Friday, October 14, 2016

Prospek Usaha Ternak Bebek Menjanjikan untung Besar

Analisis Peluang Sukses Usaha Ternak Bebek - Yang namanya telur bebek kan memang lebih mahal dari telur ayam bukan? Lalu, apa itu berarti usaha ternak bebek lebih baik dari usaha ayam petelur tadi, belum tentu. Kadang bisa lebih baik, kadang juga bisa lebih buruk, tergantung situasi dan kondisi.

Analisis Usaha Ternak Bebek
Daftar ide usaha sukses untung besar
Ada banyak faktor yang berpengaruh terhadap sebuah usaha, termasuk usaha peternakan sekalipun. Maka dari itu wajib bagi pelaku usaha untuk menelusuri lebih jauh bagaimana potensi dari usaha yang akan dijalankan. Anda yang berniat memilih usaha ini sebaiknya diteliti dulu lebih jauh agar tidak gegabah.

Siapa bilang jenis usaha peternakan bebek tidak memiliki peluang yang cukup bagus, buktinya sudah banyak yang mendapatkan kesuksesan dari peternakan ini. Seperti kita tahu, usaha ini peluangnya bagus karena produk peternakan yang bisa dihasilkan.

Bukan hanya dari telur saja melainkan dari dagingnya juga. Jadi, apakah anda berminat untuk mencoba bisnis di bidang ternak bebek tersebut? Kalau benar, anda perlu melakukan analisa terlebih dahulu mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan usaha ini.

Secara sederhana kita dapat melihat bagus tidaknya usaha ini dari harga jual produk yang dihasilkan dan juga dari tinggi rendahnya permintaan produk di masyarakat. Dengan melihat dua hal tersebut kita bisa melihat perhitungan kasar mengenai prospek usaha ini.

Baru setelah itu kita bisa melakukan analisa yang lebih detail dan menyeluruh terhadap segala aspek yang berkaitan. Kita akan melakukan analisa ini untuk merumuskan rencana yang matang sebelum kita memulai terjun dalam usaha peternakan tersebut. Jangan sampai kita menjalankan usaha ini secara serampangan tanpa perencanaan.

Lalu apa saja yang sebaiknya masuk dalam analisa usaha ternak bebek tersebut? Tentu saja kita bebas melakukan analisa apa saja yang menurut kita sesuai dan patut untuk kita lakukan.

Semua terserah kita, yang terpenting adalah analisa ini akan meliputi berbagai hal yang berkaitan erat dengan peluang atau prospek usaha ini. Jadi yang akan kita analisa adalah berbagai faktor penting dalam menjalankan ternak bebek.

1. Peluang Usaha Ternak Bebek

Secara umum peluang untuk usaha ternak bebek memang masih bagus untuk dijalankan. Bisa kita lihat, di pasaran atau di masyarakat kebutuhan akan telur bebek masih cukup tinggi belum lagi jika ditambah dengan kebutuhan dagingnya.

Kalau dilihat dari sisi permintaan memang usaha ini masih lumayan menjanjikan namun bagaimana jika di tinjau dari sisi lain, apakah masih menjanjikan?

Itulah yang akan kita lakukan pertama, kita akan melakukan analisa seperapa jauh peluang atau potensi yang dimiliki jenis usaha ini. Dalam hal ini kita akan menganalisa dan mempertimbangkan beberapa hal pokok sebagai berikut.

a. Banyak sedikitnya permintaan pasar
Dasar yang akan menjadi pondasi sebuah kesuksesan usaha adalah permintaan pasar atau konsumen yang membutuhkan produk yang dihasilkan. Maka dari itu wajar jika analisa mengenai permintaan pasar ditempatkan pada pertimbangan pertama yang harus di analisa.

Seperti kita tahu, semakin banyak kebutuhan konsumen maka akan semakin tinggi peluang yang dimiliki. Demikian pun sebaliknya, semakin rendah permintaan maka akan semakin kecil peluang sukses yang akan didapatkan.

Dalam melakukan analisa terhadap permintaan pasar ini sebaiknya kita juga menganalisa bukan hanya dari sisi jumlah saja melainkan juga dari sisi tingkat kebutuhan dari waktu ke waktu. Jika kita ingin memulai usaha ini.

Maka kita sebaiknya tahu seberapa besar kebutuhan masyarakat dan seberapa sering produk di butuhkan. Dengan begitu kita akan mengetahui lebih jelas gambaran konsumen produktif yang akan kita peroleh.

b. Lokasi, kondisi lingkungan dan keahlian kita
Perhitungkan juga mengenai lokasi, kondisi lingkungan dan juga kemampuan kita dalam mengelola usaha ini. Kalau kita tidak memiliki skill atau kemampuan maka akan sangat beresiko jika kita membuka usaha ini.

Jika lokasi dan  kondisi lingkungan tidak mendukung maka kemungkinan kegagalan juga akan lebih tinggi. Hal ini mengingat ternak bebek membutuhkan lokasi yang bisa menyediakan pakan alami yang dibutuhkan oleh bebek sebagai alternatif bahan pakan yang akan digunakan.

Selain itu lokasi dan lingkungan peternakan juga harus mendukung kebiasaan hidup bebek misalnya jauh dari pemukiman, tenang, sehat dan lain sebagainya.

Jika tidak dibarengi dengan hal tersebut maka besarnya peluang akan tergerus oleh kekurangan dukungan dari tempat usaha yang dipilih. Jangan sampai kita menjalankan usaha ini di lokasi yang tidak cocok apalagi dilokasi yang tidak sehat.

c. Hambatan, kendala dan persaingan
Pelajari dan pertimbangkan juga mengenai hambatan, kendala dan persaingan yang sudah ada di masyarakat. Hal ini penting untuk memberikan antisipasi atas apa yang akan kita hadapi dalam menjalankan kegiatan usaha ternak bebek tersebut.

Dengan menganalisa hambatan, kendala dan persaingan maka kita bisa mempersiapkan diri dan merumuskan perencanaan serta strategi pencegahan dan penanganan masalah yang mungkin timbul di kemudian hari.

Ada banyak keuntungan jika kita bisa mengidentifikasi berbagai hal tersebut. Maka dari itu lebih baik di awal kita mempelajari dan mempertimbangkan pula masalah hambatan, kendala dan persaingan tersebut.

d. Komponen pendukung usaha lain
Apakah lokasi yang dipilih bisa menyediakan kebutuhan pakan yang cukup, apakah sarana transportasinya memadai, apakah sarana dan prasarana lain bisa disiapkan dengan maksimal, semua komponen tersebut juga harus kita pertimbangkan keberadaannya.

Di awal waktu dalam meneliti prospek usaha kita sebaiknya melakukan analisa secara menyeluruh bukan hanya dari sisi produksi melainkan dari sisi lain misalnya sarana, sistem pemasaran dan lain sebagainya.

Dengan analisa yang menyeluruh maka diharapkan kita dapat menyusun rencana yang baik, objektif dan bisa membawa kesuksesan pada usaha yang kita pilih.

2. Tips Sukses Usaha Ternak Bebek

Persiapan terbaik untuk menjalankan usaha ini adalah dengan belajar dari mereka yang sukses dalam menjalankan usaha ini. Namun hal itu tentu saja tidak mudah dan tidak gratis.

Maka dari itu tidak ada salahnya jika kita membekali diri kita dengan berbagai pengetahuan pendukung yang kita butuhkan untuk menjalankan usaha ini. Penulis dalam hal ini admin situs tidak bisa berbagi terlalu banyak

tetapi setidaknya ada beberapa hal penting yang bisa kita garis bawahi berkaitan dengan usaha ini. Ada beberapa tips yang bisa kita terapkan dalam mengawali atau membuka usaha ini. Tips sukses usaha ternak bebek tersebut antara lain sebagai berikut, mari kita pelajari bersama-sama.

1. Pelajari cara ternak bebek sukses
2. Lakukan pemeliharaan yang baik dan benar
3. Lakukan kerjasama
4. Perluas jaringan
5. Tetapkan harga jual yang tidak terlalu tinggi

Belajar adalah hal mutlak yang harus dilakukan jika kita ingin menggapai kesuksesan apapun jenis usaha yang akan kita jalankan. Singkat saja, semoga Analisis Usaha Ternak Bebek ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Salam sukses usaha!

Prospek Usaha Ternak Bebek Menjanjikan untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko