Monday, September 5, 2016

Cara Berbisnis Online Bagi Pemula, Pilih Bisnisnya Dahulu

Panduan Memilih Jenis Bisnis Online untuk Pemula - Anda mencari cara untuk berbisnis online bagi pemula karena anda ingin membangun sebuah bisnis online, maka dari itu hal pertama yang anda lakukan adalah memilih jenis bisnis online yang akan dibuka. Perlu anda ketahui, bisnis online itu jenisnya banyak. Harus dipilih terlebih dahulu mana yang akan anda jalankan baru setelah itu anda bisa bicara mengenai cara.

Untuk mewujudkan niat anda membangun bisnis maka langkah pertama tentukan terlebih dahulu jenis bisnis apa yang anda inginkan. Dalam menentukan atau memilih jenis bisnis tersebut maka ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan. Jangan sampai terjebak dan hanya tergiur dan terbuai angan, pemilihan ide ini harus benar-benar tepat.

Singkirkan dahulu pertanyaan tentang bagaimana cara berbisnis online karena pada tahap ini anda akan mulai dengan mengkerucutkan ide dengan sebuah bisnis yang jelas. Dengan begitu setelah ini anda dapat melakukan aksi nyata dan membawa ide serta gagasan tersebut terwujud.

Memilih jenis bisnis online yang akan dijalankan ini tidak gampang, sangat penting bagi anda untuk mempertimbangkan semua aspek sebelum menjatuhkan pilihan. Lalu bagaimana caranya untuk memilih bisnis online yang menjanjikan, prospek dan sesuai dengan kemampuan anda? Berikut akan dibahas lebih rinci mengenai apa saja yang perlu anda pertimbangkan.

1) Pertimbangan memilih bisnis online pemula

Menjalankan sebuah bisnis yang tidak ada masa depannya kurang begitu bagus, begitu juga menjalankan bisnis tanpa dukungan kemampuan yang memadai. Apakah ide bisnis yang brilian dapat sukses dijalankan oleh orang yang tidak memiliki kemampuan dibidang tersebut, jawabannya tentu saja tidak.

Memilih bisnis tidak dapat dilakukan hanya berbekal insting atau perasaan semata. Harus ada pertimbangan, analisa dan kajian yang lebih jauh. Tujuannya adalah untuk menemukan sebuah ide bisnis yang benar-benar memiliki prospek cemerlang. Nah, berikut ini adalah beberapa pertimbangan dan analisa yang perlu dilakukan dalam memilih bisnis online.

1) Prospek bisnis
2) Kemampuan
3) Sarana

Sebenarnya ada banyak yang harus dikaji dan dipertimbangkan ketika memilih bisnis. Namun begitu tiga hal di atas setidaknya menggambarkan secara garis besar berbagai hal tersebut. Prospek bisnis dimasa depan, dukungan kemampuan dan skill serta sarana pendukung tentu saja menjadi hal yang patut untuk dicermati lebih jauh

Prospek bisnis
Singkatnya, prospek bisnis adalah gambaran sukses tidaknya bisnis jika dijalankan. Prospek ini meliputi berbagai pandangan situasi masa depan yang akan berhubungan dengan bisnis tersebut. Sebelum menjalankan bisnis maka harus dipilih sebuah bisnis yang memiliki prospek bagus, menjanjikan dan mampu bertahan.

Ada beberapa pertanyaan yang dapat digunakan untuk mengukur seberapa besar prospek yang dimiliki sebuah bisnis. Beberapa pertanyaan tersebut antara lain sebagai berikut!

  1. Apakah bisnis tersebut mampu memberikan laba yang cukup besar?
  2. Apakah bisnis tersebut mampu bertahan dimasa yang akan datang?
  3. Apakah bisnis tersebut memiliki banyak persaingan?
  4. Apakah bisnis tersebut memiliki banyak hambatan dan rintangan?

Sebuah bisnis memiliki indikasi baik jika diprediksi mampu memberikan keuntungan atau laba sebesar-besarnya. Sebuah bisnis juga cukup bagus dijalankan jika mampu bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama. Selain itu bisnis juga cenderung bagus jika banyak persaingan, mengingat istilah “ada gula ada semut”, maka bisnis yang banyak persaingan biasanya memiliki prospek yang cukup bagus.

Hambatan dan rintangan juga dapat dijadikan salah satu tolak ukur untuk mengetahui bagus tidaknya sebuah bisnis. Jika hambatan dan rintangannya besar dan cukup sulit bagi anda untuk menyelesaikannya maka bisnis ini resikonya lebih besar. Nah, nantinya ketika anda sudah memilih baru anda bisa mulai menelusuri cara melakukan bisnis online sebagai bekal.

Kemampuan
Semua kemampuan yang anda miliki juga harus diukur sebelum memilih sebuah ide. Kemampuan ilmu pengetahuan, skill, kemampuan finansial untuk modal dan sebagainya, semua itu juga akan ikut menentukan arah bisnis ke depan.

Memilih bisnis yang anda sendiri tidak tahu sama sekali ilmunya memiliki resiko yang lebih besar. Menjalani bisnis yang modalnya sama sekali tidak dapat dipenuhi maka akan sangat sulit untuk diwujudkan. Memilih bisnis yang banyak membutuhkan tenaga ahli juga berarti anda membutuhkan modal yang lebih banyak untuk menyewa atau mempekerjakan tenaga tersebut.

Hal-hal yang berkaitan dengan kemampuan seperti itu hendaknya juga tidak dikesampingkan ketika anda memilih sebuah bisnis. Jika diabaikan maka anda akan memiliki masalah sendiri dikemudian hari yang bahkan mungkin tidak dapat diprediksi sebelumnya.

Ingat, dalam melakukan pilihan sangat penting untuk memperhatikan segala aspek yang berkaitan. Misalnya jika anda memilih untuk menjalankan bisnis jual baju online maka anda harus mempertimbangkan kemampuan anda dalam menyediakan produk baju, kemampuan anda dalam menyediakan pelayanan, pengiriman dan sebagainya.

Sarana
Untuk membangun sebuah bisnis maka anda membutuhkan sarana dan prasarana, alat yang akan digunakan untuk menjelankan bisnis tersebut. Jangan lupa untuk mempertimbangkan hal ini. Untuk bisnis online misalnya, tentu saja anda membutuhkan perangkat komputer atau laptop yang terhubung dengan koneksi internet, itu harus diperhitungkan juga.

Belum lagi jika ada sarana lain yang mungkin dibutuhkan. Anda dapat mulai mempertimbangkan mulai dari kemudahan untuk memenuhi kebutuhan sarana tersebut, pembiayaan dan seterusnya. Kadang pemula bahkan mengabaikan hal ini dan ketika dibutuhkan baru sadar bahwa untuk mencukupi alatnya saja sudah memerlukan modal yang besar. Paling tidak sebelum memilih bisnis yang diinginkan anda juga memperhitungkan hal tersebut.

2) Contoh bisnis online bagi pemula

Di awal telah dikatakan bahwa yang termasuk bisnis online ini banyak bukan hanya satu dua. Ada bisnis online yang bergerak dibidang jasa dan ada pula bisnis yang bergerak dibidang marketing. Mungkin hanya banyak dikenal saat ini adalah bisnis toko online, ya itu hanya satu dari sekian bisnis yang dapat anda pilih.

Siap untuk menerapkan cara membuka bisnis online? Kalau begitu silahkan pilih terlebih dahulu jenis bisnis apa yang ingin dijalankan. Untuk sekedar pertimbangan saja, berikut akan diberikan beberapa contoh jenis bisnis di internet yang dapat anda pertimbangkan. Berikut contoh selengkapnya.

1) Bisnis online shop
2) Bisnis affiliasi
3) Bisnis periklanan online
4) Bisnis jasa penulis
5) Bisnis jasa desain
6) Bisnis trading forex

Nah, misalnya anda memilih untuk menjalankan bisnis online shop atau toko online maka selanjutnya anda dapat menelusuri dan menimba ilmu tentang cara membuat bisnis online khusus online shop. Dengan bekal tersebut maka selanjutnya anda dapat membuat bisnis online anda sendiri.

Di atas tersebut adalah satu tahap awal untuk cara berbisnis online bagi para pemula. Setelah ini, pekerjaan rumah yang harus anda selesaikan adalah menentukan pilihan. Jika anda telah memiliki pilihan maka anda dapat mulai menyiapkan diri untuk menjalankannya. Caranya yaitu dengan mencari informasi mengenai tahapan-tahapan yang harus anda kerjakan untuk mewujudkan ide bisnis yang anda pilih tadi.

Berbagai pembahasan mengenai tahap atau langkah memulai berbagai bisnis online telah dibahas sebelumnya dalam situs ini. Silahkan anda cari informasinya sesuai dengan jenis bisnis yang akan anda jalankan. Anda bisa mencari caranya dengan menggunakan kotak pencarian situs. Itu saja, mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat, salam sukses!

Cara Berbisnis Online Bagi Pemula, Pilih Bisnisnya Dahulu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko