Sunday, November 20, 2016

Tips Memilih Bahan Baku Usaha agar Produksi Maksimal

Tips Memilih Bahan Baku Usaha agar Produksi Maksimal - Dalam bisnis semua memang harus sempurna, apalagi berkaitan dengan produk. Pemilihan bahan baku misalnya, harus diperhatikan dengan baik agar sesuai dengan kriteria.


Memilih bahan untuk di olah menjadi produk itu tidak bisa sembarangan karena akan berpengaruh terhadap kualitas produk yang dihasilkan oleh usaha kita. Selain itu, bahan baku juga akan mempengaruhi harga.

Bahan baku merupakan sumber utama dalam kegiatan usaha apapun, maka dari itu bahan baku tersebut harus diperhatikan dengan baik agar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh usaha kita.

Untuk mendapatkan hasil yang sesuai harapan maka kita tidak boleh sembarangan dalam memilih bahan baku yang akan digunakan. Dalam hal ini kita harus menggunakan bahan baku yang dapat memaksimalkan proses produksi usaha yang kita jalankan. 

Pelaku usaha pemula atau yang masih baru biasanya pemilihan bahan baku usaha ini tidak mendapatkan perhatian sama sekali dan hanya asal dipilih saja tanpa melalui tahap seleksi apapun.

Padahal bahan baku ini selain mempengaruhi kualitas produk juga berkaitan dengan efektivitas dana operasional. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama maka hal semacam ini bisa saja mengganggu proses usaha atau bahkan dapat memicu timbulnya masalah serius pada usaha yang kita jalankan. 

Untuk alasan di atas maka dalam memilih bahan baku untuk usaha kita sebaiknya memiliki pertimbangan dan kriteria tertentu.

Hal ini agar bahan baku yang digunakan tersebut bisa menghasilkan produk berkualitas dan dapat mendukung efektivitas perusahaan. Dalam hal ini ada beberapa tips memilih bahan baku usaha, yaitu antara lain sebagai berikut!

1) Pilih bahan baku dengan kualitas baik
2) Pilih bahan baku dengan harga rendah
3) Pilih bahan baku yang sesuai kebutuhan

Hal pertama yang harus kita pertimbangkan benar-benar adalah mengenai kualitas dari bahan baku tersebut. Hendaknya dalam memilih bahan baku tersebut kita benar-benar memperhatikan kualitas bahan baku yang akan dipilih.

Perlu di ingat bahwa kualitas bahan baku tersebut berpengaruh langsung terhadap kualitas produk yang dihasilkan, jadi semakin bagus kualitas bahan maka semakin baik pula kualitas produknya. 

Dengan begitu sebelum membeli atau memasan bahan baku maka kita harus memastikan terlebih dahulu bagaimana kualitas yang ada. Dengan memastikan kualitasnya maka kita sudah dapat memastikan kualitas produk yang akan dihasilkan nantinya. 

Hal kedua, agar dapat meningkatkan efektivitas keuangan atau belanja produksi maka kita bisa memilih bahan yang harganya lebih rendah atau lebih murah.

Namun perlu di ingat bahwa penentuan harga ini tidak boleh mengesampingkan masalah kualitas, artinya sebisa mungkin kita memilih bahan berkualitas yang harganya lebih murah. 

Pemilihan seperti ini sering sekali kita alami terutama di awal waktu kita mendirikan usaha. Karena itu kita bisa mulai menelusuri penyedia bahan baku yang harganya kompetitif dan bersaing tanpa harus mengorbankan masalah kualitasnya.

Dengan memperhatikan pula masalah harga bahan baku ini maka kita akan selalu dapat mengontrol bagaimana pembelanjaan untuk kebutuhan bahan baku usaha. 

Ketiga, dalam memilih dan menyediakan bahan baku hendaknya kita juga memperhatikan ketersediaan bahan baku tersebut baik ketersediaannya di pasaran maupun ketersediaan yang kita miliki.

Artinya kita hendaknya juga memperhitungkan jumlah stok yang ada sehingga kita dapat menentukan jumlah bahan yang harus dipenuhi.

Pemasokan bahan yang melebihi batas kebutuhan akan membuat bahan menumpuk dan membuat usaha memiliki resiko tambahan. Untuk itu bijak untuk menentukan secara tepat berapa jumlah bahan baku yang harus kita penuhi dalam setiap pembelian atau pemesanan.

Yang paling harus ditekankan dalam pemilihan bahan baku produk untuk usaha apapun adalah mengenai kualitasnya.

Jangan sampai hanya karena ingin berburu bahan yang murah maka kita melupakan masalah kualitas karena jika demikian nantinya kita sendiri yang akan mengalami kesulitan saat bersaing dengan produk usaha lain yang lebih baik.

Itu saja sedikit pembahasan kali ini. Semoga saja dengan berbincang mengenai masalah cara memilih bahan baku usaha yang baik di atas kita bisa mendapatkan pencerahan dan bahan pertimbangan tambahan. Mudah-mudahan bermanfaat!

Tips Memilih Bahan Baku Usaha agar Produksi Maksimal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko