Wednesday, November 9, 2016

Analisis Gambaram Peluang Usaha untuk Les Privat

Analisis Gambaram Peluang Usaha untuk Les Privat - Tuntunan pengetahuan dan ilmu yang semakin tinggi membuat semua orang mulai berlomba meningkatkan pendidikan. Di sisi lain, sulitnya mencari hidup membuat orang harus lebih jeli membaca peluang.
Analisis Peluang Usaha Les Privat
Foto: Ilustrasi privat/celuktherapi.com
Menemukan ide untuk bisnis dan usaha sangat mudah tetapi menemukan yang tepat, cocok, dan memiliki masa depan tidaklah semudah itu. Maka dari itu, dari awal niat sekalipun sudah harus dipersiapkan, diperhitungkan dengan matang.

Berbicara mengenai jenis usaha yang satu ini sebenarnya hampir sama dengan jenis usaha yang sebelumnya telah kita bahas yaitu usaha pelatihan. Tidak berbeda dengan peluang mendirikan usaha pelatihan, usaha les privat juga masih memiliki tempat yang cukup menjanjikan.

Usaha ini masih cukup lumayan untuk digeluti dengan serius mengingat banyak dari masyarakat kita yang memiliki kemampuan yang masih serba tanggung dan memerlukan pendampingan dalam hal ini contohnya les privat. 

Yang masuk dalam kategori usaha ini bisa kita coba misalnya les privat untuk pelajar atau anak sekolah atau bahkan untuk mahasiswa dan umum. Masalahnya, sebelum membangun jenis usaha ini tentu kita harus mempelajari terlebih dahulu bagaimana potensi yang dimiliki dari jenis usaha jasa tersebut.

Maka dari itu, situs peluang sukses usaha secara khusus akan membahas mengenai peluang usaha les privat ini agar bisa menjadi tambahan ide, referensi dan bahan pertimbangan bagi kita semua yang tertarik untuk membuka jenis usaha ini. 

Di bagian awal telah dikatakan bahwa usaha ini masih memiliki peluang yang baik tetapi tentu kita harus mengadakan analisa sendiri dalam menentukan apakah usaha les privat ini bagus atau tidak.

Kalau di tanya apakah usaha ini bagus maka jawabannya adalah usaha ini bagus namun kita tetap harus mempelajari dan membuat analisis terhadap seberapa jauh prospek usaha yang dimiliki. Pada setiap pembahasan kita telah menjelaskan panjang lebar bagaimana cara yang baik dalam menentukan sebuah peluang usaha. 

Hal tersebut juga berlaku untuk usaha yang satu ini. Dalam menentukan bagus tidaknya usaha ini kita harus mengadakan analisa terhadap berbagai komponen usaha yang berkaitan. Dalam hal ini kita harus menganalisa beberapa faktor seperti di bawah ini.

1. Kebutuhan konsumen
2. Kebutuhan sumber daya usaha
3. Kemampuan personal kita

Paling tidak tiga hal di atas harus kita pertimbangkan agar dapat menemukan jawaban atas pertanyaan kita yaitu "apakah usaha les privat bagus untuk dijalankan". Dengan mempertimbangkan beberapa hal di atas diharapkan kita dapat mengambil kesimpulan secara objektif sehingga kesimpulan tersebut dapat kita jadikan dasar dalam menjalani usaha yang akan kita buka.

Tentu saja, pertama yang bisa kita analisa adalah tingkat kebutuhan konsumen bagi usaha yang akan dijalankan. Karena kita akan membuka sebuah usaha les privat maka kita harus mencari tahu bagaimana konsumen untuk usaha les privat tersebut.

Untuk mengetahui sejauh mana potensi konsumen yang ada maka pertama-tama kita harus menentukan batasan pada konsumen yang akan dibidik baik itu berdasarkan daerah, umur, pekerjaan atau yang lain. Dengan begitu kita bisa mengetahui kisaran dari jumlah konsumen produktif yang bisa kita tarik untuk usaha tersebut.

Berkaitan dengan konsumen kita bukan hanya harus menganalisa tingkat jumlahnya saja melainkan kita juga harus mencari tahu mengenai kualitas dari calon konsumen yang bisa kita dapatkan.

Sebagai contoh sederhana kita bisa melakukan analisis dengan mencari seberapa banyak yang membutuhkan jasa les privat, seberapa sering dibutuhkan dan seberapa besar kemampuan mereka dalam membeli produk jasa yang kita sediakan.

Yang jelas, semakin banyak informasi yang kita miliki tentang konsumen tersebut maka akan semakin bagus bagi dasar pertimbangan yang akan dilakukan.

Selain masalah konsumen kita juga harus menganalisa berbagai aspek kebutuhan usaha mulai dari sumber daya alam dan juga sumber daya manusianya. Contohnya kita harus meneliti apakah lokasi yang dipilih cocok dan strategis untuk usaha tersebut.

Kita juga harus mengetahui apakah kita dapat menyediakan pekerja yang sesuai kebutuhan, apakah sarana dan prasarana mendukung dan lain sebagainya. Kita harus menganalisa berbagai kebutuhan usaha tersebut dengan se-akurat mungkin agar kita dapat menyimpulkan dengan objektif apakah prospek usaha les privat tersebut bagus atau tidak.

Bukan hanya itu, dalam menentukan prospek usaha atau peluang usaha kita juga harus mengukur tingkat kemampuan personal yang kita miliki. Ingat, usaha yang dijalankan tanpa dibarengi dengan kemampuan yang memadai maka usaha tersebut akan menjadi usaha yang buruk untuk dijalankan.

Ini berarti bahwa kemampuan personal kita juga akan menentukan seberapa bagus peluang yang dimiliki oleh usaha yang akan kita jalankan ini. 

Banyak orang yang beranggapan bahwa saat mereka gagal menjalankan sebuah usaha maka itu disebabkan karena jenis usaha yang dipilih memiliki prospek yang buruk padahal terkadang kegagalan tersebut lebih disebabkan karena kemampuan kita yang tidak sebanding dengan skill yang dibutuhkan.

Karena itulah, dalam memulai usaha ini kita sebaiknya benar-benar melakukan analisis peluang untuk usaha yang akan dijalankan tersebut sebelum memulainya. Hal ini untuk menghindari berbagai hal buruk yang bisa saja terjadi saat kita telah memulai usaha tersebut.

Jika kita mampu melakukan analisa dengan baik maka kita akan mungkin dapat menyusun rencana usaha yang sempurna. Dengan rencana sempurna maka tingkat peluang usaha yang dipilih akan lebih tinggi dibandingkan saat kita menjalankan usaha ini tanpa analisa dan rencana apapun.

Itulah sedikit mengenai gambaran bagaimana prospek atau peluang dari usaha ini. Mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi.

Analisis Gambaram Peluang Usaha untuk Les Privat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko