Friday, November 25, 2016

Terus Belajar adalah Kunci Sukses Bisnis untuk Pemula

Sebenarnya yang paling banyak mempengaruhi sukses tidaknya usaha adalah kemampuan atau karakter pelaku usaha itu sendiri. Pelaku usaha harus memiliki banyak kemampuan untuk membawa usahanya ke dalam kesuksesan.

Tidak masalah jika kita tidak ahli dalam banyak bidang, yang terpenting adalah selalu belajar dan terus belajar. Seorang wirausahawan sukses tidak akan pernah menutup diri. Ia akan terus melengkapi dan memperbarui kemampuannya.

Belajar bukanlah hanya untuk pelajar atau mahasiswa saja, kita sebagai pelaku bisnis juga memiliki kewajiban yang sama besarnya seperti pelajar dan mahasiswa untuk belajar dan terus mengembangkan kemampuan. 

Belajar mencari salah satu kunci sukses yang telah dibuktikan oleh banyak kalangan pelaku bisnis. Tidak ada pelaku bisnis sukses yang tidak terus belajar, mereka yang sukses terus berupaya mengembangkan dan menambah kemampuan di bidang apapun yang berkaitan dengan bisnis yang dijalani.

Kita sebagai pebisnis pemula justru kewajiban untuk belajar-nya lebih besar jika dibandingkan dengan orang lain mengingat kita masih banyak memiliki keterbatasan kemampuan. Tanpa belajar maka kita sama saja membunuh bisnis kita sendiri.

Manfaat dan keuntungan terus belajar tentu sudah tidak diragukan lagi, semua orang mengakuinya namun dalam kaitannya dengan pelaku bisnis pemula seperti kita tentu kita harus memiliki strategi atau kiat tersendiri dalam menambah pengetahuan dan keahlian kita. 

Mengingat kita adalah orang yang sibuk maka cara kita belajar tentu akan berbeda dengan cara pelajar atau mahasiswa dalam mencari ilmu.

Lalu bagaimanakah cara kita dalam terus belajar untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian kita? Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan dalam usaha untuk terus belajar mengembangkan kemampuan.

1) Perbanyak membaca di waktu luang
2) Pelajari benar pengalaman yang di dapat
3) Pelajari hal yang berkaitan dengan bisnis yang dijalankan
4) Belajarlah mengembangkan bakat dan kemampuan emosional
5) Tetap uptodate
6) Manfaatkan teknologi

Sebagai pelaku bisnis maka sudah pasti kita banyak pekerjaan dan biasanya sulit untuk memiliki banyak waktu untuk belajar maka dari itu kita bisa memulai kebiasaan belajar ini dengan memperbanyak membaca di waktu luang yang kita miliki.

Kita bisa membaca berbagai macam buku dengan materi apapun bahkan yang berkaitan dengan hiburan sekalipun. Dari membaca ini kita bisa mendapatkan tambahan pengetahuan dan juga motivasi diri. 

Kita juga bisa belajar dan mengembangkan kemampuan dengan mempelajari berbagai pengalaman yang kita dapatkan. Sebagai contoh jika kita habis menghadapi masalah tertentu dan sukses mengatasinya maka sebaiknya kita pelajari dan kita pahami pengelaman tersebut.

Kita bisa memahaminya mulai dari apa masalahnya, apa gejalanya, solusinya dan lain sebagainya. Pengalaman tersebut akan memberikan pelajaran tersendiri yang tidak kita dapatkan dalam proses belajar melalui membaca. Dari pengalaman tersebut pelajaran yang di dapat akan membekas dan mudah kita ingat.

Karena kita sedang menjalankan bisnis maka kita bisa lebih dulu mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan bisnis yang sedang kita jalankan. Dengan demikian kita dapat langsung menerapkan ilmu yang kita dapat tersebut dalam bisnis yang kita miliki. 

Hal yang juga tak kalah penting untuk dipelajari adalah kemampuan emosional, sebagai pelaku bisnis kita juga hendaknya meluangkan waktu untuk terus mengasah kemampuan tersebut. Kita bisa mulai belajar tentang pengendalian diri, manajemen emosi, menerapkan kebiasaan baik dan seterusnya. 

Agar tidak ketinggalan dengan keadaan terkini dunia bisnis maka hendaknya dalam belajar kita selalu berusaha untuk uptodate atau tidak ketinggalan informasi. Ini penting untuk tetap menjaga bisnis kita selalu sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat banyak. 

Untuk membantu segala proses pembelajaran yang kita lakukan tersebut kita dapat memanfaatkan teknologi agar lebih mudah.

Karena dengan teknologi ini kita bisa belajar dimanapun dan kapanpun dan tidak terkendala dengan ruang dan waktu. Dengan begitu segala proses yang kita lakukan tidak akan mengganggu kegiatan bisnis yang kita miliki. 

Begitulah, dengan terus belajar maka kita bisa memiliki kemampuan dan keahlian yang lebih dalam menjalankan bisnis yang kita miliki.

Dengan berbagai kemampuan dan keahlian yang kita dapat maka kita bisa menjadi pebisnis yang lebih siap untuk menggapai kesuksesan yang diharapkan. Itu saja, semoga bisa menjadi motivasi dan inspirasi kita bersama, salam sukses!

Terus Belajar adalah Kunci Sukses Bisnis untuk Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko