Sunday, November 27, 2016

Kiat Sukses Wirausaha bagi Pemula agar Kaya

Dari mulai menentukan ide sampai menjalankan usaha, seseorang akan terus belajar. Agar menjadi sukses, seorang wirausaha harus cermat dan pandai dalam menjalankan usahanya. Lalu, jika tidak mampu, apa yang harus dilakukan?

Belajar dan terus belajar adalah jawabannya. Kita bisa belajar dari mana saja, bahkan dari banyak orang yang suka rela berbagi kiat dan tips. Kita bisa cari tahu kiat dan tips sukses bagi para pelaku usaha yang masih baru.

Menjadi seorang wirausaha itu berarti mendedikasikan seluruh waktu untuk menjalankan sebuah usaha mandiri dari waktu ke waktu. Dan ini berarti bahwa sebagai seorang wirausaha kita akan mendedikasikan banyak hal bagi perkembangan dan kemajuan usaha yang dijalankan.

Bukan hanya itu, kita juga akan memberikan banyak pengorbanan terhadap apa yang kita usahakan tersebut. Untuk itu kita harus tahu bagaimana kiat yang perlu kita lakukan dalam menjalankan usaha tersebut dan menggapai kesuksesan yang diinginkan. 

Sukses tidaknya seorang wirausaha akan banyak tergantung pada kualitas individu masing-masing. Selain faktor dari luar, kuat tidaknya pribadi kita akan menentukan sukses tidaknya kita sebagai wirausaha.

Untuk itu sebelum berniat terjun ke dalam dunia wirausaha sebaiknya kita melihat diri kita sendiri. Jika ingin sukses menjadi wirausaha maka kita harus mulai dengan mempersiapkan kemampuan pribadi dan menjadikan diri kita sebagai pribadi yang tangguh, kuat, kreatif dan tidak takut menghadapi resiko. 

Dalam hal ini seorang pelaku usaha sebaiknya memiliki bekal sifat yang produktif dan bisa diadu. Terutama untuk pemula yang baru berniat memulai menjadi wirausaha, sebaiknya kita mengetahui kiat sukses wirausaha agar dapat mencapai apa yang dicita-citakan.

Apabila kita hendak menjadi seorang wirausaha sukses maka ada beberapa kiat yang perlu kita perhatikan yaitu membekali diri kita dengan beberapa sifat produktif berikut!

1. Kerja Keras
Wajib hukumnya bagi seorang wirausaha untuk bekerja keras. Jadi, jika ingin sukses wirausaha maka kita harus menjadi pribadi yang bekerja keras.

Kerja keras ini adalah modal yang tidak dapat di beli dengan nilai uang, kerja keras hanya bisa dibangun jika seseorang memiliki tekad dan kemauan yang kuat dalam mewujudkan apa yang diinginkan. 

Seorang wirausaha akan sangat sulit untuk menggapai kesuksesan jika ia suka bersantai, mudah lelah. Bahkan jika mungkin, seorang wirausaha hendaknya bisa bekerja 24 jam untuk menjalankan usaha yang dimiliki. Apakah mungkin kita bisa bekerja tanpa henti?

Mungkin saja, karena seorang wirausaha sukses akan bekerja dimanapun dan kapanpun. Sebagai contoh, saat ia duduk santai ia tetap mendedikasikan pikirannya untuk memikirkan usahanya, saat ia liburan ia pun berhitung agar anggaran liburan tersebut bisa maksimal fungsinya dan tidak membebani keuangan usaha.

Itulah beberapa alasan kenapa kerja keras mutlak dibutuhkan oleh seorang pelaku usaha. Tanpa kerja keras maka akan mustahil kita menggapai impian sukses. Maka dari itu kita pertama untuk sukses wirausaha adalah dengan menjadi pribadi yang suka bekerja keras.

2. Disiplin Tinggi
Berjalan hanya pada jalurnya dan selalu menaati jaluar yang telah ditetapkan, seorang pelaku usaha hendaknya memiliki disiplin tinggi dalam melakukan berbagai aktivitas yang telah direncanakan.

Semua rencana harus dijalankan sesuai yang direncanakan, waktu akan sangat penting dan tak pernah ternilai dengan materi. Seorang wirausaha hendaknya membekali diri dengan disiplin agar apa yang dikerjakan sesuai dengan aturan dan pedoman yang ditetapkan.

Hal ini berguna untuk membuat semua hal sesuai dan terarah. Tak ada sesuatupun yang akan keluar jalur, sebagai contoh saat waktunya kerja ya kerja bukan main atau nongkrong.

Tanpa disiplin maka kita pasti akan kesulitan dalam mengatur berbagai aktivitas dan kegiatan usaha yang padat. Tanpa disiplin ini maka akan sangat mungkin kegiatan usaha akan terganggu dan berjalan dengan tidak sesuai harapan. Maka dari itu jadilah seorang yang disiplin jika ingin sukses wirausaha.

3. Pantang Menyerah
Dunia wirausaha adalah dunia yang berliku, keras, terjal dan kejam, maka dari itu menjadi seorang wirausaha harus pantang menyerah. Dalam menjalankan impian maka kita bisa saja sering menghadapi kendala dan hambatan bahkan kegagalan.

Penting sekali bagi kita untuk tidak menyerah. Mudah menyerah maka mudah berhenti dari usaha dan itu berarti kesuksesan akan semakin jauh meninggalkan kita. 

Sebenarnya banyak orang yang mampu menjadi sukses di usia muda namun kebanyakan dari mereka gagal pada fase ini dimana baru saja mendapatkan satu kendala kecil sudah menyerah.

Itu karena di dalam diri tidak ada sifat pantang menyerah dan mengakibatkannya mudah layu dan melempem seperti kerupuk terkena air. 

Tidak ada tawar menawar, untuk menjadi sukses maka kita harus membekali diri kita dengan berbagai sifat positif yang dapat digunakan sebagai senjata dalam menjalankan bisnis. Mumpung belum terlambat, mumpung masih baru mulai maka mulailah untuk membekali dan membiasakan diri kita dengan sifat-sifat tersebut!

Kiat Sukses Wirausaha bagi Pemula agar Kaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko