Saturday, October 29, 2016

Tips Ampuh Meningkatkan Omset Penjualan Berkali Lipat

Ada cara meningkatkan omset penjualan usaha yang ampuh dan mudah? Kalau cara yang instan tentu saja tidak ada. Kalau ingin penjualan memenuhi target yang diharapkan maka harus kerja keras di semua lini usaha. Termasuk didalamnya kerja keras di bagian penjualan atau pemasaran produk.



Meski tidak ada yang mudah tetapi pelaku usaha harus tetap berkreasi dan maju. Dalam hal meningkatkan penjualan maka beberapa bagian mungkin perlu dibenahi. Yang utama misalnya yang berkaitan dengan kegiatan periklanan atau promosi.

Sebelumnya kita telah membahas mengenai beberapa tips dalam mempromosikan usaha kita agar cepat maju. Yang akan kita bahas berikut ini masih berhubungan dengan kegiatan promosi yang sudah kita bahas tadi.

Yang akan kita bicarakan kali ini adalah berkaitan dengan tips merumuskan materi promosi yang bagus agar bisa meningkatkan omset penjualan yang diinginkan. Hal yang akan kita bahas ini merupakan salah satu strategi promosi menjanjikan yang akan membuat omzet penjualan meningkat tajam.

Tidak ada jaminan jika cara ampuh meningkatkan omset penjualan ini dilakukan kita akan langsung sukses namun tips dan cara berikut memang terbukti dalam meningkatkan penjualan berbagai produk usaha yang dimiliki. 

Lalu sebenarnya apa yang harus kita lakukan untuk meningkatkan penjualan produk usaha kita? Secara garis besar, cara yang bisa kita lakukan adalah dengan memaksimalkan promosi yang sudah kita lakukan. 

Caranya yaitu dengan lebih memperhatikan aspek headline pada media promosi yang kita gunakan. Kita dapat melakukan hal tersebut dengan cara menggunakan headline yang bombastis atau sensasional dan menggunakan headline dengan konsep show me the money. Selengkapnya mengenai kedua hal tersebut dijelaskan di bawah ini.

1) Headline yang sensasional
Jika kita telah melakukan promosi usaha secara aktif dan bahkan massiv namun tidak ada peningkatan penjualan yang signifikan maka sebaiknya kita perhatikan lagi bagaimana kalimat promosi yang digunakan sebagai contoh pada pemakaian headline promosi. 

Perlu diketahui, promosi yang sukses biasanya menggunakan headline yang sensasional, yang bombastis dan berbeda dari kebanyakan headline lain. Lalu, apakah promosi yang kita lakukan sudah seperti itu? Mari kita perhatikan contoh headline berikut.

Contoh Headline
Jasa Toko Online Profesional dengan Harga Murah

Contoh Headline Sensasional
Meningkatkan Penjualan Anda Dalam 30 Hari Melalui Toko Online. Dijamin naik Hingga 31.500%. Jika Tidak, Uang Kembali 100%

Mari kita cermati kedua contoh headline di atas dengan baik. Mari kita analisa diantara kedua headline promosi di atas manakah yang lebih menarik bagi pembaca? Dari kedua contoh di atas dapat diketahui bahwa headline kedua lebih menarik untuk diketahui oleh pembaca jika dibandingkan dengan yang pertama.

Di contoh pertama hanya ada dua informasi penting yang disampaikan yaitu profesional dan harga murah. Berbeda dengan contoh pertama, pada headline kedua setidaknya ada beberapa hal menarik yang bisa diketahui yaitu perihal waktu, perihal gambaran hasil, dan perihal jaminan keberhasilan. 

Tentu saja jika dibandingkan, headline kedua lebih sensasional dan bisa menarik konsumen jika dibandingkan dengan yang pertama.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa materi iklan atau materi promosi yang digunakan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Materi headline yang digunakan dalam promosi tersebut akan menjadi salah satu media yang dapat meningkatkan omset penjualan. 

Dalam membuat materi headline tersebut kita harus bisa membuat headline yang sensasional yang bisa membuat orang benar-benar penasaran, tertarik dan ingin mengetahui lebih banyak mengenai produk yang ditawarkan.

2) Konsep show me the money
Cara kedua untuk meningkatkan omzet usaha kita yaitu menggunakan materi iklan dengan konsep "show me the money". Apakah arti dari konsep promosi tersebut, lalu kenapa konsep ini dianggap bagus dalam bidang promosi?

Seperti juga dengan matari headline promosi yang pertama di atas, konsep yang satu ini juga terbukti lebih memberikan hasil dari pada materi-materi promosi yang biasa saja. Agar lebih jelas mari kita perhatikan kedua contoh di bawah ini.

Contoh Headline
Apa yang Terjadi pada Istri Anda Jika Sesuatu Terjadi pada Diri Anda?

Contoh Headline konsep show me the money
Rencana Penghasilan Setelah Pensiun

Menurut hasil survei, prinsip “show me the money” benar-benar lebih mendatangkan hasil. Headline kedua menarik minat 500% lebih banyak daripada yang pertama. Coba bayangkan kalau anda menulis headline iklan anda nama perusahaan anda seperti “PT. UNYIL USROK”. Kira-kira bisa menarik minat calon konsumen anda untuk datang lebih banyak? Tidak kan?

Tapi ingat, headline tersebut harus anda tes dan ukur. Jadi jika anda sudah pasang iklan dengan headline yang menurut anda sudah cukup baik tetapi hasilnya masih kurang, segera ubah headline anda. 

Berapa uang yang sia-sia jika anda tetap bersikeras memasang headline anda tanpa mengukur hasilnya. Sudah tahu enggak ada efeknya, tetap anda biarkan saja, benar tidak?

Kemudian anda juga harus paham bahwa tujuan awal headline anda adalah mendatangkan calon konsumen. Bukan menghasilkan penjualan. Setelah calon konsumen anda datang, baru anda closing…

Semakin banyak calon konsumen yang datang, semakin tinggi kemungkinan anda menutup penjualan dengan closing dan otomatis semakin meningkat penjualan anda. Dan mendatangkan konsumen ini termasuk bagian dari strategi meningkatkan penjualan. Sudah paham kan mekansimenya?

Hebatnya, hanya dengan mengganti headline “Seminar Cinta Terdahsyat 2006″ menjadi “Bagaimana Menjual Produk & Jasa Anda dalam 3 Detik/Kurang”, Tung Desem bisa meningkatkan penjualan tiket seminarnya yang tadinya 1 orang menjadi 315 orang yang membeli. Dengan kata lain penjualannya meningkat hingga 31.500% !

Referensi
http://peluangusahamodalkecilkeuntunganbesar.blogspot.co.id/2013/07/cara-ampuh-meningkatkan-omset-penjualan.html

Tips Ampuh Meningkatkan Omset Penjualan Berkali Lipat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko