Wednesday, October 19, 2016

Tips Membuat Perencanaan Usaha (Business Plan) yang Baik

Tahukah anda bahwa perencanaan memiliki posisi yang sangat penting dalam sebuah usaha? Sebuah business plan memang menjadi keharusan untuk dibuat oleh pelaku usaha. Tujuannya jelas bahwa rencana akan menjadi panduan apa saja yang akan dikerjakan.

Tips Membuat Perencanaan Usaha (Business Plan) yang Baik

Mungkin bagi kebanyakan pemula akan bingung mengenai hal ini. Maka dari itu kita akan belajar bersama mengenal yang namanya perencanaan tersebut. Harapannya kita bisa paham dan mampu untuk merumuskan rencana yang berbobot.

Dapat dikatakan bahwa perencanaan usaha merupakan bagian dari pondasi usaha yang harus benar-benar berfungsi dengan baik. Bisa dikatakan, tanpa sebuah perencanaan yang matang maka mustahil bagi sebuah usaha untuk dapat sukses apalagi dalam waktu yang singkat. 

Dengan adanya perencanaan yang baik maka sebuah usaha akan bisa berjalan dengan lebih lancar, lebih tahan terhadap goncangan dan lebih cepat mencapai tujuannya.

Hampir semua pakar mengatakan jika ingin membuat sebuah usaha maka harus membuat perencanaan yang baik dan benar terlebih dahulu. 

Hal tersebut pada akhirnya menimbulkan persepsi yang berlebihan terhadap peran sebuah rencana usaha dimana seolah pelaku usaha pemula menjadi terlalu takut memulai usaha karena tidak bisa membuat perencanaan yang matang.

Padahal sejatinya rencana usaha tersebut hanyalah sebagai salah satu alat untuk membantu pelaku usaha dalam menjalankan bisnis dan usaha yang dimiliki. Disini saya hanya ingin mengatakan bahwa sebagai pelaku usaha pemula yang masih baru hendaknya hal perencanaan usaha ini tidak dijadikan sebagai momok yang menakutkan.

Sederhana saja, seperti para pemuda dan pemudi yang menyusun rencana untuk akhir pekan mereka, begitulah gambaran rencana yang harus kita susun sebelum memulai sebuah usaha. 

Karena dengan rencana tersebut kita akan membuat kurang lebih sebuah agenda kegiatan yang harus kita jalankan. Nah, dalam membuat perencanaan usaha yang baikkita bisa memperhatikan beberapa tips berikut.

1) Buatlah rencana usaha yang sederhana
2) Buatlah perencanaan yang menyeluruh
3) Bagi perencanaan dalam sub yang lebih kecil
4) Susun rencana usaha dengan rapih dan runut

Karena kita masih baru dalam hal menjalankan sebuah usaha maka sebisa mungkin masalah rencana usaha ini tidak terlalu membebani pikiran yang akhirnya justru menyurutkan niat kita membuka usaha. Untuk itu buatlah rencana usaha yang sederhana saja yang mencakup berbagai hal yang harus dilakukan.

Selain itu, dalam membuat perencanaan hendaknya kita membuatnya secara menyeluruh. Artinya perencanaan tersebut harus mencakup semua aspek usaha yang berkaitan dengan jenis usaha yang akan dijalankan. Jangan hanya satu dua bagian saja karena nantinya rencana inilah yang akan menjadi panduan kegiatan selanjutnya.

Agar tidak sulit dalam membuat dan memahaminya maka kita bisa membuat perencanaan usaha tersebut dengan sistem sub yang lebih kecil. Kita juga bisa mengelompokkan rencana yang akan dilakukan. Sebagai contoh kita bisa memisahkan antara perencanaan keuangan, perencanaan pemasaran dan lain sebagainya.

Yang juga tak kalah penting dalam membuat rencana usaha adalah penulisannya. Hendaknya kita menyusun rencana usaha tersebut dengan rapi dan runut agar mudah dalam memahami dan mengimplementasikannya.

Yang terpenting dari sebuah perencanaan usaha (Business Plan) adalah aplikasi atau penerapannya. Se-bagus apapun rencana yang dimiliki jika tidak dijalankan dengan baik maka rencana tersebut menjadi sia-sia dan tidak berguna. 

Maka dari itu perlu diingat bahwa rencana tersebut dibuat untuk dijalankan dan bukan hanya untuk di pajang atau untuk gaya-gayaan. Dengan perencanaan yang baik dan matang maka pelaku usaha akan lebih mudah dan terarah dalam menjalankan setiap kegiatan usaha yang dilakukan. 

Dengan demikian maka usaha yang dibangun nantinya bisa berjalan dengan lebih lancar dan lebih baik serta mampu memberikan laba keuntungan seperti apa yang diharapkan. Itu saja sedikit tentang cara membuat business plan yang Baik kali ini. Semoga bisa menjadi inspirasi dan motivasi kita bersama untuk tetap semangat. Salam sukses!

Tips Membuat Perencanaan Usaha (Business Plan) yang Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko