Thursday, October 13, 2016

Kunci Sukses Usaha bagi Pemula Agar jadi Jutawan

Kunci Sukses Usaha bagi Seorang Pemula - Mohon maklum, namanya juga pemula atau masih awal menjalani sebagai wirausaha jadi masih banyak yang belum tahu. Itu tidak penting sebenarnya, yang terpenting adalah kemauan dan tekat untuk sukses dari usaha yang akan dijalankan.

Kunci Sukses Usaha bagi Pemula
Langkah memulai bisnis yang sukses
Semua orang sukses juga awalnya dari pemula, tapi tentu proses-nya tidak cepat dan mudah. Ada banyak hal yang harus dipelajari oleh pemula agar bisa menjadi pribadi sukses yang memiliki usaha sukses dengan hasil memuaskan. Lalu, apa saja kira-kira yang berpengaruh terhadap kesuksesan seorang pemula?

Sebenarnya bekal apa yang harus kita miliki agar bisa menjadi seorang wirausaha yang sukses? Kalau berbicara mengenai bekal untuk usaha ya tentu saja banyak dan semuanya memiliki peran masing-masing.

Tapi ada beberapa yang dianggap merupakan kunci sukses usaha bagi pemula yang tentunya memiliki peranan yang sangat penting dalam usaha tersebut. Berikut ini kita akan membahas beberapa bekal kemampuan tersebut secara lebih rinci agar kita mampu memaksimalkan apa yang sedang kita rintis.

Modal yang paling banyak memberikan pengaruh terhadap kesuksesan sebuah usaha sebenarnya adalah diri kita sendiri atau pelaku usaha itu sendiri.

Kenapa bisa demikian? Tentu saja, apapun yang ada, yang kita miliki sebagai modal akan bisa menghasilkan atau bahkan sebaliknya habis tanpa sisa tergantung bagaimana kita mengelolanya.

Maka dari itu kemampuan individu sebagai pelaku usaha adalah kunci sukses utama yang harus benar-benar diperhatikan. Kemampuan atau keahlian yang merupakan kunci sukses tersebut yaitu antara lain sebagai berikut:

1) Kemampuan bertahan
2) Kemauan menabung
3) Keahlian membaca peluang

Ketiga kemampuan dasar individu tersebut merupakan kemampuan yang banyak sekali memberikan pengaruh terhadap bagaimana kita menjalankan sebuah usaha.

Tanpa berbekal dengan tiga kemampuan pribadi wirausaha tersebut maka kita akan sangat sulit untuk bisa menempuh jalan penuh kesuksesan. Kenapa bisa demikian?

1. Kemampuan bertahan

Kita tentunya tahu bahwa usaha sukses tidak dapat diraih dalam waktu singkat bukan? Nah, dalam masa menuju kesuksesan tersebut ada banyak hal yang harus kita hadapi.

Kita bisa mendapatkan banyak kesulitan, kepusingan dan bahkan kegagalan, kemampuan kita dalam bertahan inilah yang akan menyelamatkan kita dan menjamin kita bisa mencapai kesuksesan.

Tanpa kemampuan bertahan maka sudah bisa dipastikan bahwa kita akan segera jatuh, berhenti dan menyerah dalam  menggapai tujuan. Lalu dari mana kita bisa mendapatkan kemampuan ini?

Kemampuan ini tentu bisa kita dapatkan dari kualitas sifat dan sikap yang ada dalam diri kita. Kemampuan ini bisa didukung dengan sifat sabar, pantang menyerah dan kemampuan untuk memandang semua hal dengan positif.

Kemampuan ini sangat penting, coba bayangkan jika kita tidak memiliki kemampuan untuk bertahan, menghadapi satu masalah saja mungkin kita akan menyerah apalagi menghadapi sebuah kegagalan yang rasanya begitu pahit.

2. Kemauan menabung

Tak ada kemandirian finansial yang bisa diperoleh tanpa pengelolaan yang baik, salah satunya dengan cara menyisihkan sebagian pendapatan untuk di tabung. Menabung ini menjadi salah satu kunci sukses usaha bagi pemula yang sedang kita jalankan karena tabungan akan memberikan begitu banyak manfaat.

Manfaat menabung yang paling sederhana adalah perasaan aman, nyaman dan tentram karena kita memiliki sesuatu yang bebas sewaktu-waktu kita gunakan untuk kebutuhan apapun. Perasaan tersebut tentu akan mendukung kita dalam melaksanakan semua pekerjaan dengan maksimal.

Itu yang paling sederhana. Tabungan juga dapat dijadikan sebagai sumber modal tambahan jika diperlukan untuk mengembangkan usaha atau bahkan untuk menutupi kekurangan yang sedang terjadi, penting bukan?

Jika ingin sukses usaha maka mulai dari detik ini juga kita harus fokus dan disiplin dalam mengelola keuangan dan juga menabung. Semakin besar yang bisa kita sisihkan maka akan semakin baik dan semakin konsisten kita menabung maka akan semakin baik.

Perlu juga kita ingat bahwa ada rasio sehat untuk jumlah tabungan yang bisa kita sisihkan dari penghasilan yang di dapat.

3. Keahlian membaca peluang

Dunia usaha merupakan dunia yang terus berkembang dari waktu ke waktu, jenis usaha dan produk yang sekarang menjanjikan belum tentu akan bisa selamanya bertahan seperti itu.

Maka dari itu salah satu kemampuan yang kita perlukan sebagai pemula adalah kemampuan atau keahlian dalam membaca peluang yang ada di tengah dunia usaha yang semakin ketat.

Kemampuan dalam memahami peluang usaha sangatlah penting untuk mendukung kemajuan usaha yang dijalankan. Kemampuan tersebut termasuk kemampuan dalam membaca peluang atas produk usaha yang sedang kita jalankan ke depannya maupun usaha baru lain yang sedang berkembang dan di butuhkan masyarakat.

Kemampuan ini juga bukan hanya meliputi dalam sisi peluang usaha saja melainkan peluang lainnya misalnya peluang sistem pemasaran yang bagus dan sebagainya.

Demikian sedikit gambaran mengenai Kunci Sukses Usaha bagi Pemula yang bisa kita pertimbangkan. Mudah-mudahan bisa menjadi sumber inspirasi dan bahan renungan serta pertimbangan bagi kita yang ingin mulai menjadi seorang pelaku usaha.

Untuk melengkapi pengetahuan kita mengenai pengelolaan usaha jangan lupa simak juga beberapa artikel usaha lainnya di bagian bawah.

Kunci Sukses Usaha bagi Pemula Agar jadi Jutawan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko