Friday, October 28, 2016

Tips Ampuh Mempromosikan Usaha Agar Cepat Maju

Bagaimana sebenarnya cara mempromosikan usaha yang benar dan efektif dan langsung meningkatkan penjualan? Waduh, kalau yang satu ini termasuk pembahasan yang berat. Pasalnya kalau kita berbicara mengenai promosi maka harus melibatkan ahli-nya.

Namun begitu, sebagai pelaku usaha kita juga bisa mempelajari berbagai kiat dan tips dalam melakukan promosi untuk usaha kita. Kita usahakan dengan anggaran sebesar apapun sistem promosi yang dilakukan bisa efektif dan tepat sasaran.

Seperti kita tahu, promosi merupakan kegiatan yang menjadi ujung tombak yang akan menunjang tercapainya tujuan penjualan yang diinginkan. Tanpa promosi, sangat sulit untuk menembus pasar yang kompetitif.

Promosi ini umumnya dilakukan oleh pelaku usaha pemula dengan sangat serampangan tanpa ada kejelasan ide dan gagasan yang digunakan. Bahkan promosi yang dilakukan justru cenderung hanya membebani keuangan saja.

Sebagai pelaku usaha maka sudah sepatutnya kita belajar bagaimana cara promosi usaha kita tersebut. Kita bisa belajar dari berbagai literatur bagaimana sebaiknya cara promosi yang bagus. 

Kita bisa belajar dari pengalaman pengusaha sukses lain atau belajar berbagai tips promosi agar cepat maju. Berbagai usaha tersebut hendaknya kita lakukan dengan sebaik mungkin agar produk yang kita hasilkan dapat terserap dengan baik.

Pengalaman adalah guru yang paling berharga, namun jika kita bisa tidak perlu mengalami pengalaman pahit kenapa tidak? 

Maka dari itu kita bisa belajar dan mempertimbangkan beberapa tips ampuh mempromosikan usaha seperti di bawah ini. Tapi sebelum itu, sebuah promosi hendaknya juga dibekali dengan persiapan yang matang sebagai berikut.

1. Menjalankan segmentasi pasar yang jelas
Persiapan promosi yang pertama sebaiknya dilakukan adalah menjalankan segmentasi pasar yang jelas. Perlu diketahui bahwa dalam merancang suatu produk, sebuah usaha hendaknya menjalankan segmentasi pasar. 

Cara ini yang juga dilakukan usaha-usaha sukses dalam mempersiapkan produknya. Sebuah produk atau jasa, harus membidik pasar tertentu agar manfaat dari sebuah produk bisa maksimal dirasakan konsumen. Sebab, tiap market punya kebutuhan yang berbeda. 

Dengan melakukan segmentasi pasar, usaha kecil menengah bisa lebih mengoptimalkan setiap produk yang dikeluarkannya. Sederhananya, segmentasi pasar ini adalah pilihan calon konsumen yang akan dibidik dengan produk yang dihasilkan. 

Jadi sasaran dari produk yang akan kita buat harus jelas yaitu kepada siapa produk tersebut akan dijual. Dengan segmentasi pasar yang jelas maka produk yang dihasilkan bisa benar-benar sesuai dengan pasar tersebut.

2. Menjadi pemimpin pasar
Pada suatu tahap dimana penjualan sudah berjalan dengan lancar biasanya pelaku usaha banyak yang cenderung pasif. Hal ini karena ada perasaan aman dan puas yang berlebihan sehingga mengurangi gencarnya aktivitas usaha yang sebaiknya tetap dilakukan. 

Padahal untuk menjadikan usaha kita tersebut terus maju, berkembang dan sukses kita masih perlu untuk menjadi pemimpin pasar. Ini mungkin sering dilupakan oleh usaha kecil menengah. 

Padahal, untuk melakukan lompatan yang lebih besar, pelaku usaha harus tetap bekerja lebih keras agar bisa menjadi pemimpin pasar. Terlena dengan kenyamanan yang sudah dirasakan bisa menjadi blunder besar bagi sebuah usaha. Sebab situasi bisnis tidak berhenti berubah.

3. Kerjasama antar usaha kecil menengah
Kerja sama mutlak diperlukan untuk menumbuhkan usaha ke arah yang lebih besar. Melakukan kerjasama dengan sesama pelaku usaha kecil menengah perlu juga dilakukan agar bisa saling memperkuat usaha. 

Misalnya bisa dibuat paket promosi bersama yang bisa saling menguntungkan kedua usaha. Dengan melakukan persiapan-persiapan di atas maka pelaku usaha bisa memaksimalkan promosi yang dilakukan untuk mengembangkan usahanya ke arah yang lebih besar. 

Setelah itu kita bisa mempromosikan usaha seperti saat awal membuka usaha yaitu dengan aktif dan gencar. Media promosi yang bisa digunakan tentu saja bermacam-macam. Kita bisa memanfaatkan media promosi konvensional dan juga mengoptimalkan penjualan dengan media promosi terbaru. 

Sebagai contoh, untuk mempromosikan usaha agar cepat maju kita bisa menggunakan promosi melalui internet. Karena seperti kita tahu perkembangan dunia online sangat membantu dalam menjangkau konsumen yang lebih luas.

Dengan menggunakan media promosi usaha melalui internet maka kita bisa membidik pasar yang lebih luas dari berbagai daerah bahkan dari negara lain. Untuk promosi online melalui internet kita bisa membuat situs jual beli (online shop), promosi menggunakan media pemasaran online dan seterusnya.

Demikianlah sedikit tips dan kita untuk gambaran mempromosikan usaha agar cepat maju kali ini. Semoga bisa menjadi sumber inspirasi dan ide dalam memajukan usaha kita ke arah lebih baik. Jangan lupa baca tips sukses usaha lainnya yang sudah disiapkan dibagian akhir. Itu saja, semoga bermanfaat!

Tips Ampuh Mempromosikan Usaha Agar Cepat Maju Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko