Friday, November 18, 2016

5 Hal yang Mempengaruhi Peluang Sebuah Ide Usaha

5 Hal yang Mempengaruhi Peluang Sebuah Ide Usaha - Meski kata orang peluangnya bagus tetapi belum tentu demikian. Dalam membangun sebuah usaha diperlukan gagasan atau ide yang didasari dengan analisa.


Harus pula ditentukan sebuah ukuran untuk menilai apakah sebuah ide bisnis memiliki bobot yang diinginkan atau tidak. Anda bisa melakukan pengamatan langsung terhadap contoh usaha dari ide yang dimiliki. Setelah itu baru menentukan bagaimana sistem analisa yang akan dilakukan.

Saat hendak mendirikan sebuah usaha pasti kita akan banyak membahas dan mengulas mengenai besar kecilnya peluang usaha tersebut. Pasti kita selalu mencari informasi akurat mengenai prospek usaha yang akan kita jalankan.

Terkadang karena terlalu sibuknya mencari tahu mengenai peluang atau prospek tersebut kita sendiri sampai tidak paham tentang apa saja yang mempengaruhi sebuah peluang usaha. 

Untuk dapat menyimpulkan bagus tidaknya peluang maka kita tentunya harus tahu tolak ukurnya bukan? Kita harus tahu usaha seperti apa yang dapat dikatakan memiliki peluang yang bagus dan usaha apa yang tidak.

Yang terjadi umumnya kita menentukan peluang tersebut hanya berdasarkan pengamatan kasar atau bahkan hanya berdasarkan perasaan saja. Wajar jika kemudian saat sudah berjalan sebuah usaha memiliki begitu banyak kendala yang tak mampu diatasi. 

Sekarang menjadi jelas bahwa kita sebagai pelaku usaha harus dapat menentukan kriteria tersendiri dalam kaitannya dengan tinggi rendahnya ukuran peluang tersebut. Untuk membantu menentukan kriteria tersebut kita bisa mempelajari apa saja yang mempengaruhi peluang sebuah usaha. 

Berbicara mengenai apa yang mempengaruhi maka kita akan mengkaji beberapa hal yang langsung berkaitan dengan kemungkinan sukses tidaknya sebuah usaha jika di jalankan. Berdasarkan dengan keterkaitan tersebut maka ada beberapa hal yang mempengaruhi peluang usaha, yaitu sebagai berikut!

1) Tinggi rendahnya minat dan kebutuhan konsumen
2) Besar kecilnya persaingan yang ada
3) Cukup tidaknya sarana pendukung
4) Cukup tidaknya modal yang dibutuhkan
5) Mampu tidaknya pengelola

Pertama sekali, yang mempengaruhi besar kecilnya peluang sebuah usaha adalah tinggi rendahnya kebutuhan dan minat masyarakat terhadap produk yang akan di hasilkan.

Semakin tinggi kebutuhan dan minat masyarakat terhadap produk yang dihasilkan maka akan semakin bagus pula peluang yang dimiliki usaha tersebut dan sebaliknya. 

Tinggi rendahnya kebutuhan ini bisa kita ketahui dengan melihat seberapa sering masyarakat membeli produk, seberapa banyak masyarakat yang membeli dan atau seberapa besar jumlah pembelian yang dilakukan.

Dengan beberapa hal tersebut kita bisa mendapatkan gambaran bagaimana minat dan juga kebutuhan masyarakat akan produk yang akan dihasilkan. 

Peluang sebuah usaha juga akan dipengaruhi oleh tingkat persaingan. Hal ini jelas karena jumlah konsumen yang ada akan diperebutkan oleh sejumlah pengusaha yang bergerak di bidang yang sama.

Semakin tinggi tingkat persaingan maka akan semakin kecil peluangnya dan sebaliknya semakin kecil persaingan maka akan semakin bagus peluangnya.

Jika digabungkan dengan poin pertama berarti sebuah usaha yang peluangnya bagus adalah usaha yang produknya dibutuhkan dan banyak diminati masyarakat dan memiliki paling sedikit pesaing yaitu usaha lain yang bergerak di bidang yang sama.

Bagus tidaknya peluang juga akan dipengaruhi oleh sarana pendukung. Yang termasuk dalam sarana pendukung ini misalnya saja akses jalan, transportasi, letak lokasi usaha dan lain sebagainya.

Semakin baik sarana dan prasarana yang ada maka akan semakin baik juga untuk usaha yang akan dijalankan. Masih ada hal lain yang mempengaruhi hal itu, yaitu modal dan kemampuan kita sebagai pelaku usaha atau pengelola. 

Dengan modal yang cukup maka peluang usaha menjadi lebih baik. Dengan pengelola yang memiliki kemampuan memadai maka peluang usaha pun menjadi lebih baik. Semakin cukup modal dan kemampuan yang dimiliki maka akan semakin baik pula peluang yang ada untuk usaha tersebut. 

Demikianlah tadi 5 Hal yang Mempengaruhi Peluang Usaha untuk dapat dipertimbangkan dan menjadi bahan pemikiran kita bersama.

Dengan menganalisa beberapa hal di atas diharapkan kita dapat lebih mudah dan lebih tepat dalam menentukan seberapa besar peluang yang dimiliki oleh sebuah usaha. Semoga bisa menjadi tambahan ilmu bagi kita semua. Itu saja, tetap semangat dalam berkarya dan salam sukses!

5 Hal yang Mempengaruhi Peluang Sebuah Ide Usaha Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko