Saturday, November 5, 2016

4 Tips Sukses Usaha Rumahan Toko Sembako

Khusus untuk warung atau toko sembako kira-kira bagaimana ya kiat atau tips agar bisa sukses? Apa ada rahasia yang bisa dipelajari untuk menjalankan salah satu usaha skala kecil tersebut? Lalu kira-kira sudah tidak jika diterapkan?


Banyak pertanyaan yang muncul ketika dihadapkan dalam situasi usaha yang tak menentu. Misalnya bagi anda yang punya bisnis kecil yaitu warung sembako. Nah, yang akan kita bahas kali ini berkaitan dengan kita dan tips seputar usaha tersebut.

Salah satu jenis usaha yang paling terjangkau dan sering dibuka oleh masyarakat adalah usaha toko sembako. Bisa dikatakan usaha ini sama depan usaha warung biasa namun skalanya yang lebih besar mengingat barang yang dijual lebih banyak dan lebih mahal modalnya. 

Jika ditekuni usaha ini sebenarnya memiliki peluang yang cukup bagus namun begitu kebanyakan yang menjalankan usaha ini jarang yang maju atau lambat perkembangannya.

Untuk sedikit berbagi mengenai pengelolaan usaha ini, secara eksklusif situs tentang peluang usaha dan bisnis ini akan membahas mengenai beberapa hal yang bisa dipertimbangkan dalam rangka memajukan usaha dagang tersebut. 

Yang akan kita bahas disini adalah beberapa tips sukses dalam menjalankan usaha dagang khususnya usaha rumahan toko sembako tersebut. Namun sebelum kita membahas satu persatu kiat tersebut ada baiknya kita sempatkan juga untuk mempelajari beberapa hal berikut!

Modal usaha sembako rumahan
Contoh proposal usaha toko sembako
Contoh proposal usaha bisnis toko sembako
Memulai usaha toko sembako
Tips usaha warung sembako
Kiat usaha warung sembako

Seperti kita tahu, tak ada satu usaha pun yang akan sukses tanpa ditangani dengan baik. Maka dari itu sebagai pelaku usaha sudah sewajarnya jika kita terus belajar dan mengembangkan kemampuan kita dalam menjalankan usaha serta bisnis yang kita miliki. 

Berkaitan dengan toko sembako, ada beberapa tips sukses usaha sembako tersebut. Beberapa tips tersebut yaitu sebagai berikut!

1) Memilih lokasi yang strategis
2) Mengalokasikan modal yang cukup
3) Menyediakan barang kebutuhan yang lengkap
4) Menentukan harga yang pas

Dalam menjalankan toko sembako atau warung sembako ini sebenarnya sama dengan yang lain, lokasi atau tempat memiliki peranan yang sangat penting. Dalam hal ini jika kita ingin cepat maju dan ramai pembeli memang sebaiknya kita memilih lokasi warung atau lokasi toko yang strategis. 

Contohnya yaitu lokasi yang berada di titik tengah keramaian, mudah di jangkau dan merupakan jalur utama transportasi di suatu wilayah. Kita pasti tahu, selain masalah harga orang lebih cenderung belanja ke toko yang lebih dekat dan lebih mudah diakses, benar begitu bukan?

Kita bisa memilih lokasi usaha yang bagus dan strategis jika kita menjalankan usaha ini dengan menyewa tempat atau memiliki lokasi sendiri di keramaian. Jika kita menjalankan usaha ini sebagai usaha rumahan yang dijalankan di rumah maka untuk menyiasati masalah lokasi kita bisa membuat warung atau toko yang lebih menjorok ke depan jalan sehingga mudah dilihat orang yang lalu lalang.

Selain masalah lokasi usaha warung sembako seperti ini cenderung membutuhkan modal yang lumayan banyak. Oleh karena itu hendaknya kita perhatikan juga mengenai alokasi modal yang kita gunakan dalam usaha tersebut. 

Jika kita membuka toko sembako dengan menyewa lokasi maka kita perlu menghitung berapa modal awal yang harus dipersiapkan. Selain modal awal tersebut kita juga perlu mengalokasikan modal yang cukup untuk belanja harian berbagai barang kebutuhan lain yang cepat laku. 

Karena seperti kita tahu toko atau warung sembako tentu tidak hanya akan menyediakan bahan kebutuhan pokok saja namun tentu ada banyak barang kebutuhan sehari-hari yang juga akan disediakan. 

Maka dari itu menyediakan alokasi dana harian yang cukup akan memberikan keuntungan tersendiri bagi usaha tersebut. Selain dua hal tersebut, agar usaha ini cepat maju dan untung berlipat maka sebaiknya kita juga bisa melengkapi barang yang kita jual. 

Maka hendaknya kita bisa menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga sehari-hari selain kebutuhan sembako tadi.  Semakin lengkap maka warung atau toko kita akan semakin ramai pembeli. Jangan sampai ada orang yang berniat membeli sesuatu namun barangnya tidak ada.

Tips selanjutnya dalam menjalankan usaha warung sembako agar sukses adalah menetapkan harga jual yang pas. Harga jual yang pas disini maksudnya adalah harga yang jujur, tidak memberatkan dan sejajar dengan harga di toko lain. 

Untuk masalah harga ini hendaknya kita tidak menarik pembeli dengan menjual barang dengan harga yang lebih murah dari pasaran karena itu tidak akan sehat bagi kemajuan usaha ke depan. Jika ingin meringankan pembeli dengan harga maka sebagai penggantinya kita bisa memberikan bonus atau potongan harga untuk jumlah pembelian tertentu. 

Selain itu kita juga bisa memberikan hadiah bagi pelanggan tetap misalnya saja memberikan bingkisan kecil sebagai THR menjelang hari raya.

Itulah tadi sedikit kiat dan tips dalam menjalankan usaha toko sembako. Semoga pembahasan mengenai 4 tips sukses untuk menjalankan usaha toko di atas bisa menjadi bahan pertimbangan dan informasi kita untuk terus berusaha memajukan usaha yang kita miliki. 

Jangan mudah menyerah, jangan mudah puas, terus semangat dan jujur adalah salah satu kunci sukses usaha. Itu saja, semoga bermanfaat!

4 Tips Sukses Usaha Rumahan Toko Sembako Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko