Wednesday, October 26, 2016

Potensi Usaha Budidaya Perkebunan Mangga Hasil Melimpah

Meski masih kalah dengan kebutuhan sembako tetapi buah-buahan juga kebutuhannya cukup besar. Begitu juga dengan buah mangga yang juga banyak disukai oleh masyarakat. Lalu, jika kita membuka perkebunan mangga apakah bisa memberikan hasil atau keuntungan yang memadai?


Disini tentu perlu dilakukan kajian atau analisa mendalam sebelum memutuskan untuk bergerak di bidang budidaya mangga. Hal itu karena potensi dan peluang yang dimiliki sebuah bisnis atau pun usaha dipengaruhi oleh banyak faktor.

Sebelum memutuskan untuk menanam mangga kita tentu harus tahu terlebih dahulu bagaimana peluang usaha budidaya mangga tersebut. Harus ada kepastian apakah usaha budidaya pertanian ini bagus untuk dijalankan atau tidak.

Karena itu sebaiknya kita melakukan analisa atau analisis lebih detail mengenai usaha yang akan dipilih itu. Tanpa mengetahui dan memiliki gambaran mengenai prospek-nya ke depan maka sama saja kita berjalan di kegelapan.

Apakah buah mangga banyak disukai masyarakat? Ya, mangga merupakan salah satu buah yang banyak diminati. Meski kalah tenar dengan apel dan angur namun mangga merupakan salah satu komiditi pertanian yang banyak disukai karena harganya yang tidak terlalu mahal.

Secara umum, budidaya ini sendiri merupakan salah satu budidaya pertanian yang punya prospek bagus untuk ditekuni. Jika dilihat dari harga jual yang ada di pasaran, buah mangga ini memiliki potensi untuk memberikan pendapatan yang lumayan.

Harga mangga sendiri di pasaran berkisar antara Rp. 15.000,- sampai Rp. 20.000,- tergantung jenis mangganya. Dengan harga kisaran tersebut maka wajar jika produk hasil bumi ini bisa menjadi pilihan untuk usaha di bidang budidaya tanaman buah.

Sederhananya saja begini, jika memang tidak menghasilkan lalu kenapa masih ada orang yang menanam pohon mangga untuk dijual buahnya? Tapi tentu saja untuk melihat lebih jelas gambaran usaha ini tidaklah segampang dan sesederhana itu.

Harus ada pengkajian yang menyeluruh dari berbagai aspek usaha yang berkaitan. Misalnya saja, harus dicari tahu bagaimana tingkat kebutuhan pasar, bagaimana proses budidaya tanaman mangga, kelangsungan usahanya ke depan dan seterusnya.

Dalam mencari tahu prospek usaha ini memang banyak yang harus dikaji. Sebut saja misalnya masalah modal usaha yang dibutuhkan.

Kita hendaknya tahu berapa banyak modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini. Selain itu harus dipelajari juga tentang hal-hal teknis proses budidaya mulai dengan bagaimana lahannya, bagaimana proses penanaman sampai berbuah dan seterusnya.

Selain itu perlu diketahui juga mengenai masa panen mulai dari umur berapa tanaman mangga bisa berbuah untuk pertama kali dan seterusnya. Menurut penulis pribadi, usaha budidaya mangga memang peluangnya bagus namun lebih cocok dijadikan usaha sampingan mengingat modal yang dibutuhkan cukup besar.

Selain itu tanaman ini membutuhkan waktu lama sampai bisa berbuah yaitu sekitar umur 5 tahun dari penanaman. Selama masa pertumbuhan tanaman mangga jelas tidak bisa memberikan hasil apapun tetapi hanya membutuhkan modal.

Nah, secara ringkas, untuk mengetahui lebih jauh bagaimana peluang usaha budidaya tanaman mangga ada beberapa hal yang berhubungan dengan peluang tersebut dan sebaiknya dikaji yaitu sebagai berikut!

1) Kondisi lahan penanaman
2) Kondisi cuaca dan iklim
3) Iklim persaingan di pasar
4) Ketersediaan kemampuan dan skill

Kondisi lahan jelas mempengaruhi bagaimana peluang usaha ini. Tidak semua lahan bagus untuk menanam pohon mangga. Lahan harus sesuai dengan syarat tumbuh tanaman. Jadi dilahan yang tidak mendukung usaha ini kurang menjanjikan atau bahkan tidak akan memiliki peluang sukses.

Cuaca dan iklim juga menjadi syarat tumbuh dari pohon mangga yang akan dibudidayakan. Maka perlu kita lihat apakah lahan yang kita pilih sesuai atau tidak.

Jika sesuai maka peluangnya ada dan sebaliknya. Selain itu keadaan pasar juga akan berpengaruh terhadap prospek yang ada. Kalau pasar sudah penuh dengan persaingan maka akan lebih susah untuk bersaing.

Keahlian dan kemampuan kita dalam membudidayakan tanaman mangga juga mendukung peluang yang dimiliki. Jika tidak memiliki ilmu cara menanam mangga yang benar dan menghasilkan maka susah untuk membuat usaha budidaya mangga sukses.

Mungkin pembahasan ini tidak banyak menghasilkan kesimpulan yang berarti. Namun setidaknya mudah-mudahan apa yang sudah disampaikan bisa menjadi tambahan bahan kajian kita semua yang berniat membudidayakan mangga.

Jangan lupa, lakukan kajian dan analisa mendalam mengenai berbagai aspek yang ada untuk mengukur seberapa besar prospek atau peluang yang dimiliki usaha ini. Itu saja, salam sukses!

Potensi Usaha Budidaya Perkebunan Mangga Hasil Melimpah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko