Sunday, September 4, 2016

Cara Bisnis Pakaian, Panduan Langkah Memulainya

Panduan Langkah Memulai Bisnis Pakaian - Pakaian menjadi kebutuhan yang semakin dicari dan banyak yang ingin membuka bisnis di bidang ini tetapi tidak tahu caranya bisnis pakaian itu bagaimana. Tepatnya bukan tidak tahu tetapi bingung harus bagaimana dan mulai dari mana. Kebanyakan permasalah yang dialami oleh pebisnis pemula seperti itu.

Ketika berbicara mengenai cara sebenarnya harus ditentukan terlebih dahulu bentuk bisnis yang dimaksud. Pakaian itu kan produk yang dijual sedangkan untuk menjual produk itu sendiri ada banyak langkah yang dapat ditempuh. Sebagai contoh, bisnis pakaian ini dapat dilakukan di dunia nyata dan juga di dunia online menggunakan internet. Dari situ tentu saja caranya sudah berbeda.

Dilihat dari skalanya, bisnis ini juga dapat dibedakan lagi menjadi bisnis skala grosir dan juga eceran. Tentu saja, cara yang harus ditempuh memiliki perbedaan antara masing-masing. Maka dari itu, jika anda memang berniat untuk membuka atau memulai bisnis di bidang ini sebaiknya anda tentukan terlebih dahulu bisnis pakaian yang bagaimana yang ingin anda jalankan.

Secara umum, tanpa melihat berbedaan yang ada maka cara melakukan atau menjalankan bisnis ini sebenarnya sederhana. Caranya itu setidaknya terdiri dari tiga tahapan atau langkah yaitu membeli atau menyiapkan pakaian yang akan dijual, melakukan promosi atau mencari pembeli dan menjual produk tersebut kepada pelanggan.

Menyiapkan Produk <==> Melakukan Promosi <==> Melakukan Penjualan

Alur dari kegiatan bisnis yang akan anda jalankan ini secara umum ya hanya seperti itu. Tetapi tentu saja dalam setiap alur tersebut akan ada langkah-langkah nyata yang harus dilakukan lagi. Agar memberikan kemudahan dalam memulainya maka berikut ini akan dijabarkan lebih lanjut mengenai cara bisnis produk pakaian tersebut.

Langkah 1: Memilih produk yang tepat

Jika anda ingin berbisnis pakaian maka ada baiknya pertama-tama anda pilih terlebih dahulu produk baju yang tepat. Produk baju yang akan dijual ini nantinya akan mempengaruhi pasar atau konsumen yang dibidik. Yang umum, orang biasanya berbisnis pakain dengan menyediakan sebuah produk pakaian yang ada, tidak peduli pakaian untuk kalangan menengah, atas atau bawah, tidak perduli pakaian untuk anak-anak remaja atau dewasa.

Pada satu sisi, menjual berbagai macam pakaian memang memberikan peluang yang lebih banyak namun disisi lain dengan produk pakaian yang banyak tersebut tentu akan lebih sulit untuk fokus pada satu kalangan pasar tertentu. Dan itu tentunya akan menghabiskan lebih banyak energi dan pemikiran.

Orang bisnis tentu ingin sukses bukan, tidak perduli lengkap atau tidak pakaian yang dijual? Maka, anda bisa mempertimbangkan untuk memilih satu produk pakaian khusus yang lebih tertarget konsumennya. Dengan begitu maka target marketnya lebih jelas, staregi pengembangannya pun tentu akan lebih terarah.

Jenis pakaian apa saja yang dapat dipilih, tergantung anda. Anda bisa memilih produk berdasarkan kategori usia, kalangan atau kominitas, beberapa contoh produk pakaian yang dapat dijadikan bisnis misalnya:

1) Pakaian dalam wanita
2) Pakaian distro
3) Pakaian bekas import

Ketiga jenis pakaian di atas tentu saja hanya contoh, selain itu anda juga dapat mempertimbangkan produk khusus lainnya misalnya pakaian muslim, pakaian kantor, pakaian khusus anak-anak dan seterusnya.

Langkah 2: Memberikan harga yang sesuai

Langkah berikutnya, setelah menentukan produk anda dapat mulai menentukan mengenai harganya. Ini tentu berkaitan dengan produk dan konsumen bisnis anda nantinya. Perlu diingat, pada umumnya orang akan mencari harga produk yang murah tetapi berkualitas. Maka dari itu anda dapat membuat penyesuaian yang pas dalam masalah harga.

Sebagai contoh, jika anda memilih produk pakaian untuk kalangan menengah kebawah maka anda dapat menonjolkan harga murah. Sebaliknya jika anda menyasar kalangan atas maka anda dapat menonjolkan harga produk yang mewah dan berkelas. Semua dapat anda sesuaikan tentunya dengan pertimbangan yang benar-benar matang.

Menentukan harga yang sesuai dan pas dengan konsumen merupakan salah satu trik bisnis pakaian yang cukup berhasil. Pasalnya orang atau konsumen pasti akan cenderung memilih yang harganya lebih rendah. “Kalau ada yang bagus tetapi lebih murah kenapa harus membeli yang mahal”, begitulah gambaran sederhananya.

Selanjutnya, jika anda ingin menekan modal, anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk memilih pangsa pasar dari kalangan ekonomi bawah. Hal ini dapat dijadikan solusi dan cara untuk bisnis pakaian murah karena umumnya kaum bawah akan lebih bersahabat dengan produk yang harganya terjangkau.

Langkah 3: Menggunakan lokasi yang bagus

Kalau anda ingin mendirikan bisnis ini di rumah maka sebaiknya anda pelajari terlebih dahulu bagaimana cara menjalankan bisnis pakaian di rumah. Jika anda ingin mendirikan bisnis ini di lokasi mall atau pasar modern maka anda juga harus memperhatikan bagaimana kelayakan lokasinya.

Pemilihan lokasi ini sangat penting karena akan menjadi salah satu media untuk membantu promosi. Pada bisnis pakaian di dunia nyata, lokasi memiliki peran strategi dalam meningkatkan penjualan. Maka dari itu harus dipilih lokasi yang bagus. Lokasi yang bagus adalah lokasi yang strategi, dekat dengan keramaian, mudah diakses, mudah dilihat dan tentunya terjangkau.

Langkah 4: Menggunakan sarana promosi tertarget

Barangnya sudah ada, sistem harganya sudah siap dan lokasinya juga sudah ada maka selanjutnya adalah membuka bisnis tersebut. Siapkan produk yang akan dijual di lokasi yang dipilih, kemudian jangan pasif, mulailah untuk mengenalkan bisnis tersebut kepada masyarakat luas. Manfaatkan sarana promosi untuk membantu bisnis anda dikenal

Promosi ini bukan hanya bertujuan untuk mencari pembeli secara gencar namun promosi juga dapat diarahkan untuk menggiring niat pasar dalam membeli produk yang anda sediakan. Untuk bisnis yang baru tentu saja syarat pertamanya adalah dikenal masyarakat.

Dalam melakukan promosi jangan terpaku dengan sistem promosi konvensional. Cobalah untuk menerapkan sistem promosi modern yang lebih tertarget, mudah dan murah. Sebagai contoh anda dapat mulai mengenalkan bisnis anda dengan iklan di televisi, radio atau bahkan di internet.

Media internet ini sangat bagus untuk meningkatkan promosi, bahkan internet dapat menjadi solusi bagi anda yang membutuhkan cara dan kiat bisnis pakaian dengan modal kecil. Kalau menggunakan internet, bisnis pakaian online, maka anda memiliki kemungkinan untuk berjualan pakaian tanpa harus menyediakan pakaian yang akan dijual.

Langkah 5: Memberikan pelayanan memuaskan
Mulai dari pembeli pertama dalam bisnis anda ingatlah untuk memberikan pelayanan yang prima. Pelayanan ini sangatlah penting bahkan terkadang lebih penting dari kualitas produk yang dijual. Jangan tidak percaya, terkadang bahkan ada orang yang dengan rela membeli produk yang tidak terlalu bagus di sebuah toko yang memberikan pelayanan yang memuaskan.

Maka se-awal mungkin jadikan pelayanan memuaskan tersebut sebagai salah satu cara bisnis pakaian pemula yang dapat anda terapkan. Seorang bisnis profesional bahkan sangat memperhatikan pelayanan ini sampai detail. Sebut saja tentang tata krama dalam berbicara atau menanggapi calon pembeli. Mereka bahkan menyiapkan orang-orang khusus yang dapat membuat setiap calon konsumen merasa nyaman berbelanja.

Sedikit pembahasan di atas mudah-mudahan dapat memberikan gambaran tentang cara berbisnis pakaian yang dapat anda lakukan. Gambaran dan penjelasan diatas diuraikan berdasarkan ide bisnis konvensional di dunia nyata. Jika anda ingin mendapatkan bisnis pakaian yang lebih sederhana maka anda dapat mempertimbangkan untuk membuka bisnis pakaian online.

Untuk bisnis online silahkan lihat pembahasan khusus dibagian bawah. Kita cukupkan sampai disini saja, kami harap anda mendapatkan inspirasi dan ide dari langkah-langkah memulai bisnis online yang disampaikan. Tetap semangat, jangan pernah menyerah, dan semoga sukses!

Cara Bisnis Pakaian, Panduan Langkah Memulainya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko