan lebih matang mengenai berbagai aspek usaha yang berkaitan. Dalam hal ini ada beberapa analisa yang terlebih dahulu perlu kita lakukan sebelum memilih usaha budidaya ikan hias tersebut.

Dalam menganalisa bagaimana gambaran potensi dari usaha ini maka sebaiknya kita mempertimbangkan seluruh aspek usaha yang berkaitan. Hendaknya kita bisa mengumpulkan informasi yang objektif mengenai keadaan usaha tersebut jika kita jalankan.

Dalam hal ini ada beberapa pertimbangan yang hendaknya dipertimbangkan. Beberapa pertimbangan memilih Usaha Budidaya Ikan Moly tersebut yaitu antara lain sebagai berikut.

a) Asumsi kebutuhan konsumen
Secara umum asumsi kebutuhan konsumen terhadap produk budidaya ikan moly ini bisa dikatakan tidaklah terlalu tinggi. Hal ini mengingat ikan moly hanya dibutuhkan oleh para penggemar dan pengagumnya saja atau mereka yang hobi dengan ikan hias.

Karena itulah tidak semua masyarakat membutuhkan ikan moly dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat keadaan itu maka kita perlu mempertimbangkan lebih jauh mengenai bagaimana kebutuhan konsumen tersebut.

Hendaknya kita memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai target market yang bisa dicapai jika kita menjalankan usaha budidaya tersebut. Ini berarti kita hendaknya memiliki gambaran yang jelas siapa saja yang akan menjadi konsumen usaha ini, berapa banyak kemungkinan penghobi ikan hias tersebut dan bagaimana potensi yang dimiliki. 

Untuk mengetahui asumsi kebutuhan konsumen tersebut maka kita harus melakukan analisa lebih jauh sesuai dengan lokasi atau daerah yang akan dijadikan pasar dari produk usaha ini. Dengan begitu kita akan mengetahui gambaran lebih jelas mengenai bagaimana dalam mencapai konsumen yang diinginkan.

b) Kemampuan budidaya
Kemampuan pengelola dalam menjalankan usaha ini juga akan mempengaruhi peluang yang dimiliki. Karena itu sebelum memutuskan untuk bergerak di bidang usaha budidaya ikan hias moly hasil jutaan ini maka perlu memastikan bahwa kita mampu menjalankan usaha itu dengan baik.

Ini berarti kita harus memiliki kemampuan untuk membudidayakan ikan moly tersebut. Tanpa dukungan kemampuan dan skill yang memadai, setinggi apapun permintaan pasar akan ikan hias moly ini kita tidak akan mudah untuk menjangkaunya.

Se-mahal apapun harga jual ikan moly tersebut jika kita tidak bisa memelihara ikan moly maka sudah tentu kita tidak akan mendapatkan keuntungan apapun. 

c) Produksi dan pemasaran
Selain itu, meski usaha ini memiliki Peluang Usaha Budidaya Ikan Hias Moly Hasil Jutaan namun tanpa pengetahuan dan dukungan kebutuhan produksi dan pemasaran yang cukup maka usaha ini tidak akan memiliki peluang apapun.

Maksudnya yaitu kita juga harus mempertimbangkan berbagai hal yang dibutuhkan untuk membudidayakan ikan hias moly tersebut. Sebagai contoh sebut saja masalah pakan ikan moly, kita harus tahu banyak mengenai bahan pakan budidaya yang dibutuhkan mulai dari jenisnya, jumlahnya atau bahkan harganya sekaligus.

Di atas kertas, sebuah usaha bisa saja sangat menjanjikan dan sangat menggiurkan untuk dijalankan namun pada kenyataannya di lapangan belum tentu demikian. Maka dari itu sebagai seorang pelaku usaha hendaknya kita bisa membuat analisa mendalam yang seobjektif mungkin tentang ide-ide usaha yang akan dijalankan.

Perencanaan matang juga menjadi hal penting yang juga harus dipersiapkan sebelum menjalankan sebuah usaha. Itu saja, semoga artikel ide usaha budidaya ini bermanfaat!

Usaha Budidaya Ikan Hias Moly Hasil Jutaan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko