Sunday, November 6, 2016

Usaha Sampingan yang Menguntungkan untuk Karyawan

Banyak yang mencari ide usaha sampingan termasuk karyawan sekalipun. Hal ini tak lepas dari sebuah usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Apa anda salah satu yang sedang mencari ide tersebut? Anda berniat membuka usaha sembari bekerja?

Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan

Jika anda salah satunya maka jangan buru-buru. Proses menentukan ide atau gagasan bisnis ini sangat penting dan perlu analisa mendalam. Anda mungkin banyak mendengar jenis usaha ini dan itu yang katanya bagus. Tetapi itu hanya gambaran kasar saja, pelaku usaha pada akhirnya harus menganalisa sendiri.

Anda adalah seorang karyawan yang sedang mencari ide usaha untuk dijalankan? Anda berada pada tempat yang tepat karena uraian ini akan membahas lebih jauh mengenai berbagai ide usaha sampingan khusus untuk karyawan.

Disini akan kita bahas beberapa hal penting mulai dari bagaimana tips menemukan ide usaha yang bagus, solusi usaha sampingan yang sukses dan juga beberapa contoh usaha sampingan yang menjanjikan untuk karyawan. 

Sebenarnya tidak banyak usaha sampingan yang bisa dijalankan oleh seorang karyawan yang harus berangkat pagi pulang petang. Namun jika kreatif dan mau bekerja sedikit lebih keras maka masih ada beberapa usaha yang bisa dijalankan dan bahkan memiliki peluang yang cukup menjanjikan.

Beberapa usaha tersebut bisa berasal dari berbagai bidang usaha baik itu usaha jasa, produksi dan lain sebagainya. Satu hal yang pasti harus diperhitungkan adalah mengenai pengelolaan usaha yang akan dijalankan.

Hal ini mengingat sebagai seorang karyawan tentu waktu yang dimiliki lebih sedikit sehingga kita harus mencari ide usaha yang benar-benar pas dan bisa diatur sesuai dengan kemampuan kita. 

Pada prinsipnya jika kita menjalankan usaha tersebut dengan profesional maka kita bisa melimpahkan wewenang pada karyawan yang akan membantu kita.

Jadi usaha apapun bisa kita jadikan usaha sampingan meski kita seorang karyawan. Beberapa ide usaha sampingan untuk karyawan yang bisa dipertimbangkan antara lain sebagai berikut!

1) Usaha sampingan di malam hari
2) Usaha sampingan warung kelontongan
3) Usaha sampingan jual beli online
4) Usaha sampingan di bidang jasa
5) Usaha sampingan warung makan

A. Usaha sampingan malam hari
Kalau kita memperhatikan waktu yang digunakan untuk mengelola usaha tersebut maka usaha sampingan di malam hari merupakan usaha yang paling pas untuk seorang karyawan. Hal ini mengingat usaha tersebut dijalankan di malam hari.

Sehingga kita memiliki waktu yang cukup dalam mengelolanya. Meski begitu, usaha sampingan ini membutuhkan tenaga yang lebih ekstra karena dalam menjalankan usaha tersebut kita akan mengurangi waktu istirahat kita di rumah. 

Bagaimana dengan peluang usaha sampingan di malam hari untuk karyawan, apakah cukup bagus? Berbicara mengenai peluang tentu harus tahu terlebih dahulu produk usaha yang dihasilkan. Karena bagus tidaknya peluang akan ditentukan oleh produk yang dihasilkan.

Sebagai contoh jika produknya menarik, banyak dibutuhkan dan diminati maka peluangnya akan bagus dan sebaliknya. Maka dari itu kita perlu menentukan ide usahanya lebih dahulu. Contoh dari usaha sampingan modal ini adalah jenis usaha warung tenda biru di pinggir jalan di malam hari. 

Usaha tersebut umumnya merupakan usaha di bidang kuliner atau makanan misalnya roti bakar, sate, warung makan tenda biru, pecel lele dan lain sebagainya. Selain beberapa contoh tersebut mungkin kita bisa mencari dan menentukan ide usaha lain yang lebih kreatif dan sesuai dengan kebutuhan pasar. 

B. Usaha sampingan warung
Warung klontongan juga merupakan usaha yang cukup bagus dijadikan usaha sampingan untuk karyawan mengingat usaha ini bisa didirikan di rumah.

Selain itu usaha warung seperti ini juga tidak terlalu rumit dan membutuhkan pemikiran mendalam. Dalam menjalankan usaha sampingan seperti ini bisa dilakukan dengan bantuan anggota keluarga di rumah misalnya istri atau orang tua atau suami sekaligus.

Yang perlu di ingat, warung kelontongan ini biasanya banyak menyita modal yang terserap untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Maka dari itu dalam mengelola usaha sampingan warung klontongan perlu menerapkan sistem manajemen yang baik khususnya untuk pengelolaan keuangan. Jangan sampai modal yang ditanamkan hilang begitu saja seiring habisnya barang dagangan. 

Selain beberapa usaha tersebut masih ada beberapa usaha lain yang juga bisa dijalankan oleh karawan, misalnya saja usaha sampingan jual beli online, usaha sampingan di bidang jasa dan juga usaha sampingan warung makan.

Semua usaha seperti itu bisa dijalankan sebagai usaha sampingan dalam meningkatkan penghasilan dan pendapatan kita. Yang terpenting adalah bagaimana kita menuangkan kreativitas dan inovasi terhadap berbagai bidang usaha yang dibutuhkan masyarakat.

Usaha Sampingan yang Menguntungkan untuk Karyawan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko