Saturday, October 15, 2016

Peluang Usaha Budidaya Jahe Merah Menjanjikan

Usaha yang sukses itu bisa dibidang apa saja, tak terkecuali dengan bidang pertanian. Sebagai contoh budidaya tanaman obat atau bumbu masak seperti jahe. Meski terlihat sederhana tetapi jahe terus saja dibutuhkan dalam kehidupan, benar tidak?

Apakah Peluang Usaha Budidaya Jahe Merah Menjanjikan?

Meski begitu, lebih baik dipelajari dulu bagaimana potensi untuk usaha seperti ini. Jangan asal pilih tanpa ada analisa dan persiapan. Karena untuk sukses dalam usaha tanaman seperti ini bukan hanya harus bisa mendapatkan panen melimpah tetapi harus tahu kebutuhan pasar dan harga, benar tidak?

Kira-kira bagaimana peluang usaha budidaya jahe merah, apakah cukup bagus? Jahe adalah salah satu produk pertanian yang harga jual-nya cukup lumayan yaitu berkisar antara harga Rp. 15.000,- sampai Rp. 25.000,- Maka dari itu usaha budidaya ini merupakan salah satu pilihan yang masih memiliki potensi yang cukup baik. 

Jahe merah sendiri sudah banyak dikenal memiliki banyak manfaat. Biasanya jahe merah ini akan digunakan sebagai salah satu bahan obat tradisional.

Maka dari itu kebutuhan jahe merah di pasaran juga bisa terukur. Bahkan produk pertanian ini tentunya juga tidak hanya dibutuhkan untuk kebutuhan lokal, bahkan manca negara pun banyak membutuhkannya.

Tentu tidak se-gampang itu menyimpulkan bahwa peluang usaha budidaya jahe merah ini bagus. Harus ada analisa yang lebih jauh mengenai aspek usaha yang berkaitan. Nah, berikut akan kita bahas satu persatu beberapa faktor yang bisa menjawab kenapa peluang usaha ini bisa dikatakan bagus.

1) Harga jual yang relatif tinggi
Hal pertama yang paling menarik untuk dibahas tentunya mengenai masalah harga jual. Pasti kita semua inginnya mempunyai usaha yang harga jual produknya tinggi bukan? Begitu pun dengan usaha bertanam jahe merah tersebut.

Masalah harga, hasil budidaya jahe merah ini memiliki harga jual yang relatif tinggi. Seperti telah disebutkan di awal, jahe merah dipasaran harganya berkisar antara 15 ribu sampai 25 ribu.

Harga tentu berbeda antara harga jika kita jual dan jika kita beli.. Harga tersebut merupakan kisaran harga yang ada di pengepul yang menampung jahe dari petani. Jadi dari situ saja kita bisa mengukur bagaimana tingkat peluang yang dimiliki oleh usaha di bidang pertanian ini. 

Saat ini, harga tersebut memang lebih rendah dari harga yang pernah ada beberapa tahun lalu. Namun begitu harga kisaran tersebut masih bisa dikatakan bagus apalagi jika dibandingkan dengan produk pertanian lainnya.

2) Cara budidaya yang relatif mudah
Yang membuat usaha ini dikatakan baik tidak hanya masalah harga, tetapi juga mengenai cara membudidayakan tanaman ini. Tanaman jahe merah ini dikenal relatif mudah untuk dibudidayakan.

Penanaman atau budidaya tanaman jahe ini juga tidak berbeda dengan jenis jahe lain. Secara umum proses budidaya tanaman ini dapat dilakukan dengan mudah. Bahkan tanaman ini bisa dibudidayakan hanya dalam polybag saja.

Tidak lebih dari menyiapkan media tanam, memberikan pupuk yang sesuai dan melakukan pemeliharaan dari hama layaknya tanaman lain. Dengan begitu tidak akan terlalu banyak masalah yang timbul dalam proses tersebut.

Dengan mudahnya proses penanaman dan pemeliharaan sudah tentu hal ini meningkatkan peluang keberhasilan penanaman. Dengan begitu peluang untuk mendapatkan hasil yang diharapkan dengan menanam jahe merah juga akan lebih baik lagi.

3) Kebutuhan yang relatif tinggi
Di atas telah disinggung bahwa produk atau hasil panen tanaman ini banyak dibutuhkan oleh industri pendukung, sebut saja misalnya industri obat herbal.

Dengan begitu maka kebutuhan untuk jahe merah berkualitas ini tentu lebih tinggi jika dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat umum. Ini tentu menjadikan usaha budidaya ini memiliki potensi yang lebih besar untuk ditekuni.

Belum lagi jika bisa membidik pasar yang lebih luas. Misalnya dengan menjual produk ini ke daerah lain yang banyak membutuhkan. Atau bisa juga dengan menarget pasar internasional dengan cara ekspor.

4) Biaya yang relatif rendah
Yang menarik dengan usaha ini juga bisa dilihat dari sisi biaya yang dibutuhkan. Untuk menanam jahe merah sampai panen biaya atau modal yang dibutuhkan relatif sedikit. Dari situ maka jika hendak memulai usaha ini kita tidak perlu menghadapi masalah permodalan.

Modal yang sedikit atau kecil tentu juga akan mengurangi tingkat resiko yang dimiliki. Mengingat jika terjadi masalah misalnya gagal panen kita tidak akan terlalu takut akan langsung bangkrut.

Bahkan dengan kebutuhan modal yang kecil tersebut petani jahe merah akan lebih mudah untuk mengembangkan lahan pertaniannya lebih luas.

5) Persaingan yang tidak begitu ketat
Selain beberapa hal di atas, bagusnya peluang usaha budidaya jahe merah ini juga didukung dengan adanya persaingan yang belum begitu ketat. Saat ini baru hanya ada beberapa daerah saja yang sudah menjadi sentra penghasil tanaman jahe merah.

Dengan sedikitnya persaingan maka kita tidak perlu khawatir jika suatu saat terjadi kelebihan pasokan yang mengakibatkan turunnya harga jual. Jika kebutuhan lebih banyak dari ketersediaan barang maka sudah pasti harga akan terjaga pada level yang menguntungkan petani.

Dengan begitu, petani jahe merah bisa melenggang dan berusaha terus untuk memajukan hasil usaha tersebut. Meski dikatakan memiliki potensi yang lumayan namun tetap perlu kajian yang menyeluruh sebelum memutuskan untuk memulai usaha ini.

Salah satunya misalnya dengan melakukan analisis swot untuk mengetahui berbagai kelebihan, kelemahan dan juga berbagai hambatan usaha yang akan dihadapi. Sebagai contoh, perlu diketahui bahwa hal yang paling banyak menjadi hambatan untuk usaha ini saat ini adalah mengenai pemasaran. 

Hal ini karena belum begitu terkenalnya usaha ini di daerah lain maka kadang sedikit susah untuk menjual hasil panen jahe merah yang di dapat. Namun untuk masalah ini kita bisa mencari pengepul yang bisa menampung semua hasil budidaya yang didapatkan.

Selain itu masalah kualitas jahe merah juga harus dipertimbangkan dengan baik. Hal ini karena kualitas jahe merah tersebut akan sangat menentukan harga jual nantinya. Dalam hal ini jahe merah yang berkualitas banyak yang dibutuhkan bebas dari pestisida dan ditanam secara alami.

Itulah tadi sedikit tentang informasi mengenai gambaran prospek bisnis pertanian jahe merah. Semoga bisa menjadi tambahan informasi dan inspirasi bagi kita semua yang sedang mencari ide-ide usaha pertanian dengan modal kecil yang bisa menjanjikan kesuksesan. 

Peluang Usaha Budidaya Jahe Merah Menjanjikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko