Tuesday, October 25, 2016

Analisa Potensi Usaha Budidaya Cumi Untung Besar

Ada banyak pertanyaan yang keluar dalam pikiran ketika ingin mencari ide bisnis tertentu. Contohnya ketika melihat harga daging cumi yang lumayan pelaku usaha pun penasaran bagaimana potensi usaha di bidang cumi-cumi tersebut.


Rasa penasaran saja tidak akan berguna, lebih baik dilakukan analisa lebih jauh untuk mengetahui bagaimana potensi yang ada di bidang tersebut. Kita kumpulkan saja pertanyaan pentingnya dan kita cari tahu jawabannya, benar tidak?

Apakah peluang usaha budidaya cumi - cumi ini cukup menjanjikan? Tentu saja, secara umum usaha di bidang budidaya tersebut memiliki gambaran yang cukup bagus. Hal ini mengingat cumi - cumi merupakan salah satu bahan masakan yang cukup terkenal dan disukai banyak orang.

Harga produk dari cumi pun tergolong cukup tinggi. Harga cumi sendiri di pasaran bisa berkisar sampai 20 ribuan. Yang membuat peluang usaha kelautan ini cukup menjanjikan selain masalah harga adalah peluang ekspor yang dimiliki.

Kebutuhan cumi ini cukup besar bukan hanya di dalam negeri melainkan diluar negeri juga. Produk cumi - cumi ini masih memiliki peluang yang bagus untuk dapat di ekspor ke negara lain. Namun begitu usaha budidaya cumi - cumi ini merupakan kesempatan langka.

Hal ini mengingat budidaya ini hanya bisa dilakukan oleh para nelayan yang berada di dekat laut. Pada prinsipnya budidaya cumi menggunakan jaring apung yang ditempatkan di laut yang memiliki keadaan sesuai dengan habitat hidup cumi-cumi tersebut.

1) Usaha budidaya cumi
2) Makalah budidaya cumi cumi
3) Atraktor cumi

Untuk membudidayakan cumi-cumi ini bisa menggunakan alat yang disebut atraktor. Atraktor ini merupakan tempat khusus yang dibuat menyerupai habitat asli cumi-cumi agar hewan tersebut mau bertelur di sana. Cara menggunakannya yaitu dengan meletakkan atraktor tersebut dilokasi yang sesuai. 

Setelah satu bulan diletakkan baru terlihat ada telur cumi-cumi yang diletakkan induknya di alat tersebut. Kemudian selanjutnya telur-telur itu dipindahkan ke lokasi jaring apung untuk ditetaskan. Lokasi jaring apung ini sebaiknya jangan terlalu jauh dengan lokasi penempatan atraktor. 

Hal ini, selain tidak efisien juga akan menambah resiko rusaknya telur saat dipindahkan. Sekitar dua minggu setelah dipindahkan baru telur-telur itu akan menetas. Empat bulan kemudian setelah di pelihara di jaring apung dengan padat penebaran sekitar 50 ekor per meter3 cumi-cumi ini siap dipanen.

Seekor induk cumi-cumi rata-rata mampu menghasilkan sekitar 500 butir telur. Pembudidaya cumi-cumi seyogyanya memiliki 10 unit atraktor. Artinya saat masa panen cumi-cumi tiap bulannya mampu mengumpulkan telur cumi sebanyak 5000 buah. 

“Lewat teknik ini tingkat keberhasilan-nya hingga panen mencapai 85%,” kata Baskoro. Artinya saat panen dari 5000 telur itu akan menghasilkan 4250 ekor cumi-cumi dengan berat sekitar 425 kg. Di tingkat petani harga cumi-cumi saat ini mencapai sekitar Rp 22 ribu per kilogramnya. Jadi dengan produksi sebanyak itu pembudidaya akan mendapatkan pendapatan Rp 9,3 juta.

Mengenai pakan, cumi-cumi tergolong mudah dalam pemberian pakan. Hewan ini tergolong hewan pemakan daging (karnivora) oleh sebab itu semua biota laut yang bisa masuk mulutnya akan dimakan. Seperti kerang, ikan dan hewan laut lainnya. Untuk pemeliharaan juga tidak terlalu sulit.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai ada pakan yang tersisa di jaring apung. Ini akan mengundang hewan laut lainnya (ikan atau kepiting) untuk mengambil sisa pakan tersebut di dalam jaring. Jika ini terjadi ada kemungkinan jaring akan putus, akibatnya cumi-cumi bisa kabur ke laut bebas.

Satu lagi yang harus menjadi perhatian serius bagi pembudidaya cumi-cumi adalah soal pemilihan lokasi jaring apung, lokasinya harus jauh dari kegiatan industri dan keramaian.

Sebab sedikit saja terjadi pencemaran di perairan tersebut maka sudah dapat dipastikan seluruh cumi-cumi peliharaannya akan mati sia-sia. Hal ini tentu saja akan sangat merugikan pembudidaya itu sendiri. (Sumber: arkarim)

Dari pemaparan di atas dapat diketahui bahwa budidaya cumi - cumi ini bisa juga dijadikan salah satu alternatif atau pilihan usaha yang menjanjikan.

Namun begitu sekarang ini sepertinya masih terlalu sedikit informasi mengenai usaha budidaya cumi-cumi sehingga masih perlu dikaji lebih jauh sebelum menentukan pilihan untuk memulai usaha tersebut. 

Demikian sedikit gambaran untuk prospek usaha kelautan yang bisa menjadi pertimbangan dan ide kita bersama. Mudah-mudahan sedikit uraian di atas bisa menumbuhkan ide dan gagasan yang bermanfaat bagi perkembangan dunia usaha di tanah air. Sampai disini, salam sukses.

Referensi: 
http://arkarim.blogspot.co.id/2015/11/cara-budidaya-cumi-cumi.html

Analisa Potensi Usaha Budidaya Cumi Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma