Saturday, November 12, 2016

Pentingnya Kemasan Produk bagi Kesuksesan Usaha

Meski isi tidak bisa langsung ditebak dari kemasan-nya namun fungsi kemasan sebuah produk yang dijual sangat penting. Kalau manusia, kemasan itu seperti baju yang bisa saja membuat orang jatuh cinta meski sebenarnya tidak membutuhkan produk tersebut.


Itulah sebabnya dalam dunia pemasaran, kemasan juga memiliki nilai penting yang harus diperhatikan. Sukses menjual produk ke konsumen juga tak lepas dari bagaimana anda mengemas produk yang anda jual.

Jika kita bertanya bagaimana cara mudah menjual barang atau produk usaha maka biasanya kita akan langsung tertuju pada sistem atau strategi pemasaran dan promosi padahal agar suatu produk bisa lebih cepat di beli ada banyak hal yang perlu di perhatikan.

Selain proses pemasaran atau promosi kita juga harus memperhatikan produk itu sendiri, sebagai contoh bagaimana kemasan produk tersebut. Selain kualitas, kemasan produk juga sangat penting dan berpengaruh terhadap penjualan, bagaimana bisa?

Atribut produk adalah suatu komponen yang merupakan sifat-sifat produk yang menjamin agar produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan yang diharapkan oleh pembeli dan apabila sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pembelinya makaproduk tersebut akan dianggap cocok oleh konsumen serta menjadi produk yang berhasil.

Atribut produk dapat berupa sesuatu yang berwujud / tangible (berupa disain produk, bungkus, merek dsb) maupun sesuatu yang tidak berwujud / intangble (misalnya nama baik yang sudah terkenal dari perusahaan penghasil barang tersebut). 

Dengan memberikan nama merk yang tepat akan dapat menimbulkan kesan serta image yang baik dari konsumen terhadap produk yang kita pasarkan. Bahkan kadang-kadang image konsumen itu muncul dari logo atau trade mark yang tergambar dalam bungkus produknya.

Disamping itu gambar logo yang menawan akan menarik perrhatian orang yang melihatnya dan akan menjadi tertarik karenanya. Atribut yang tidak terwujud biasanya menunjukkan aspek nonteknis sedangkan atribut berwujud menggambarkan aspek-aspek teknis. 

Terdapat pula atribut yang terdiri dari kemasan, merek, gambar logo atau trade marknya maupun labelnya sehingga suatu produk akan dipandang oleh konsumen berbeda dengan produk yang dikeluarkan oleh pesaingnya.

Perbedaan pandang tesebut atau persepsi konsumen terhadap berbagai produk yang sejenis yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan kepadanya merupakan hasil dari penglihatan serta pengalaman konsumen itu terhadap atribut-atribut produk tersebut.

Setiap produk akan memiliki atribut yang berbeda dengan jenis produk yang lain. Meski konsumen tidak akan membeli barang atau produk hanya karena kemasan atau bungkus yang bagus dan menarik namun kemasan dapat meningkatkan peluang sebuah produk di pilih. 

Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk bisa mengemas atau membungkus produk yang kita hasilkan dengan baik. Perlu kita tahu, cara pengemasan atau pembungkusan yang baik akan menguntungkan perusahaan karena berbagai hal berikut:

1) Bungkus yang indah dan menarik akan menambah hasrat untuk membeli.
2) Bungkus yang khas akan mempermudah pembeli mengingat produknya.
3) Bungkus yang baik akan melindungi kualitas (mutu) produk.
4) Bungkus juga memudahkan pengangkutan (transportasi).
5) Bungkus juga memudahkan penyimpanan dan penyusunan di rak toko (show room).

Mengingat banyaknya keuntungan dan manfaat yang bisa kita dapatkan maka wajar jika kita juga harus memberikan perhatian khusus pada kemasan atau bungkus dari produk yang kita hasilkan.

Meski begitu, dalam membuat atau melakukan pengemasan tersebut sebaiknya kita juga mempertimbangkannya dari beberapa aspek mulai dari aspek keindahan, ekonomi dan kemudahan. 

Jika ditinjau dari aspek ekonomis pembungkusan tidak boleh menimbulkan biaya ekstra yang berlebihan karena dapat mengakibatkan adanya peningkatan harga jual produk yang terlalu tinggi. Dari segi keindahan (estetika) pengemasan harus memberi kesan menarik atau dapat mensugesti pembeli agar bersedia melekukan pembelian. 

Bagi perusahaan besar pada umumnya telah memiliki desainer untuk membuat kemasan secara khusus, untuk mendesain kemasan produk yang sesuai. Kemasan produk yang dibuat harus sesuai dengan sifat produknya.

Sedangkan jika ditinjau dari aspek praktisnya, kemasan harus sederhana, mudah dibawa, mudah pula disusun atau diletakkan di suatu tempat.

Sekarang kita tahu bahwa bungkus atau kemasan sebuah produk juga memiliki peran yang cukup penting dalam sebuah pemasaran. Maka sebaiknya kita dapat menentukan kemasan yang tepat yang sesuai dengan prinsip pengemasan yang baik jika ditinjau dari berbagai sisi di atas.

Kita tidak boleh sembarangan dalam menentukan kemasan barang karena kemasan yang buruk juga akan menjauhkan pembeli. Itulah sedikit pembahasan singkat kita tentang pentingnya kemasan untuk produk usaha. 

Semoga dengan pembahasan ini kita tahu bagaimana cara membuat kemasan yang baik untuk barang yang akan di jual. Jangan lupa baca juga beberapa artikel lain di bagian akhir tulisan ini. Sempatkan juga untuk sering-sering berkunjung ke situs ini untuk tahu banyak tentang usaha dan bisnis bagi pemula. Sekian, salam sukses selalu!

Pentingnya Kemasan Produk bagi Kesuksesan Usaha Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko