Thursday, November 10, 2016

Mengatasi Putus Asa Saat Memulai Usaha Agar Sukses

Cara Mengatasi Rasa Putus Asa Saat Memulai Usaha - Ketika baru membangun sebuah bisnis atau usaha akan banyak kendala yang dihadapi. Tak jarang hal yang sudah kita kerjakan dengan baik tidak membuahkan hasil. Tak jarang dua atau tiga bulan awal kita tidak mendapatkan penghasilan apapun.
Mengatasi Rasa Putus Asa
Foto: Ilustrasi
Keadaan yang sulit itu terkadang bisa membuat orang patah semangat dan putus asa. Padahal hal itu sudah umum ditemui ketika membuka usaha baru. Lalu, apa sebenarnya yang harus dilakukan untuk mengatasi hal semacam itu? Bagaimana mengendalikan emosi dan perasaan kita agar tetap semangat?

Putus asa adalah sesuatu yang bisa menghancurkan banyak hal termasuk sebuah usaha. Usaha yang seharusnya dalam satu tahap lagi bisa memberikan kesuksesan namun karena rasa putus asa maka usaha tersebut bisa saja hancur dalam sekejab.

Edisi spesial kali ini situs peluang usaha akan membahas mengenai beberapa tips dan kita dalam mengelola perasaan putus asa. Akan kita cari tahu bagaimana mengelola, mengendalikan dan menghilangkan rasa putus asa tersebut.

Putus asa adalah suatu kondisi dimana kita sadar atau tidak telah menyatakan menyerah dan tidak berkeinginan untuk melanjutkan lagi sesuatu yang tadinya kita jalani.

Putus asa ini akan membuat kita berhenti sekaligus kehilangan arah dan motivasi untuk melakukan suatu hal dalam hal ini untuk menjalankan sebuah usaha yang sedang dirintis.

Putus asa ini jelas akan membuat kita berhenti dan sangat mungkin untuk kita beralih dan mengambil jalan atau alternatif lain. Di awal mendirikan usaha, keadaan seperti ini jelas akan menenggelamkan niat dan mimpi kita untuk memiliki sebuah usaha sukses yang akan memberikan penghasilan yang diinginkan.

Jika tidak ditangani dengan baik, emosi atau perasaan seperti ini jelas sekali akan menjadi kendala, penghalang kesuksesan kita ke depan.

Bahkan mungkin bukan hanya saat ini melainkan di lain waktu kita juga akan menghadapi hal serupa yaitu keputusasaan yang akan memundurkan langkah kita yang sudah dijalani sebelumnya. Untuk itu kita tentu mengatasi rasa putus asa saat memulai usaha yang kita idam-idamkan kesuksesannya.

Jika kita ingin sukses maka mutlak diperlukan sebuah langkah nyata untuk menghilangkan rasa putus asa tersebut dan juga berbagai emosi negatif lain yang akan menghalangi kemajuan usaha kita.

Misalnya, kita juga harus mampu untuk mengatasi kejenuhan ketika memulai usaha, tidak fokus, kurang percaya diri takut dan lain sebagainya. Sebagai bahan renungan dan pertimbangan, berikut ada beberapa tips mengatasi rasa putus asa yang bisa kita lakukan saat sedang memulai sebuah usaha, selengkapnya seperti di bawah ini.

1) Berfikir positif
2) Terus mengingat tujuan dan cita-cita
3) Memahami arti sebuah proses
4) Istirahat sejenak, luangkan waktu bersama keluarga
5) Sabar sedikit lagi

Perlu diingat, cara dan kiat dalam mengatasi rasa putus asa di atas hanya sekedar referensi saja. Masing-masing dari kita tentu memiliki strategi dan cara tersendiri dalam menangani berbagai perasaan negatif yang muncul pada diri kita. Satu yang pasti, kita tidak boleh membiarkan perasaan seperti itu berlarut-larut ada pada diri kita.

Mengatasi Putus Asa Saat Memulai Usaha Agar Sukses Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko