Monday, November 7, 2016

Peluang Bisnis Pakaian Muslim yang Menjanjikan

Gampang jika anda ingin tahu bagaimana peluang bisnis pakaian muslim. Anda bisa melakukan analisa untuk mendalami bagaimana seluk beluk bisnis tersebut. Kenapa harus analisa lebih dulu yaitu karena kesuksesan usaha dipengaruhi banyak faktor.

Bisnis Pakaian Muslim Menjanjikan
Foto: Ilustrasi Bisnis Busana Muslim/
Kalau dilihat sekilas, usaha dagang baju muslim memang bagus dan menggiurkan. Tapi jangan salah, tidak semua orang yang menjalankan usaha ini sukses. Hal ini karena banyak faktor yang mempengaruhi kelangsungan usaha. Kalau hanya untuk gambaran peluangnya saja, anda akan mendapatkannya disini.

Membidik pasar kaum wanita memang selalu terlihat begitu menggiurkan karena pada kenyataannya memang wanita memiliki sifat yang kebanyakan sangat gemar berbelanja apapun itu. Wajar jika akhirnya bisnis pakaian menjadi salah satu jenis usaha yang cukup bagus.

Bisnis pakaian wanita tersebut bisa terdiri dari banyak jenis, bisa fokus pada bisnis pakaian muslim, bisnis pakaian anak-anak, pakaian kerja dan lain sebagainya.

Ada banyak pasar yang siap menerima berbagai produk yang dihasilkan apalagi jika produk pakaian tersebut memiliki kualitas dan keindahan yang sesuai dengan mode yang sedang trend.

Untuk jenis bisnis jual baju muslim bahkan sudah banyak industri kreatif berskala kecil yang fokus dan mengembangkan brand yang siap dipasarkan. Bahkan dari waktu ke waktu bisnis di bidang ini terus saja mengalami peningkatan konsumen bahkan sampai pada kalangan bawah sekalipun.

Hal ini tak lepas dari trend perkembangan dunia mode yang sudah menyentuh berbagai lapisan masyarakat. Untuk itulah, situs peluang sukses usaha akan mencoba membuat analisa sederhana mengenai bagaimana prospek dari jenis bisnis yang satu ini.

Mungkin kita juga sadar dan percaya bahwa peluang untuk bisnis ini memang masih bagus dan menjanjikan. Namun tentu saja sebelum memulai menjalankan bisnis ini kita harus melakukan pengamatan langsung baik terhadap daerah dan pasar yang akan dimasuki maupun terhadap berbagai bisnis yang sudah ada.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran akurat tentang berbagai informasi yang kita butuhkan dalam menyusun perencanaan awal.

1) Bisnis industri tahu
2) Industri konveksi
3) Industri kerajinan tangan
4) Industri makanan ringan
5) Industri pengolahan jamur
6) Bisnis industri pengolahan tempe

Penjelasan lengkap mengenai hal ini akan kita bagi dalam dua sub judul, pertama mengenai analisa peluangnya dan yang kedua mengenai berbagai hal yang harus kita pertimbangkan sebelum memulai bisnis ini. Selengkapnya mengenai hal tersebut sebagai berikut.

A. Analisa Peluang Bisnis Pakaian Muslim

Secara umum dapat kita lihat bahwa permintaan atau kebutuhan pakaian muslim di pasaran cukup tinggi. Hal ini karena pakaian muslim kita memiliki tempat sendiri dalam dunia mode yang semakin berkembang. Kini banyak kalangan yang mulai menerapkan pemakaian busana muslim ini di berbagai aktivitas sehari - hari.

Bahkan kini bukan hanya waktu-waktu tertentu saja, bahkan untuk kegiatan sehari-hari misalnya di kantor sudah banyak yang menggunakan pakaian muslim khususnya untuk para wanita.

Ini memberikan indikasi bahwa usaha atau bisnis di bidang pakaian ini juga memiliki potensi atau peluang yang cukup bagus. Tentu saja peluang tersebut hanya akan maksimal jika di dukung dengan produk pakaian yang sesuai. Beberapa ciri pakaian muslim yang bisa mendapatkan banyak minat antara lain yaitu:

1. Pakaian dengan model terbaru
2. Pakaian dengan harga yang murah
3. Pakaian yang sesuai dengan trend
4. Pakaian berkualitas yang unik

Beberapa hal di atas bisa menjadi ciri produk pakaian yang peminatnya banyak dari berbagai kalangan. Indikasi lain juga dapat dilihat dari tingginya kebutuhan akan aksesoris untuk pakaian muslim.

Sebut saja salah satunya adalah permintaan akan jilbab untuk melengkapi pakaian yang ada. Bisa kita lihat sekarang ini kita bisa menemukan usaha kreasi jilbab yang semakin banyak baik dari kalangan profesional maupun pelaku bisnis pemula.

Benar jika dikatakan bahwa peluang bisnis pakaian muslim ini bagus dan lumayan menjanjikan. Tetapi sebagai seorang pelaku usaha kita tidak boleh mengambil kesimpulan hanya berbekal informasi ini saja.

Untuk dapat mengetahui bagaimana besar peluang tersebut kita tetap harus melakukan analisa lebih lanjut mengenai bisnis ini sesuai keadaan yang ada di lapangan.

Dalam analisa untuk mengetahui besar kecilnya peluang tersebut setidaknya kita harus mempelajari berbagai faktor yang berkaitan antara lain mengenai kebutuhan pasar, minat dan kecenderungan masyarakat pengguna, kondisi pasar dan persaingan, permodalan dan lain sebagainya.

B. Pertimbangan Memilih Bisnis Pakaian Muslim

Melalui beberapa analisa dan penelaahan yang mendalam, setelah kita yakin bahwa prospek bisnis ini masih dapat kita jangkau dengan baik maka berikutnya dalam menentukan pilihan tersebut ada beberapa pertimbangan lain yang sebaiknya juga kita pikirkan.

Beberapa pertimbangan tersebut akan membantu kita dalam mengetahui bagaimana gambaran perkembangan usaha atau bisnis yang akan kita dirikan tersebut. Pertimbangan dalam memilih bisnis pakaian muslim tersebut antara lain yaitu:

a) Trend pemakaian busana muslim yang semakin berkembang
b) Kondisi lingkungan masyarakat yang dipilih
c) Kebutuhan masyarakat akan pakaian muslim
d) Minat dan daya beli masyarakat

Bisnis pakaian akan sangat dipengaruhi oleh trend yang sedang berkembang di masyarakat, oleh karena itu dalam menentukan pilihan baik bagi kita untuk mempertimbangkan trend pemakaian pakaian muslim yang sedang berkembang di masyarakat.

Dengan begitu kita akan mendapatkan gambaran bagaimana potensi konsumen yang bisa didapatkan. Kondisi lingkungan masyarakat juga akan mempengaruhi perkembangan bisnis ini.

Misalnya, jika kita memilih masyarakat perkotaan sebagai target konsumen maka akan lebih berpeluang mengingat mereka memiliki penghasilan yang lebih tinggi per bulan jika di bandingkan dengan masyarakat di daerah pelosok yang kebanyakan penghasilannya musiman.

Kondisi lingkungan seperti itu tentu saja akan mempengaruhi perkembangan dan atau kemajuan bisnis yang akan digeluti.

Selain itu, pakaian atau busana muslim tentu hanya diperuntukkan bagi kaum muslim saja jadi tentu pemilihan daerah juga harus disesuaikan dengan keadaan tersebut.

Lihat juga kecenderungan mode yang dibutuhkan oleh masyarakat tersebut. Selain itu minat dan daya beli masyarakat juga akan mempengaruhi tingkat kebutuhan, jadi harus juga kita pertimbangkan dengan baik.

Beberapa pertimbangan tersebut setidaknya akan memberikan kita gambaran akan apa yang bisa dihadapi dalam menjalankan bisnis ini. Selain dari pada itu, persiapan yang matang sebelum membangun bisnis tentu mutlak di butuhkan.

Semoga saja, dengan adanya uraian tentang prospek bisnis perdagangan ini kita bisa mendapatkan tambahan bahan pemikiran dan referensi dalam rangka memilih dan menentukan jenis bisnis menjanjikan yang cocok untuk kita tekuni.

Peluang Bisnis Pakaian Muslim yang Menjanjikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko