Saturday, November 19, 2016

Tetap Fokus dalam Bisnis agar Cepat Sukses

Tetap Fokus agar Bisnis Cepat Sukses - Semua butuh proses, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa memaksimalkan usaha agar impian anda bisa cepat terwujud. Meski tidak ada jalan pintar untuk meraih kesuksesan namun beberapa hal bisa membuat anda melaju lebih cepat, misalnya fokus.

Selalu terarah dan ingat dengan tujuan yang sedang dikejar bisa membantu anda konsentrasi memperjuangkan tujuan tersebut. Dalam bisnis atau usaha hal ini juga bisa diterapkan. Fokus pada tujuan bisa membantu anda untuk mencurahkan segenap kemampuan dalam berusaha.

Tujuan utama dalam semua aktivitas bisnis dan usaha yang dilakukan sudah pasti untuk mendapatkan kesuksesan gemilang sesuai impian. Semua itu tentu harus di upayakan secara nyata dan terus menerus agar bisa secepat mungkin membuahkan hasil.

Dalam bisnis dan usaha kesuksesan merupakan hal mutlak yang akan menjadi sebuah misi akhir. Semua tentu ingin mendirikan sebuah usaha atau bisnis yang sukses dan keinginan tersebut harus mampu kita wujudkan dalam tindakan nyata yang berkualitas.

Dalam melakukan aktivitas bisnis dan usaha tersebut tentu saja semua akan dibarengi dengan kualitas sifat dan kemampuan yang akan mendukung segala upaya yang dilakukan.

Kualitas yang dimaksud adalah segala sifat – sifat positif dan kemampuan emosional yang kita miliki untuk membangun dan mengembangkan bisnis ke arah yang lebih maju.

Ada banyak sifat dan kemampuan emosional yang mempengaruhi usaha kita dalam menggapai kesuksesan tersebut, salah satunya adalah tetap fokus dalam menjalani bisnis. 

Kemampuan untuk tetap fokus dengan satu hal dan satu tujuan akan sangat berpengaruh terhadap potensi keberhasilan yang akan kita raih.

Hal ini karena pada umumnya para pelaku usaha pemula seperti kita ini terlalu berambisi dan serakah dalam menangani atau menjalani sesuatu. Seringkali kita bahkan mengambil semua peluang yang kita anggap menjanjikan dan berusaha menjalaninya dengan baik.

Niat hati adalah ingin lebih produktif dengan menjalani beberapa bidang usaha atau bisnis sekaligus namun sebenarnya inilah salah satu pemicu usaha atau bisnis kita lebih rentan dengan kegagalan dari pada kesuksesan. 

Nyatanya, pelaku usaha yang maruk dan menjalankan lebih dari satu bisnis sekaligus dan tidak sesuai dengan kapasitas dan kemampuannya justru akan lebih sulit untuk mencapai kata “sukses”. Ini disebabkan oleh kenyataan bahwa kemampuan manusia memiliki keterbatasan.

Kita tidak mungkin dapat menjalankan beberapa hal sekaligus dalam satu waktu dan hasilnya baik, kalau pun kita bisa menjalankan dua atau tiga bidang usaha sekaligus pasti hasil kualitas masing-masing usaha tersebut tidak dapat maksimal karena usaha dan pemikiran kita akan terbagi. 

Untuk itu, sebagai pelaku usaha pemula hendaknya kita bisa fokus terhadap satu bidang usaha terlebih dahulu sampai mendapatkan kesuksesan yang diidamkan. Setelah kita sampai pada tahap sukses yang sesuai keinginan baru kita bisa menggambil peluang lain yang bisa kita jalankan.

Perlu kita ingat, satu hal yang dikerjakan dengan sepenuh hati, sepenuh pikiran dan sepenuh waktu akan lebih sempurna hasilnya dari pada kita mengerjakan 10 bidang pekerjaan sekaligus dengan dua tangan kita. Untuk itu, agar bisa tetap fokus menjalankan usaha kita bisa menerapkan beberapa tips berikut!

1) Tetapkan satu impian saja
2) Buang angan-angan, kerjakan yang ada dengan sebaik-baiknya
3) Jangan tergoda, semua jerih payah pasti ada hasilnya
4) Tidak perlu serakah, ambil satu ide yang paling menjanjikan
5) Tetapkan target waktu pencapaian
6) Batasi pandangan bak kuda pacu

Menggapai satu tujuan itu lebih mudah dari pada menggapai sepuluh tujuan, maka dari itu tetapkanlah satu impian saja karena satu impian saja sudah cukup untuk membuat seluruh hidup kita dalam kesejahteraan.

Kalau tidak percaya kita bisa melihat dan belajar dari orang-orang sukses di dunia yang hampir keseluruhan dari mereka fokus pada satu impian bisnis sampai menuju kesuksesan. 

Saat kita telah mendirikan sebuah usaha atau bisnis maka itulah saatnya untuk membuang semua mimpi dan angan. Waktunya bagi kita untuk mencurahkan seluruh daya upaya kita untuk hal yang ada di depan mata kita.

Lakukan saja apa yang ada di hadapan kita dengan sebaik-baiknya niscaya hal itu akan memberikan hasil yang sesuai dengan apa yang kita kerjakan.

Pada titik tertentu kita akan menghadapi situasi yang sulit dan saat itu adalah saat yang sangat rawan bagi kita untuk berpaling.

Jika ingin sukses maka jangan mudah berpaling dan tergoda, perlu kita ingat bahwa semua yang diluar tangan kita jika dilihat pasti akan lebih bagus, lebih menjanjikan, lebih mudah dan lain sebagainya padahal pada kenyataannya akan tidak jauh berbeda dengan apa yang sedang kita kerjakan.

Jika dalam satu perjalanan kita menemukan ide atau peluang usaha lain yang sangat gemilang sebaiknya kita jangan serakah.

Ide atau peluang memang akan lebih menarik jika dibanding dengan usaha yang sedang dijalankan namun belum tentu begitu jika sudah kita jalankan. Maka dari itu kita bisa menyimpan ide atau peluang tersebut atau bisa memberikannya pada orang lain, anggap saja kita bersedekah.

Untuk membantu kita dalam melihat seberapa besar potensi usaha yang sedang dijalankan kita bisa membuat tolak ukur waktu pencapaian.

Dengan begitu kita dapat lebih mudah dalam mengukur pencapaian usaha yang dijalankan. Sembari tetap fokus dalam menjalankan usaha kita bisa menganalisa sejauh mana pencapaian yang sudah diraih. 

Selain beberapa hal di atas, untuk tetap fokus dalam menjalani usaha kita bisa membatasi pandangan kita layaknya kuda pacu. Kuda balap atau kuda pacu biasanya matanya akan diberi sedikit penghalang di bagian kanan dan kiri agar dia bisa tetap fokus melihat ke depan.

Kita bisa menerapkan cara ini untuk menjaga kita agar tetap fokus. Kita bisa membatasi pandangan dan menjadikan hal lain selain yang berkaitan dengan usaha kita sebagai bahan pertimbangan dan ilmu tambahan.

Demikianlah tadi sedikit tips agar kita tetap fokus menjalankan bisnis dan usaha yang kita miliki. Mudah-mudahan dengan kita tetap berjalan pada satu jalur kita dapat lebih mudah menggapai kesuksesan yang kita dambakan.

Mudah-mudahan hal di atas bisa menjadi salah satu kunci sukses bisnis bagi pemula seperti kita. Jangan lupa baca juga beberapa tips lain di bagian akhir tulisan ini.

Tetap Fokus dalam Bisnis agar Cepat Sukses Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko