Tuesday, November 29, 2016

Cara Memilih Ide Usaha yang Menjanjikan Untung Besar

Cara Memilih Ide Usaha Menjanjikan Untung Besar – Bagaimana kita memilih ide juga berpengaruh terhadap ide yang dihasilkan. Apa yang dipertimbangkan dan apa yang tidak juga akan berimbas sama, apalagi berkaitan dengan ide bisnis.


Tidak perlu ceroboh, terburu-buru atau lainnya. Pikirkan dengan matang dengan berbagai pertimbangan. Belajar dan jangan sungkan jika perlu minta saran dan pendapat orang. Ada banyak cara, yang penting ide yang didapat bagus.

Dalam memilih usaha yang akan dijalankan itu tidak sembarangan namun sebenarnya tidak begitu rumit untuk dikerjakan. Memang banyak yang dalam tahap ini gagal dalam menemukan ide usaha sukses yang dibutuhkan.

Namun banyak juga ide-ide sederhana yang bahkan tak pernah terpikirkan sebelumnya bisa menghantarkan pelaku usaha menggapai kebebasan finansial. 

Ini berarti memang ada kiat atau tips khusus yang bisa dipelajari dalam memilih dan menentukan usaha yang bagus untuk dijalankan. Sekarang pertanyaan dasar yang banyak sekali dicari jawabannya adalah “usaha apa yang bagus”.

Tentu saja tak ada satu orang pun yang akan memberikan jawaban untuk pertanyaan tersebut untuk kita. Karena jika seseorang tahu jawaban tersebut maka mereka pasti akan menggunakannya sendiri dan bukan memberikan informasi penting tersebut kepada kita.

Solusinya bagaimana, sedangkan kita membutuhkan kejelasan untuk melangkah dan segera memulai kegiatan usaha tersebut? Tentu saja, solusi yang paling masuk akal adalah dengan mencari informasi tentang cara memilih usaha yang bagus dan menjanjikan.

Itulah yang akan kita bahas pada kesempatan ini yaitu mengenai cara memilih ide usaha menjanjikan untuk dapat kita jalankan.

Tentu saja, tidak ada ketentuan baku yang mengatur bagaimana seharusnya kita dalam memilih ide. Semua terserah pada kita masing-masing dan tidak ada aturan apapun.

Maka dari itu kita bisa menerapkan beberapa tips dan kiat yang kita anggap mampu memberikan hasil yang diinginkan. Nah, dalam memilih usaha, ada beberapa tips yang bias kita pertimbangkan, yaitu antara lain seperti di jelaskan rinci di bawah ini.

1) Pilih usaha yang peluangnya menjanjikan
2) Pilih usaha yang sesuai dengan kemampuan
3) Pilih usaha yang modalnya terjangkau

Pertama, kita harus memastikan bahwa kita memilih usaha yang menjanjikan, lalu pertanyaannya yang menjanjikan itu yang seperti apa. Usaha yang menjanjikan adalah usaha yang prospek ke depannya bagus dari waktu ke waktu dan bukan usaha yang masa boomingnya sangat terbatas.

Dalam memilih ide sebaiknya kita lihat bagaimana usaha tersebut bertahan, kita lihat apakah usaha tersebut sepuluh tahun lagi masih relevan, apakah usaha tersebut lima puluh tahun lagi masih dapat memberikan hasil maksimal dan seterusnya. 

Memilih usaha yang daya tahannya dalam waktu singkat, misalnya jenis usaha musiman, hanya akan memberikan waktu yang sangat sempit bagi kita untuk memperoleh keuntungan. Berbeda jika kita memilih sebuah usaha yang bisa bertahan puluhan tahun ke depan.

Maka dari itu kita harus jeli dalam melihat jauh ke depan mengenai prospek atau peluang dari usaha yang dipilih. Kita harus mampu membaca perkembangan dan mampu menyimpulkan apakah ide usaha tersebut menjanjikan atau tidak.

Yang kedua, perlu kita ingat bahwa “dengan kedua tangan berarti kita tidak mungkin mengangkat truk kontainer”, itu berarti bahwa ada batas-batas kemampuan dan keahlian yang harus kita pahami terutama saat kita hendak memilih sebuah usaha untuk dikerjakan.

Artinya kita harus memilih usaha yang sesuai dengan kapasitas kemampuan yang kita miliki. Contoh sederhananya, kita tidak memiliki background keahlian di bidang pembuatan pesawat tetapi kita ingin membuka usaha pabrik pesawat, itu sangat berisiko. 

Maka dari itu, dalam memilih usaha hendaknya kita lihat juga kemampuan yang kita miliki dan batas-batas kemampuan yang bisa kita kembangkan. Batas kemampuan yang bisa dikembangkan ini merupakan ruang belajar yang bisa kita isi dalam proses usaha nantinya.

Jadi apa yang bisa kita lakukan dan apa yang bisa kita pelajari untuk kita lakukan harus kita pahami dengan jelas. Intinya, tanya pada diri sendiri apakah kita mampu menjalankan usaha tersebut atau tidak.

Yang yang juga tak kalah penting untuk dipertimbangkan dalam memilih jenis usaha yang akan dijalankan adalah mengenai modal. Karena kita semua tahu bahwa kita tidak akan mampu menjalankan sebuah usaha yang modalnya tidak kita miliki.

Maka dari itu bijak jika kita memilih usaha yang modalnya bisa kita sediakan baik dengan skala bertahan maupun sekaligus. Demikianlah sedikit pembahasan kita mengenai tips dalam memilih ide usaha yang berpotensi dan menjanjikan untuk dijalankan.

Sebagai rangkuman harus kita ingat bahwa yang bisa menjawab pertanyaan tentang ide usaha apa yang menjanjikan adalah hanya kita sendiri. Dan semua itu harus melalui berbagai pertimbangan yang matang dan objektif. Itu saja, mudah-mudahan tips dan kiat di atas bisa memberikan ide dan gagasan baru untuk kita semua. Salam sukses!

Cara Memilih Ide Usaha yang Menjanjikan Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko