Tuesday, October 4, 2016

Langkah Mudah dalam Memulai Bisnis yang Sukses

Langkah Memulai Bisnis yang Sukses - Kalau membangun rumah pondasinya itu harus kokoh, dalam membangun bisnis langkah awalnya harus benar-benar diperhatikan. Banyak orang yang gagal sudah sejak pertama kali ia melangkah sehingga pada akhirnya usahanya pun tidak berjalan sesuai harapan.

Mendirikan sebuah bisnis dan usaha sama sekali tidak mudah, tetapi untuk sukses di bidang ini juga bukan hal yang mustahil. Maka dari itu, mulai dari langkah pertama sebaiknya pelaku usaha benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, jangan asal.

Langkah Memulai Bisnis Sukses
Tidak semua usaha yang kita jalankan akan berhasil, tidak semua bisnis yang kita buka bisa sukses. Ini adalah proses alami dimana hanya yang berkualitas yang akan bertahan, begitu pun dengan apa yang kita jalani.

Dalam memulai sebuah bisnis agar bisa bertahan dan mampu mendulang kesuksesan banyak yang harus dilakukan dan diperjuangkan. Pertama, jelas bahwa kita harus tahu peluang usaha yang dimiliki, kemudian kita harus tahu bagaimana memulai bisnis yang baik dan dapat menghantarkan kita kepada kesuksesan yang memimpikan. 

Hasil dari suatu proses akan tergantung dengan bagaimana prosesnya dan bagaimana proses tersebut dijalankan. Jika prosesnya saja sudah tidak benar dan dijalankan dengan tidak benar pula maka sudah bisa dipastikan kegagalan-lah yang akan di dapat.

Selain itu jika prosesnya benar dan baik namun dijalankan dengan cara yang salah pun hasilnya tidak akan berbeda jauh. Untuk itulah sebagai seorang pemula dalam membuka sebuah usaha hendaknya kita mempelajari terlebih dahulu bagaimana langkah dan tahap dalam memulai bisnis yang benar.

Sekedar untuk berbagi dan untuk pertimbangan kita bersama, kali ini akan kita bahas lebih jauh bagaimana sebaiknya sebuah bisnis dimulai, dijalankan dan dikelola agar nantinya dapat memberikan hasil yang diharapkan.

Pada prinsipnya, langkah untuk memulai sebuah usaha bisa sangat bervariasi tergantung bagaimana pandangan dan kerangka berfikir dari pemiliknya. Yang akan ditekankan dalam pembahasan ini adalah bagaimana kita memilih langkah yang tepat di waktu yang tepat dan menjalankannya dengan cara yang tepat.

1) Tips Memulai Bisnis yang Sukses

Pada saat kita hendak membuka sebuah usaha terkadang kita bingung dengan langkah apa yang harus kita lakukan. Karena kebingungan dan ketidaktahuan tersebut terkadang kita ceroboh dan hanya menjalankan usaha sesuai dengan keinginan tanpa rencana dan bahkan tanpa pertimbangan sekalipun.

Hal ini buruk dan hanya akan menghancurkan usaha yang baru saja kita bangun.  Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, di awal membuka bisnis atau usaha hendaknya kita melakukan analisa peluang usaha dan juga membuat persiapan yang matang.

Persiapan dan perencanaan harus meliputi semua aspek usaha mulai dari modal, analisa laba rugi, rencana pemasaran, pengembangan dan seterusnya. Kita juga harus merumuskan berbagai langkah yang harus dilakukan untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis tersebut. 

Lalu seperti apakah sebenarnya tahapan yang harus kita lakukan dalam membuka sebuah bisnis atau usaha yang bisa memberikan kesuksesan? Ada beberapa tahapan yang bisa kita lakukan dalam memulai sebuah usaha.

Tahapan ini didasarkan pada hasil pengalaman dan juga berbagai saran dari pelaku usaha yang telah sukses dalam memulai bisnisnya. Beberapa tahapan awal dalam memulai bisnis sukses yaitu sebagai berikut:
  1. Mulai membuka bisnis
  2. Mulai menabung, sisihkan 10% penghasilan
  3. Mulai menata sistem dan manajemen
  4. Mulai kembangkan kreativitas
  5. Mulai rekrut karyawan
  6. Mulai kembangkan jaringan bisnis
Buatlah langkah nyata, jika kita ingin memiliki sebuah usaha sukses mandiri maka mulailah dengan membuka usaha atau bisnis tersebut. Ini adalah langkah awal yang harus kita lakukan, kalau tidak mulai sekarang lalu kapan lagi?

Saat dimana usaha tersebut telah memberikan pendapatan kepada kita maka selanjutnya sisihkan sebagian penghasilan tersebut untuk di tabung. Kita bisa menyisihkan 10% dari penghasilan untuk tabungan yang dapat digunakan sebagai modal dalam mengembangkan usaha yang kita buka tersebut.

Seiring berjalannya waktu jangan lupa untuk menata manajemen dan sistem bisnis yang digunakan. Pastikan semua bagian bisa bekerja maksimal sehingga roda bisnis bisa berjalan dengan lancar. Jangan lupa juga untuk mengembangkan kreativitas pada produk usaha yang dihasilkan.

Jangan monoton dan beranikan diri untuk berkreasi dalam menghasilkan produk yang lebih mampu bersaing. Langkah selanjutnya, saat bisnis telah berjalan dan mulai memberikan keuntungan maka bersiaplah untuk menuju tahap berikutnya yaitu melibatkan karyawan. Pada titik ini kita bisa mulai mencari pekerja untuk usaha kita.

Kita bisa mulai melepas kegiatan kita dan mempekerjakan karyawan. Dengan begitu kita bisa lebih fokus menjadi "business owner" dan mengembangkan berbagai hal. Disini kita harus berani untuk mulai menyisihkan keuntungan untuk karyawan. Jika ingin maju maka kita harus melakukan hal ini. 

Sampai pada tahap ini berarti usaha kita telah berjalan dan langkah berikutnya yang harus kita lakukan adalah mengembangkan bisnis atau usaha tersebut lebih besar. Kita bisa mulai ke tahapan selanjutnya yaitu membuka cabang usaha di daerah lain.

Sebelum melangkah ke pengembangan ini ada baiknya kita juga mempertimbangkan tentang merk dagang kita, kita bisa mulai mengemas produk yang lebih baik misalnya dengan mendaftarkan usaha di kementerian terkait (mendapatkan sertifikat halal untuk produk makanan, mengurus hak paten untuk jenis lainnya).

Perlu diingat bahwa bisnis memerlukan waktu untuk berkembang, karena itu jangan mudah menyerah, teruslah berusaha, bekerja keras dan belajar dalam mengelola bisnis dengan baik. Jangan sungkan dan ragu untuk sesekali mengikuti seminar untuk mengembangkan kemampuan kita. Jangan lupa juga untuk sesekali mengikuti bazar atau pameran usaha agar produk usaha kita bisa lebih dikenal masyarakat.

2) Penerapan Langkah Memulai Bisnis

Tiap jenis usaha memiliki karakteristik sendiri-sendiri khususnya dalam hal penanganan. Untuk itu kecermatan kita dalam memilih, menentukan dan menjalankan berbagai langkah dan tahapan usaha harus benar-benar dihitung dengan matang.

Ada bisnis yang bagus dikembangkan dengan modal yang besar tetapi ada juga bisnis yang akan lebih bagus jika dijalankan dengan skala kecil terlebih dahulu untuk membentuk brand atau merk dagang. 

Keseluruhan langkah pada tips di atas tentunya merupakan tahapan umum yang bisa diterapkan dalam berbagai bidang usaha. Meski pun begitu tahapan tersebut dalam penerapan-nya juga harus dipecah dan dirinci lagi agar langkah-langkah yang akan dilakukan menjadi lebih jelas.

Dengan begitu penerapan tahapan tersebut bisa lebih sesuai dengan jenis bisnis dan keadaan aktual yang ada. Langkah atau tahapan yang telah dijabarkan di atas bisa kita terapkan di berbagai bidang usaha, sebagai contoh di bawah ini!

1) Langkah memulai bisnis kuliner
2) Langkah memulai bisnis properti
3) Langkah memulai bisnis online
4) Langkah memulai bisnis baru
5) Langkah awal memulai bisnis
6) Langkah awal memulai bisnis konveksi
7) Langkah memulai usaha
8) Langkah memulai usaha cafe

Pada penerapan-nya, perlu diingat bahwa langkah tersebut terkadang harus kita sesuaikan kembali dengan usaha yang kita miliki. Lakukan tahapan sesuai dengan keadaan yang ada, jangan sampai kita salah menerapkan tahapan yang tidak sesuai.

Dalam memulai usaha adakalanya kita memerlukan waktu yang lebih lama sebelum mampu dan siap mempekerjakan karyawan. Terkadang kita juga harus memecahkan masalah pemasaran dan strategi promosi terlebih dahulu sebelum kita mengembangkan usaha ke skala yang lebih besar.

Hal terbaik untuk mempercepat perkembangan adalah dengan memastikan seluruh sistem berjalan dengan baik sehingga produk yang dihasilkan dapat diserap masyarakat dengan baik pula. Belajar dan menimba ilmu dari pengalaman orang lain yang sudah sukses akan menjadi guru pendamping dalam membangun bisnis yang kita miliki.

Kita bisa mencari inspirasi, mendapatkan ide bahkan mengadopsi kiat sukses dari pelaku bisnis lain. Ada banyak cerita sukses yang bisa kita jadikan teladan untuk kebutuhan ini. Mudah-mudahan dengan ini kita bisa merumuskan dan merencanakan langkah memulai bisnis sukses yang sesuai dan tepat sasaran.

Langkah Mudah dalam Memulai Bisnis yang Sukses Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko