Wednesday, November 30, 2016

Manfaat Pinjaman Uang untuk Pengembangan Usaha

Pinjaman Uang untuk Pengembangan Usaha – Ketika usaha baru berdiri tentu saja banyak yang takut untuk meminjam uang untuk menambah modal. Lalu, apa sebenarnya kita memang harus takut seperti itu? Tapi bagaimana jika kita butuh tambahan uang untuk usaha tersebut?

Kata orang takut berarti tidak mampu atau tidak bisa. Jadi jika anda takut maka anda belum mampu. Berkaitan dengan pinjaman atau hutang apa kita harus selalu takut seperti itu? Dari pada takut tanpa alasan lebih baik kita lihat manfaatnya dulu.

Jika kita bergerak di bidang bisnis atau wirausaha maka biasanya kita akan lebih akrab dengan istilah “pinjaman” ini. Hal ini karena kebanyakan usaha atau bisnis mulai dari skala kecil menengah banyak memanfaatkan sistem ini untuk melengkapi atau memenuhi kebutuhan permodalan.

Ada yang sejak awal sudah menggunakan sistem pinjaman da nada yang menggunakannya hanya untuk pengembangan.

Kita bukan akan membahas mengenai masalah penggunaan pinjaman uang tetapi kita akan sedikit mengulas mengenai apa saja sisi positif yang bisa kita dapatkan dengan mengajukan pinjaman.

Berbicara mengenai manfaat pinjaman modal uang untuk kegiatan usaha atau bisnis maka secara global manfaat yang dirasakan dapat berupa percepatan atas perkembangan usaha atau bisnis yang dijalankan.

Karena tujuan sistem ini memang untuk hal tersebut yaitu mempercepat kemajuan usaha yang kita jalankan. Dalam praktiknya, pinjaman uang bisa memberikan manfaat berupa kecukupan modal untuk berbagai kebutuhan usaha yang dimiliki.

Dengan adanya pinjaman tersebut maka kita bisa memiliki modal yang cukup untuk belanja kebutuhan usaha yang produktif sehingga akhirnya diharapkan bisa meningkatkan kemajuan usaha secara keseluruhan. Berkaitan dengan sistem ini biasanya para pelaku usaha memanfaatkan berbagai jenis pinjaman misalnya:

Pinjaman uang tunai
Pinjaman uang tanpa jaminan
Pinjaman uang tanpa syarat
Pinjaman uang cepat tanpa syarat
Tempat pinjam uang
Pinjaman uang tanpa jaminan dan syarat
Pinjaman uang tanpa jaminan untuk mahasiswa
Pinjaman uang tanpa jaminan langsung cair

Berbagai jenis pinjaman yang ada tentu bisa memberikan manfaat yang sangat menguntungkan dari sisi kebutuhan permodalan. Tetapi perlu dicermati bahwa pengajuan pinjaman seperti itu hanya disarankan untuk berbagai kebutuhan yang produktif.

Selain itu waktu pinjaman atau momen saat meminjam juga harus dipertimbangkan, jika tidak bukannya keuntungan atau manfaat yang didapat tapi justru beban kewajiban usaha yang berat untuk di tanggung. 

Jika ditanya “apakah pinjaman uang bermanfaat bagi usaha kita?”, maka jawabannya adalah “Ya, pinjaman bermanfaat bagi usaha kita namun dengan beberapa kondisi seperti di jelaskan di atas.

Dikatakan demikian karena pinjaman uang ini dapat diibaratkan sebagai mata uang dengan dua sisi berbeda yang tidak bisa dipisahkan. Artinya jika digunakan dalam kondisi dan waktu yang tidak tepat sebuah pinjaman justru bisa membuat suatu usaha hancur. Terlepas dari semua itu, beberapa manfaat pinjaman yang bisa kita dapatkan antara lain:

1) Untuk menutupi kekurangan modal
2) Untuk meningkatkan kapasitas produksi
3) Untuk mempercepat pertumbuhan usaha
4) Untuk belanja kebutuhan produktif
5) Meningkatkan motivasi dan etos kerja

Pinjaman modal uang dalam sebuah usaha tentu bisa dimanfaatkan untuk menutupi kekurangan modal dan itu bisa digunakan atau dibelanjakan pada berbagai pos kebutuhan yang produktif. Penerapannya bisa digunakan untuk meningkatkan kapasitas produksi, membeli peralatan dan lain sebagainya. 

Dengan menggunakan pinjaman pada pos pengeluaran yang produktif maka kita dapat memanfaatkannya untuk mempercepat pertumbuhan usaha.

Selain itu, bagi pelaku usaha yang sudah mulai berjalan, adanya pinjaman seperti ini juga dapat meningkatkan motivasi dan etos kerja karena beban yang harus ditanggung lebih banyak jadi mau tidak mau harus lebih keras lagi kerjanya. 

Siapapun tentu tidak ingin terlilit hutang, perasaan itulah yang nantinya bisa menjadi cambuk bagi pelaku usaha untuk lebih giat bekerja dan pada akhirnya dia bisa menjadi lebih produktif lagi di kemudian hari. 

Demikianlah sedikit perbincangan kita mengenai Manfaat Pinjaman Uang untuk Pengembangan Usaha ini. Semoga dengan gambaran di atas kita bisa mendapatkan ide dan referensi yang bermanfaat.

Pembahasan ini dibuat untuk gambaran pertimbangan saja dan tidak harus diterapkan. Kesimpulannya adalah pinjaman bisa menjadi sangat bermanfaat tetapi juga bisa menjadi sangat berbahaya bagi sebuah usaha atau bisnis tergantung pada waktu dan kondisi penggunaannya. Itu saja, salam sukses usaha!

Manfaat Pinjaman Uang untuk Pengembangan Usaha Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko