Thursday, September 8, 2016

Cara Mengembangkan Bisnis Online, Langkah dan Strateginya

Langkah dan Strategi Mengembangkan Bisnis Online - Bingung bagaimana caranya mengembangkan bisnis online yang sudah berjalan? Ya wajar, jika anda pemula yang sedang merintis karir dalam dunia bisnis ini tidak perlu khawatir atau takut jika anda tidak tahu bagaimana strategi pengembangannya. 

Membangun sebuah bisnis yang sukses adalah sebuah proses, proses panjang yang harus dilalui dengan baik. Saat sudah mulai memikirkan proses pengembangan maka itu adalah pertanda baik, yang perlu diperhatikan adalah langkah yang akan diambil selanjutnya.

Bisnis online yang semakin berkembang adalah bisnis online yang dari hari ke hari memiliki pertambahan baik dari sisi cakupan luas pemasaran, jumlah penjualan dan juga laba yang dihasilkan. Hal yang paling mudah diidentifikasi adalah peningkatan penjualan baik itu dari sisi kualitas maupun kuantitas. 

Masalahnya, untuk meningkatkan hal tersebut tidaklah mudah dan tidak sederhana, perlu waktu, perlu kerja keras, perlu pemikiran yang jernih dan sebagainya. Sebagai pelaku bisnis tentu saja anda harus mengetahui target apa yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapainya. 

Katakanlah, anda ingin meningkatkan penjualan bisnis online anda maka anda harus tahu bagaimana cara agar penjualan meningkat. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang bisa anda pertimbangkan untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas bisnis yang anda miliki.

A. Langkah persiapan pengembangan bisnis

Ketika anda mulai berpikir untuk mengembangkan bisnis yang anda miliki maka langkah yang paling awal untuk dilakukan adalah persiapan. Ya tentu dong, semua harus dipersiapkan. Tanpa persiapan yang matang semua usaha pasti tidak akan dapat berjalan dengan hasil memuaskan. 

Lalu persiapan apa saja yang harus dilakukan jika anda hendak mengembangkan bisnis, berikut beberapa poin yang dapat anda perhatikan.

1) Meningkatkan mutu produk
Produk atau jasa apa yang anda jual, mulailah dari situ. Persiapkan terlebih dahulu kelayakan produk sehingga produk dapat diterima dikalangan yang lebih luas lagi. Caranya, yaitu dengan meningkatkan mutu produk atau jasa yang akan anda jual kepada konsumen. 

Ya, modal utamanya adalah produk, tanpa produk yang bermutu dan sesuai dengan kebutuhan pasar maka sebuah kemajuan bisnis tidak akan mungkin dapat dicapai.

Dalam tahap persiapan ini anda dapat memulainya dengan meningkatkan mutu dan kualitas produk mulai dari ketahanan, kemasan, unsur kesehatan dan berbagai aspek lain yang berhubungan dengan produk anda. 

Pastikan bahwa anda akan menawarkan atau memberikan sesuatu yang benar-benar berkualitas, bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Sebagai contoh, jika anda bergerak dibidang makanan maka anda bisa memulai dengan meningkatkan mutu atau kualitas makanan. 

Anda dapat memulainya dengan mempertimbangkan kualitas kemasan yang lebih menarik, sehat dan tahan lama. Anda dapat meningkatkan kualitas dari segi rasa, tampilan dan atau mungkin dari segi variasinya.

Saya tidak mengatakan bahwa produk yang anda miliki saat ini kurang berkualitas atau kurang bermutu namun jika anda ingin bisnis anda lebih berkembang maka mulailah dari titik ini dimana anda berusaha memberikan sesuatu yang lebih baik lagi kepada setiap pelanggan anda. 

Dengan modal produk yang benar-benar sesuai maka langkah selanjutnya tidak akan begitu sulit untuk dijalankan.

2) Meningkatkan mutu layanan
Layanan adalah bagian dari produk yang akan anda berikan, jadi mutu pelayanan yang diberikan juga harus ditingkatkan sampai pada titik yang maksimal. 

Jika anda berniat memperluas jaringan maka jangan biarkan ada kemungkinan sekecil apapun untuk pelanggan anda kecewa dengan pelayanan yang diberikan.

Semua bentuk pelayanan harus dapat ditingkatkan menjadi lebih baik, pelayanan frontliner, coustumer servis, kasir, pengiriman dan lain sebagainya. Sebelum melangkah lebih jauh pastikan bahwa semua tim dapat memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan.

Jadi, dalam persiapan ini anda bisa mulai dengan melakukan evaluasi kinerja tim anda, mana saja yang belum maksimal dan perlu diperbaiki atau bahkan mungkin diganti jika diperlukan. 

Ingat, pengembangan akan membutuhkan modal, energi dan keseriusan yang lebih besar, jadi pastikan semua elemen bisnis berada pada titik yang paling baik.

3) Meningkatkan sarana prasarana
Untuk menunjang produk yang berkualitas dan juga pelayanan yang baik maka mutlak diperlukan sarana dan prasarana yang mendukung. Maka dari itu segi sarana dan prasarana juga harus masuk dalam perhitungan. 

Contoh kecilnya, untuk meningkatkan produksi maka mungkin diperlukan alat yang lebih canggih dan memadai.

Jika mungkin, anda dapat melakukan evaluasi menyeluruh terlebih dahulu untuk sarana dan prasarana yang masih belum memadai. Jika mungkin anda dapat langsung mengambil langkah nyata untuk meningkatkan sarana dan prasarana tersebut. 

Atau paling tidak, jika tidak memungkinkan anda bisa menyiapkan strategi khusus untuk mengatasi sarana dan prasarana tersebut.

Dalam proses pengembangan bisnis nantinya – jika telah berjalan – sudah pasti bisnis anda akan membutuhkan sarana dan prasarana lebih dari yang sudah ada baik mungkin dari segi kualitas maupun kuantitas. Maka akan lebih baik jika semua itu dipersiapkan dan diatur juga strateginya bagaimana.

4) Meningkatkan kemampuan manajerial
Satu langkah lagi anda akan menghadapi sesuatu yang lebih besar, maka dari itu anda juga perlu mengembangkan diri ke arah yang lebih baik. 

Satu langkah lagi anda mungkin akan mengelola bisnis dengan pekerja yang lebih banyak, satu langkah lagi anda mungkin akan mengelola transaksi yang lebih besar, maka anda juga harus memiliki kemampuan yang dibutuhkan.

Proses persiapan ini tidak akan terlalu terlihat namun jika anda ingin langkah anda untuk mengembangkan bisnis online anda mulus maka anda harus mempertimbangkannya dengan baik. 

Jangan santai, anda mungkin akan lebih sibuk, akan lebih pusing maka dari itu persiapkan diri anda dengan baik khususnya dari sisi mental.

Pada tahap ini anda hendaknya dapat memastikan bahwa anda mampu mengelola seluruh aset yang dimiliki mulai dari modal, pekerja, sistem dan lain sebagainya. Jika tidak didukung dengan kesadaran akan pentingnya kemampuan ini maka di depan mungkin masalah akan siap menghadang anda.

5) Menentukan fokus pengembangan
Persiapan selanjutnya yang sangat penting untuk dilakukan adalah menentukan fokus pengembangan yang akan dilakukan. 

Sebenarnya, jika anda telah melakukan berbagai tahapan yang disebutkan di atas maka secara tidak langsung anda sudah mulai menjalankan pengembangan bisnis ke arah yang lebih baik dan lebih maju. Pengembangan yang dimaksud adalah pengembangan bisnis dari dalam.

Saat anda telah melakukan semua tahapan di atas dengan baik maka waktunya untuk mulai menentukan fokus pengembangan keluar telah tiba. Saatnya bagi anda untuk menentukan fokus peningkatan laba bisnis.

Fokus pengembangan yang saya maksud disini adalah penentuan target konsumen yang akan dibidik, khususnya untuk konsumen baru. 

Sebelum menentukan langkah lain baiknya anda tentukan dulu pasar seperti apa dan pasar mana yang akan dimaksimalkan. Sebagai contoh anda dapat fokus untuk mengembangkan usaha dengan membidik pasar dari daerah lain yang belum dijamah.

Dalam pemilihan ini tentu saja yang terbaik adalah yang memiliki potensi paling besar. Dalam arti jumlah calon konsumen yang dibidik lebih besar, lebih berpeluang dan sebagainya. Tidak lupa juga anda harus mempelajari bagaimana target market yang akan dipilih tersebut.

Artinya, sebelum mulai anda lebih baik mempelajari juga berbagai hal yang berhubungan dengan calon konsumen anda, misalnya minat, daya beli, kebiasaan, budaya dan lain sebagainya. 

Semua itu akan memberikan gambaran apakah produk bisnis anda nantinya akan diterima dengan baik atau tidak. Baru setelah itu anda dapat melakukan langkah berikutnya yang diperlukan.

B. Strategi pengembangan bisnis online

Saat semua tahap persiapan tersebut telah berjalan dengan baik maka selanjutnya adalah menyusun strategi pengembangan yang tepat. Dalam hal ini anda dapat melakukan persiapan menyusun rencana kerja yang matang dari berbagai aspek. 

Tuangkan semua ide dan gagasan yang diperoleh pada sebuah bisnis plan yang dapat dipertanggungjawabkan. Dengan begitu langkah selanjutnya adalah tinggal menerapkan atau mengaplikasikan rencana tersebut.

Agar dapat mengembangkan bisnis dengan baik maka harus ada strategi pengembangan yang jelas. Strategi ini dapat dirumuskan sendiri berdasarkan kondisi dan keadaan terkini bisnis yang anda miliki.

Jadi, dapat dikatakan bahwa strategi ini mungkin tidak akan sama antara bisnis yang satu dan lainnya, antara bisnis milik si A dan bisnis si B. 

Itu berarti anda perlu merumuskan strategi ini sendiri sesuai dengan keadaan bisnis anda. Nah, dalam perumusan strategi tersebut ada beberapa hal yang bisa anda pertimbangkan, yaitu sebagai berikut.

1) Mulai dengan strategi promosi yang tepat
Salah satu yang penting untuk dipertimbangkan adalah strategi promosi. Seperti kita tahu, promosi adalah ujung tombak kemajuan bisnis yang kita miliki, maka dari itu promosi memiliki peran sentral yang harus benar-benar diperhatikan.

Anda tentu tahu bahwa untuk mengembangkan bisnis anda perlu promosi. Promosi ini tidak boleh dilakukan serampangan atau asal-asalan. Promosi harus dilakukan dengan cermat, akurat dan tertarget sehingga mampu meningkatkan visibilitas bisnis anda dan juga dapat mempengaruhi penjualan.

Dalam hal ini anda harus mampu menemukan strategi promosi yang cocok, mulai dari kapan waktu yang tepat, jenis promosi apa yang dibutuhkan dan berapa lama promosi akan dilakukan. 

Untuk jenis promosi bisnis online sendiri sedikit berbeda dengan bisnis offline karena target konsumen yang akan dibidik adalah pengguna internet. Maka dari itu sarana yang digunakan juga harus tertarget dengan baik.

Sampai saat ini, dari sekian banyak sarana promosi yang ada di dunia maya, google adwords adalah salah satu pilihan yang cukup menjanjikan. Alasannya adalah periklanan google ini dapat menjangkau potensi konsumen yang sesuai dengan minat dan kecenderungan calon konsumen. 

Artinya, promosi google tersebut lebih menarget calon konsumen yang lebih potensial. Contoh sederhananya, ikan sepatu hanya akan tampil pada pengguna internet yang suka sepatu baru atau  sedang membutuhkan sepatu baru.

Masalah strategi promosi ini tentu semua tergantung pada bagaimana anda ingin mengembangkan bisnis anda tersebut. Yang jelas, perlu dipertimbangkan dengan baik sarana apa saja yang akan digunakan, termasuk juga dengan modal, target waktu, sasaran dan lain sebagainya.

2) Dukung dengan kualitas yang terjaga
Agar bisnis berkembang dengan baik maka jika ada konsumen baru maka harus dapat dipastikan bahwa konsumen tersebut akan kembali lagi kepada anda. Caranya bagaimana, yaitu dengan cara terus menjaga kualitas yang sudah ada dalam bisnis anda. 

Kualitas ini meliputi kualitas secara keseluruhan baik itu produk, pelayanan, sarana pendukung dan lain sebagainya.

Dengan kata lain strategi pengembangan bisnis anda harus didukung dengan strategi untuk terus menjaga mutu dan kualitas bisnis secara keseluruhan. Dengan demikian antara satu elemen bisnis dengan lainnya dapat saling mendukung, misalnya promosi yang gencar harus dibarengi dengan kualitas barang yang terjaga dan seterusnya.

3) Raih pasar dengan komitmen
Hal yang juga baik untuk dipertimbangkan adalah terus menunjukkan komitmen anda kepada seluruh konsumen. Dalam setiap langkah, dalam setiap kesempatan anda harus memastikan bahwa konsumen mengetahui bahwa anda dan bisnis anda berkomitmen menjadi rekan yang akan terus memberikan yang terbaik bagi kebutuhan konsumen.

Jangan sampai konsumen mengira bahwa anda hanyalah pebisnis yang hanya mementingkan laba saja. Meski tidak berpengaruh langsung pada penjualan namun jika hal itu terjadi maka secara perlahan bisnis anda akan tergantikan oleh orang lain yang lebih berkomitmen memberikan yang terbaik bagi konsumen.

Demikianlah sedikit kiat dan tips cara untuk mengembangkan bisnis online yang dapat anda pertimbangkan. 

Perlu diingat bahwa hal di atas tidak untuk jaminan keberhasilan namun hanya sebagai bahan pertimbangan saja. Tidak ada yang dapat menjamin kesuksesan bisnis anda kedepan kecuali anda sendiri. Itu saja, salam sukses!

Cara Mengembangkan Bisnis Online, Langkah dan Strateginya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko