Thursday, November 24, 2016

Hemat adalah Kunci Sukses Usaha bagi Pemula

Pengelolaan atau manajemen keuangan adalah satu dari sekian banyak hal yang harus diperhatikan dalam sebuah usaha. Keuangan yang acak-acakan biasanya akan membuat usaha hancur. Apalagi jika pemilik usaha boros.


Coba lihat para pengusaha sukses, kebanyakan dari mereka tidak suka menghamburkan uang untuk hal yang tidak bermanfaat. Sebagian besar juga tidak suka bergaya hidup mewah. Banyak dari mereka yang sukses karena memiliki pola hidup hemat.

Semboyan "pengeluaran sekecil mungkin pemasukan sebesar mungkin" memang perlu menjadi sebuah konsep dasar dalam menjalankan bisnis. Namun perlu kita ingat bahwa hemat ini bukan berarti pelit atau kikir tetapi lebih kepada konsep untuk mengelola pengeluaran sesuai dengan kebutuhan saja. 

Jika dikaitkan dengan proses produksi maka sebenarnya kata hemat ini kurang begitu tepat karena proses produksi orientasinya adalah hasil yang berkualitas.

Namun begitu dalam dunia usaha kita bisa menekankan sifat hemat ini kepada pengelolaan keuangan yang tidak ada kaitannya dengan kualitas. Sebagai contoh kita mengendalikan pengeluaran usaha dengan tidak membeli barang nilai gunanya sedikit atau kurang bermanfaat atau kurang penting. 

Dalam bisnis mungkin akan sulit untuk berhemat namun kita bisa mengelola keuangan yang lebih sehat dengan melakukan pengeluaran berdasarkan kriteria tertentu misalnya dari sisi kebutuhan dan skala prioritas.

Contoh sederhananya bisnis kita membutuhkan bahan baku berkualitas dan kendaraan transportasi maka kita bisa mengukur mana yang lebih penting dan mana yang lebih mendesak.

Maka dari itu dalam bisnis hendaknya kita bisa mengupayakan penghematan dalam berbagai segi misalnya tadi kita bisa mencari bahan baku berkualitas yang harganya lebih murah dan terjangkau.

Bagi pelaku usaha yang masih baru maka penghematan ini sebaiknya tidak hanya ditujukan pada kegiatan bisnis saja melainkan juga pada kehidupan pribadi kita sebagai pelaku bisnis.

Kita dapat menerapkan prinsip dan pola hidup hemat untuk mendukung tercapainya kesuksesan usaha yang kita inginkan. Dalam berhemat ini ada beberapa tips yang bisa kita lakukan yaitu sebagai berikut!

1) Pilih pengeluaran paling mendesak dahulu
2) Pertimbangkan harga beli
3) Kelola keuangan pribadi
4) Utamakan belanja produktif
5) Maksimalkan yang ada

Berhemat memang bukanlah satu-satunya hal yang mempengaruhi kesuksesan namun gaya hidup hemat dalam kehidupan pribadi dan dalam dunia bisnis juga sangat penting dan berpengaruh.

Untuk melakukan penghematan kita dapat memilah-milah pengeluaran agar dapat menentukan jenis pengeluaran yang bermanfaat, produktif atau pengeluaran yang merugikan atau konsumtif. 

Dalam setiap aspek bisnis kita juga hendaknya mempertimbangkan masalah harga, intinya kita mencari harga paling rendah dengan kualitas paling baik. Tapi ingat, dalam berhemat hendaknya kita tidak mengesampingkan masalah kualitas.

Selain itu kita juga bisa berhemat dalam kehidupan pribadi kita. Dengan berhemat dalam kebutuhan pribadi maka kita dapat lebih mampu menopang kebutuhan permodalan bagi bisnis kita. Misalnya kita bisa memiliki tabungan yang cukup untuk berbagai keperluan penambahan modal bisnis.

Dalam rangka mengelola pengeluaran agar hemat kita juga bisa mengutamakan belanja hanya untuk berbagai hal yang produktif dan bukan sebaliknya.

Dengan begitu maka apa yang kita beli akan memiliki nilai dan fungsi sebagai kekuatan baru dalam menopang bisnis. Hal ini juga dapat dilakukan sembari berupaya untuk memaksimalkan yang sudah ada. Jangan sampai asset bisnis yang ada menjadi tidak produktif dan kurang menghasilkan.

Demi mencapai tujuan usaha atau bisnis yang dijalankan maka kita harus berusaha membiasakan diri dengan hal tersebut. Untuk apa kita pemborosan dan menghamburkan uang sedangkan kita tahu bahwa akan lebih berguna jika kita menggunakan uang yang ada untuk di tabung atau membiayai hal yang lebih produktif. 

Itulah tadi sedikit ulasan yang bisa kita jadikan sebagai kunci sukses dalam usaha. Semoga bisa menjadi inspirasi dan motivasi kita untuk bangkit dan berjuang menggapai kesuksesan yang didambakan. Lain waktu kita ketemu lagi dengan beberapa kiat bisnis dan usaha lainnya. Itu saja, semoga berkenan!

Hemat adalah Kunci Sukses Usaha bagi Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko