Saturday, November 26, 2016

Inilah 3 Kebiasaan Buruk yang Menghancurkan Usaha

3 Kebiasaan Buruk yang dapat Menghancurkan Usaha – Ide usaha sukses saja tidak cukup untuk mengantarkan anda ke kehidupan yang lebih baik. Kualitas individu juga berperan, apalagi dalam sebuah usaha. Maka dari itu anda wajib selalu memperbaiki diri.


Sebagai pelaku usaha anda harus selalu meningkatkan sifat-sifat yang berkualitas. Anda juga harus menghindari kebiasaan atau sifat buruk yang akan menghalangi anda dari kesuksesan. Bahkan banyak sifat yang bisa menghancurkan usaha anda dalam sekejab.

Anda pasti tahu bahwa persaingan dunia usaha yang semakin ketat memang menjadi salah satu faktor banyak pengusaha gagal tetapi bukan berarti kegagalan usaha selalu bersumber dari pengaruh luar.

Banyak sebenarnya yang tidak sadar bahwa kegagalan atau kehancuran usaha yang dibangun sebenarnya datang dari dalam diri sendiri yaitu dari berbagai kebiasaan buruk yang kita miliki. 

Kegagalan memang bisa bersumber dari berbagai hal baik itu yang berasal dari pengaruh eksternal maupun yang berasal dari internal kita sendiri.

Dalam kaitannya dengan usaha, kita juga dapat mengalami kegagalan hingga usaha yang dijalankan hancur karena hal-hal yang berasal dari diri kita sendiri, misalnya kebiasaan buruk yang dimiliki. 

Penting untuk kita ketahui bahwa kegagalan karena sifat yang kita miliki bisa lebih buruk dan lebih parah jika dibandingkan dengan kegagalan yang diakibatkan oleh faktor dari luas.

Kegagalan yang disebabkan dari sifat kita sendiri akan cenderung terulang sampai kita bisa memperbaiki sifat-sifat yang merugikan tersebut. Jangan sampai terlambat dan jangan menunggu usaha kita hancur karena berbagai kebiasaan buruk yang ada dalam diri kita. 

Kita harus segera berbenah jika tidak ingin mengalami kehancuran tersebut dengan mulai mengenali berbagai kebiasaan buruk yang dapat menghancurkan usaha yang sedang kita jalankan.

Lalu apa saja berbagai kebiasaan yang berakibat buruk terhadap usaha kita? Berikut penjelasan mengenai 3 kebiasaan buruk yang dapat menghancurkan usaha kita!

1) Terlalu cepat menyerah
Kebiasaan buruk pertama yang banyak membuat usaha hancur adalah kebiasaan terlalu cepat menyerah. Kebiasaan ini bisa berasal dari sifat-sifat yang kita bawa sejak kecil misalnya selalu mudah mendapatkan sesuatu, terlalu dimanja dan lain sebagainya.

Di luar banyak yang bisa kita lihat dimana seseorang baru satu dua kali menghadapi masalah langsung memutuskan untuk mundur dan mengakhiri usahanya. Padahal orang lain sukses di bidang yang sama mengusahakan kesuksesan tersebut dalam waktu yang lama dan mengalami lebih dari sekedar satu atau dua masalah saja. 

Tapi kenyataannya kita tidak menyadari hal itu, kita hanya berfikir terlalu pendek dan cepat menyimpulkan hal yang masih perlu diperjuangkan. Kebanyakan pelaku usaha tidak menyadari kebiasaan ini dan sibuk mencari penyebab kegagalannya dalam menjalankan bisnis atau usaha yang dimiliki. 

Jadi, jika ingin usaha kita tetap berjalan, berkembang dan maju maka berusahalah untuk tidak mudah menyerah. Lihat orang lain yang sudah sukses, ukur waktu kesuksesannya niscara kita mendapati bahwa mereka berusaha lebih lama dari yang sudah kita lakukan.

Ilmuan saja menghabiskan seluruh waktu hidupnya untuk bisa sukses menemukan penemuan bermanfaat lalu apa alasannya kita harus menyerah padahal baru menjalankannya satu dua tahun?

2) Malas dan tidak produktif
Kebiasaan berikutnya yang juga menjadi biang keladi kehancuran usaha adalah malas dan tidak produktif. Memiliki usaha, ingin sukses usaha namun hanya mau melakukan hal yang itu-itu saja, bagaimana bisa maju?

Memiliki usaha yang sudah berjalan, ingin sukses tapi hanya mau kerja di jam kerja saja, bagaimana bisa maju? Jika kita ingin usaha yang kita jalankan tersebut berkembang dan semakin maju maka kita harus menghilangkan kebiasaan malas dan tidak produktif tersebut.

Coba lihat, orang Jepang tidur hanya 4 jam dan sisa waktunya digunakan untuk bekerja lalu kenapa kita yang hanya bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore sudah mengeluh?

Perlu kita ingat bahwa malas dan kebiasaan tidak produktif seperti itu hanya akan memperlambat kesuksesan atau bahkan menjauhkan kesuksesan.

Maka dari itu jika kita ingin menjadi seorang pengusaha sukses kita harus mau bekerja keras dan tidak malas. Jadilah lebih produktif lagi dengan tidak mengesampingkan sisi humanis kita sebagai manusia. 

3) Terlalu menganggap Remeh
Jangan selalu menganggap gampang sesuatu, jangan selalu menganggap remeh hal apapun karena itu akan menjadi bencana bagi usaha, bisnis atau kehidupan pribadi kita. Semua hal yang ada dalam diri dan kehidupan kita harus dipikirkan dengan baik, dipersiapkan dengan baik dan dilakukan dengan sebaik-baiknya. 

Jika ingin sukses dan ingin usahanya berkembang dan tidak hancur maka buang jauh-jauh kebiasaan ini. Selalu menganggap remeh sesuatu akan menjadi bom waktu yang akan menghancurkan kita sendiri. Jadi pertimbangkan semua dengan baik. 

Dengan mengetahui 3 kebiasaan buruk yang dapat menghancurkan usaha di atas maka diharapkan kita bisa memperbaiki kualitas diri kita menjadi seorang pelaku usaha yang berkepribadian lebih tangguh.

Dengan begitu kita akan lebih siap dan lebih mampu menghadapi berbagai hal saat menjalankan usaha yang kita miliki. Semoga dapat menjadi motivasi dan inspirasi serta pertimbangan kita bersama, salam sukses usaha!

Inilah 3 Kebiasaan Buruk yang Menghancurkan Usaha Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko