Monday, November 28, 2016

Cara Sederhana Mencapai Kesuksesan Usaha

Ada banyak hal yang sebenarnya sederhana tetapi dianggap sangat berat. Misalnya saja cara mencapai kesuksesan dalam usaha. Sebenarnya kita bisa memulai semua dari diri kita sendiri. Sesuatu yang dekat seperti kebiasaan dan pola hidup.


Ingat, walau bagaimanapun, orang yang sukses adalah orang yang memiliki kemampuan untuk sukses. Usaha atau bisnis hanya sebagai jalan dan perantara saja. Berbekal dengan kepribadian yang berkualitas maka sukses bukan hanya impian.

Untuk mencapai sebuah kesuksesan itu sulit, semua sudah tahu itu. Tanpa diberitahu pun kita semua sudah sadar benar bahwa untuk menapaki tangga kesuksesan diperlukan banyak pengorbanan dan perjuangan yang tidak sebentar.

Namun itu bukan berarti kita tidak bisa mengusahakan kesuksesan yang kita inginkan. Dalam hal ini kita hanya perlu membekali diri dengan berbagai kemampuan dan sifat yang bisa mendukung usaha kita tersebut.

Kunci sebuah kesuksesan sebenarnya tidaklah rumit dan sulit, sebenarnya yang sulit adalah bagaimana kita dapat menjalankan kunci sukses tersebut sampai cita-cita dan keinginan kita terwujud.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa mencapai kesuksesan yang kita idamkan? Ya, caranya adalah dengan berusaha sebaik mungkin untuk mewujudkan apa yang kita inginkan tersebut. 

Sederhananya, cara mencapai kesuksesan usaha adalah sabar dan memiliki tekad kuat dalam menjalankan usaha yang kita miliki.

Selain itu kita juga harus konsisten namun tetap fleksibel dalam mengelola usaha yang dimiliki. Jadi ada tiga prinsip yang bisa kita pegang dalam menjalankan semua usaha kita yaitu kesabaran, tekat kuat dan konsisten.

Agar lebih jelas mengani apa kaitan ketiga sifat tersebut dengan kesuksesan usaha mari kita bahas satu per satu secara lebih dalam.

A. Peran kesabaran dalam mencapai kesuksesan
Kesabaran memiliki peran yang sangat penting dalam menghantarkan seseorang kepada sebuah kesuksesan. Sebagai contoh, sebut saja Darwin yang menghabiskan sisa masa hidupnya untuk penelitian dan publikasi buku “Descen of Man” (1871) dan “The Expression of Emotion in Man and Animals” (1871).

Untuk mendapatkan kesuksesan pada hal yang di teliti ilmuwan tersebut mendedikasikan waktu yang tak sedikit dan jelas sekali bahwa kesabaran mengambil peran penting dalam hasil yang diperoleh. Begitu pun dengan kita, dalam mencapai kesuksesan usaha maka kita harus bersabar dalam melakukannya. 

Kita semua tahu, kesuksesan tidak datang dari langit tetapi harus diusahakan dan tidak ada yang tahu pasti kapan kesuksesan tersebut akan muncul di hadapan kita. Maka dari itu rasa sabar dalam mengusahakan nya tentu saja mutlak diperlukan.

Bahkan seorang trainer ternama Dale Carnegie memberikan nasehat yang cukup menggambarkan pentingnya kesabaran tersebut. Dalam sebuah bukunya ia memberikan nasehat kurang lebih seperti pada ilustrasi berikut. 

“Anggap saja kita adalah seorang penggali emas yang sedang mencari emas di suatu lokasi tambang emas. Untuk mendapatkan emas tersebut kita harus menggali tanah, pertama kita gali sedalam 5 meter namun belum ada tanda-tanda emas.

Kemudian kita gali lagi sampai 10 meter belum juga mendapatkan apa yang kita inginkan. Kita gali lagi sampai 15 meter dan di situ kita sudah mulai putus asa dan mulai berfikir bahwa di lokasi tersebut tidak ada emas. Kita masih mencoba bertahan, kita gali lagi sampai 20 meter lebih dan belum menemukan apa-apa. 

Sampai pada titik ini kita putus asa dan sudah kehilangan kesabaran sehingga akhirnya menyimpulkan bawah di sana tidak ada emas yang kita inginkan. Akhirnya kita pergi dan mencari lokasi yang baru. Padahal tidak ada yang tahu satu meter lagi di bawah tanah tersebut ada apa.

Dan setelah di tinggalkan ada orang lain yang menggali lagi tanah tersebut melanjutkan galian yang ada. Siapa sangka, hanya menggali 5 meter lagi orang lain tersebut mendapatkan bongkahan emas yang tak ternilai.

Coba saja kalau kita bersabar sedikit lagi dan terus menggali niscaya kita akan mendapatkan apa yang kita cari. Cerita ilustrasi di atas menggambarkan betapa pentingnya kesabaran dalam menjalankan sebuah usaha untuk meraih kesuksesan.

Kesabaran adalah salah satu bekal dan senjata ampuh yang akan membimbing dan mendampingi kita sampai pada tujuan yang diharapkan. Tanpa kesabaran yang cukup maka sangat sulit bagi kita untuk sampai pada titik sukses yang di harapkan.

B. Fungsi tekad dalam mencapai kesuksesan
Sifat kedua yang hendaknya kita miliki dalam meraih kesuksesan adalah tekad yang kuat untuk menggapai tujuan. Tekad ini akan berfungsi sebagai pendamping dalam menghilangkan sifat buruk yang akan menghalangi kita dalam berusaha misalnya rasa malas, frustrasi dan juga perasaan menyerah.

Dengan tekad yang kuat maka kita dapat mengembangkan motivasi, kekuatan dan juga ketabahan dalam menjalankan semua aktivitas usaha kita. Dengan begitu maka apa yang kita inginkan akan terus kita upayakan sampai kesuksesan berada di tangan.

Seseorang yang memiliki tekad kuat akan lebih mudah dan lebih mampu bertahan dalam berbagai keadaan sulit yang dilalui. Tekad kuat ini juga akan mendorong kita untuk terus aktif dan produktif dalam menghasilkan karya usaha yang berkualitas yang akan menjadi jalan sukses kita.

Tanpa tekad yang kuat maka kita akan lebih mudah menyerah, lebih mudah putus asa dan cenderung akan selalu tidak berdaya dalam banyak keadaan.

Sebagai seorang pelaku usaha hendaknya kita tanamkan dan tumbuhkan tekad yang kuat untuk mendampingi kesabaran yang sudah ada. Kita harus mampu membangun sebuah tekad yang akan menjadi motivasi dan pendorong kita dalam berusaha. 

C. Pentingnya konsisten dalam kesuksesan
Selain dua sifat dasar di atas, dalam menggapai kesuksesan kita juga harus konsisten. Konsisten sendiri adalah sifat tetap (tidak berubah-ubah); taat asas; ajek. Bisa juga dikatakan bahwa konsisten adalah selaras atau sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

Dalam kaitannya dengan usaha maka konsisten ini akan mengharuskan kita untuk tetap dalam jalur yang sudah kita tetapkan sebelumnya. Dengan begitu kita akan terus fokus pada jalan dan tujuan yang ingin dicapai. 

Dengan memiliki sifat konsisten ini maka kita tidak akan mudah terombang-ambing dan tidak mudah berubah arah dan terpengaruh lingkungan. Sebagai contoh saat kita ingin sukses menjadi pengusaha properti maka kita harus teguh dalam menjalankan usaha properti tersebut.

Jangan sampai kita mudah goyah dan terpengaruh orang lain misalnya melihat orang sukses jual gorengan lantas kita ingin ikutan dan melupakan tujuan awal yang sedang dijalankan.

Jika seorang pelaku usaha tidak konsisten maka ia akan selalu terombang-ambing dalam ketidakpastian yang ada. Melihat ini bagus maka akan ikut, melihat itu bagus maka akan ikut, begitu seterusnya dan akan sangat sulit mencapai titik temu kesuksesan.

Begitulah sedikit gambaran mengenai Cara Sederhana Mencapai Kesuksesan Usaha yang bisa kita lakukan.

Berbekal beberapa sifat tersebut maka perencanaan dan aktivitas usaha yang kita jalankan akan lebih memiliki kekuatan untuk sampai pada puncak harapan yang di inginkan. Itu saja pembahasan tips wirausaha kali ini, mudah-mudahan berkenan dan bermanfaat bagi kita semua.

Cara Sederhana Mencapai Kesuksesan Usaha Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko