Sunday, November 13, 2016

Cara Mencegah Usaha Bangkrut dan Rugi Besar

Rahasia Cara Mencegah Usaha Bisnis Bangkrut dan Rugi Besar – Selalu belajar akan membantu kita terlepas dari kesalahan yang bisa menghancurkan bisnis. Kerja keras akan membuat usaha yang kita jalankan memiliki kekuatan dan kesabaran akan membuahkan hasil manis di akhir.

Rahasia Cara Mencegah Usaha Bisnis Bangkrut dan Rugi Besar

Tapi, apakah ada cara yang terbukti bisa mencegah dan menghindarikan usaha dari rugi dan bangkrut? Setiap wirausahawan memiliki formula dan cara tersendiri namun kita bisa belajar secara garis besar mengenai hal tersebut.

Hal yang sangat tidak diinginkan dan ditakuti oleh kalangan pelaku usaha dan bisnis adalah mengalami kegagalan berupa bangkrut dan rugi besar. Ini dialami oleh kalangan pelaku bisnis dan usaha baik pemula maupun kalangan profesional. 

Bedanya, kalangan profesional memiliki kemampuan yang lebih untuk bertahan serta memiliki cara untuk mengurangi resiko tersebut. Sebaliknya, kalangan pemula lebih rentan terkena pukulan telak kerugian dan masih sedikit sulit untuk membaca, memprediksi dan mencegah adanya resiko kebangrutan tersebut.

Selain dipengaruhi faktor pengalaman, kemampuan untuk mencegah resiko mengalami bangkrut dan rugi juga dipengaruhi oleh keahlian dan pengetahuan pengelola dalam menghadapi berbagai hambatan tersebut. 

Maka dari itu, sebagai kalangan yang rentan terkena masalah ini maka pelaku usaha khususnya pemula harus secara sadar dan ikhlas berusaha dan belajar dalam menghadapi situasi yang tidak diinginkan tersebut.

Dalam hal ini, pengelola usaha atau pelaku bisnis yang tidak ingin mengalami bangkrut dan rugi besar hendaknya belajar cara mencegah usaha dan bisnis yang dikelola mengalami bangkrut dan rugi. 

Caranya tentu dengan banyak belajar dari berbagai pengalaman orang lain serta dengan mempelajari berbagai literatur yang berkaitan. 

Selain itu, untuk mengembangkan cara mencegah bangkrut tersebut pelaku usaha juga bisa mempelajari kiat dan tips serta cara mencegah usaha bisnis bangkrut dan rugi. Beberapa tips dan Cara Mencegah Usaha Bisnis Bangkrut dan Rugi tersebut antara lain sebagai berikut.

1) Memilih bisnis yang tepat
Cara mencegah bangkrut yang pertama adalah dengan memilih bisnis dan usaha yang tepat. Maksudnya yaitu hendaknya kita memilih dengan benar bisnis atau usaha apa yang akan dijalankan. 

Jangan asal memilih tetapi harus diperhitungkan dari berbagai aspek yang berkaitan. Misalnya dalam memilih usaha hendaknya kita mempertimbangkan potensi ke depan dari usaha tersebut.

Selain itu kita juga perlu mempertimbangkan masalah kemampuan atau skill yang kita miliki dengan usaha yang akan dipilih, apakah usaha tersebut mampu kita jalankan atau tidak. 

Selain itu hendaknya kita juga bisa melakukan SWOT analisis terhadap usaha yang diinginkan untuk mengetahui berbagai aspek penting yang berkaitan misalnya kekuatan, kelemahan, peluang, dan juga hambatan-hambatan atau resiko usaha yang ada.

Dengan begitu bisnis dan usaha yang dipilih akan memiliki latar belakang yang mendukung agar selanjutnya kita bisa menemukan bisnis yang tepat yang memiliki prospek menjanjikan. dengan memilih yang terbaik dan yang paling tepat itulah kita bisa menghindari atau meminimalisir kemungkinan hambatan yang akan kita hadapi.

2) Memilih bisnis yang resikonya kecil
Untuk mencegah terjadinya hambatan bisnis baik itu kerugian atau bahkan kebangkrutan sebaiknya kita memilih bisnis yang resikonya kecil. Artinya, hendaknya kita memproyeksikan peluang aman dari jenis bisnis yang akan dipilih tadi. 

Dari sekian banyak pilihan bisnis yang menjanjikan tentu akan lebih baik jika kita memilih satu yang memiliki resiko bisnis yang paling kecil.

Dalam memilih bisnis tersebut kita juga bisa mengukur berbagai resiko yang mungkin akan dihadapi dan kemampuan kita dalam menghadapi dan bertahan dari resiko tersebut. 

Parahnya, jika terjadi resiko yang tidak diinginkan maka kita harus bisa memastikan bahwa resiko terburuk tersebut dapat kita tangani dengan baik jika benar-benar terjadi.

3) Selalu bekerja keras
Sebuah kerugian atau hambatan lain tidak hanya harus dicegah namun juga harus dipikirkan mengenai pengaruh dan efek kerugiannya terhadap bisnis dan usaha yang dijalankan. 

Maka dari itu seorang pengelola hendaknya mampu membuat gambaran sejauh mana efek dari sebuah resiko kerugian yang bisa terjadi di masa depan. Dengan begitu nantinya pengelola mampu merumuskan tindakan nyata untuk menghilangkan efek atau dampak kerugian yang ditimbulkan.

Selanjutnya, agar bisa cepat recover atau pulih dari kerugian yang dialami maka kerja keras adalah hal mutlak yang perlu dilakukan oleh semua kalangan pelaku bisnis dan usaha. Selalu bekerja keras juga akan memberikan kekuatan kepada usaha dan bisnis kita dalam menghadapi berbagai hambatan dan kendala yang mungkin muncul.

4) Terus fokus pada tujuan

Jangan biarkan kebangkrutan atau kerugian besar menghalangi misi dan cita-cita menggapai kesuksesan. Bahkan meski mengalami hal terburuk sekalipun seorang pelaku bisnis yang ingin sukses hendaknya bisa terus fokus pada tujuan yang ingin dicapai. 

Berikan yang terbaik dalam melakukan semua hal dan tetap ingat bahwa tujuan kita bukanlah menyerah pada kegagalan.

Tetap fokus pada tujuan dan cita-cita dalam menjalankan berbagai kegiatan bisnis dan usaha secara nyata bisa mencegah atau paling tidak mengurangi resiko rugi besar atau bahkan bangkrut. Mulai dari sekarang juga, berikan yang terbaik pada usaha dan bisnis yang sedang dijalankan agar bisa memetik buah manis keberhasilan.

5) Tidak terburu-buru
Perkembangan dunia usaha dan bisnis memang begitu cepat dan kita juga harus mampu mengimbanginya. Namun begitu perlu diingat bahwa cepat itu bukan berarti buru-buru. 

Dalam menjalankan usaha dan bisnis hendaknya kita tidak terburu-buru karena jika terburu-buru atau tergesa-gesa hasil yang kita kerjakan juga tidak akan bisa maksimal dan itu berarti bisa meningkatkan resiko rugi besar kepada usaha yang sedang dijalankan.

Seolah pelaku bisnis dan pelaku usaha hendaknya benar-benar bisa mengurangi berbagai resiko hambatan dan kerugian yang mungkin akan timbul untuk mencegah bangkrut. 

Selebihnya tentu masing-masing pelaku usaha memiliki Rahasia Cara Mencegah Usaha Bisnis Bangkrut dan Rugi Besar tersendiri yang bisa dirumuskan dari berbagai aspek yang diperhitungkan. Itu saja, mudah-mudahan sedikit pembahasan ini bermanfaat.

Cara Mencegah Usaha Bangkrut dan Rugi Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko