Monday, August 1, 2016

Peluang Usaha Komputer, Menjanjikan Toko atau Rental?

Peluang Usaha Komputer, Menjanjikan Toko atau Rental? Untuk mengetahui bagaimana peluang untuk usaha di bidang komputer maka harus dilihat terlebih dahulu jenis usahanya. Paling tidak, untuk usaha ini ada dua jenis yang dapat dipilih yaitu pertama di bidang perdagangan dan yang kedua di bidang jasa. 

Di bidang perdagangan ada usaha jual beli atau toko komputer sedangkan di bidang jasa ada usaha rental komputer. Jika ditanya apakah usaha tersebut bagus untuk dijalankan maka untuk menjawabnya harus ada analisa lebih jauh. 

Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi bagaimana prospek sebuah bisnis baik yang berasal dari dalam diri pengelola maupun yang berasal dari luar. Dari pengelola ada aspek kemampuan dan keterampilan sedangkan dari luar ada kebutuhan pasar, persaingan, lokasi dan sebagainya.

Maka dari itu, agar dapat menentukan bagus tidaknya peluang bisnis tersebut maka harus diteliti berbagai aspek yang berkaitan. Kira-kira menjanjikan mana ya antara usaha toko komputer dan bisnis rental komputer? Beberapa yang dapat dikaji lebih jauh diantaranya seperti disebutkan di bawah ini.

1) Lokasi usaha dan lingkungan masyarakat
2) Tingkat kebutuhan konsumen dan daya beli
3) Persaingan dan sarana pendukung
4) Keahlian dan modal
5) Persiapan dan perencanaan

Berbagai aspek di atas sebaiknya dapat dikaji dan di analisa lebih jauh secara objektif untuk mendapatkan informasi yang akurat. Informasi yang diperoleh nantinya dapat dijadikan dasar pertimbangan untuk membaca dan mengukur bagaimana prospek yang dapat diraih. Terlepas dari semua itu, dari dua jenis bisnis ini manakah yang lebih menjanjikan?

A. Gambaran usaha toko komputer

Karakteristik bisnis jual beli komputer tentu saja berbeda dengan jenis bisnis jasa komputer atau rental. Toko hanya bergerak di bidang distribusi dimana anda berperan sebagai perantara sebelum barang sampai di tangan pengguna. 

Ini berarti laba atau keuntungan bisa didapatkan dari selisih harga beli dan harga jual yaitu harga ketika anda membeli perangkat komputer dan harga ketika anda menjualnya. Lalu apakah bisnis toko tersebut cukup bagus? 

Kembali ke penjelasan di awal, ada banyak hal yang mempengaruhi bagus tidaknya bisnis ini. Tetapi paling tidak ada beberapa poin awal yang dapat anda kaji dan anda pertimbangkan. Beberapa poin tersebut berhubungan dengan keadaan bisnis yang akan anda jalankan tersebut, selengkapnya seperti di jelaskan berikut!

1) Toko komputer perlu modal cukup besar
Perlu diketahui, untuk menjalankan bisnis toko anda membutuhkan modal yang tidak sedikit, apalagi harga barang yang akan anda jual nantinya tidak murah. Sebut saja misalnya, jika harga per unit komputer adalah 3 juta. 

Maka paling tidak untuk bisa menjual 1 unit perangkat komputer anda harus menyiapkan modal pembelian sebesar itu. Itulah sebabnya maka dikatakan usaha ini memang membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Itu untuk gambaran satu komputer, belum jika dengan peralatan atau hardware tentu modalnya akan bertambah lagi bukan? Diluar tempat, usaha toko komputer memang sudah cukup membutuhkan dana banyak, untuk modal pembelian perangkat komputer saja sudah dapat dihitung secara kasar modal yang dibutuhkan berapa. Belum jika ditambah dengan untuk alat-alat aksesoris komputer lain yang akan dijual.

Intinya, perlu dicatat dan diperhitungkan benar bahwa jika anda ingin membuka usaha di bidang jual beli maka anda harus mempersiapkan modal yang tidak sedikit. Modal awal 30 juta mungkin belum apa-apa untuk mendirikan bisnis penjualan komputer ini.

2) Kebutuhan terbesar dari korporasi
Harus diketahui juga bahwa konsumen paling berpotensi untuk sebuah toko komputer adalah dari korporasi baik itu perusahaan swasta, instansi pemerintah dan lainnya. Ini berarti skala bisnis yang akan anda kembangkan tersebut memang harus ditujukan atau membidik kalangan tersebut.

Untuk kebutuhan personal, saat ini masyarakat umum sudah lebih sedikit yang membutuhkan komputer. Hal ini karena masyarakat umum biasanya lebih cenderung ke perangkat mobile. Jadi, untuk urusan komputer masih cukup kalah jika dibanding dengan korporasi tersebut.

3) Memerlukan lokasi di pusat keramaian
Jika anda ingin mendirikan toko komputer jangan pernah berfikir untuk mendirikannya di daerah yang sepi atau di desa. Bisnis ini bisa saja sangat lambat perkembangannya atau bahkan mungkin stagnan jika didirikan di daerah atau lokasi yang tidak mendukung. 

Lokasi yang dianggap paling bagus adalah lokasi perkotaan yaitu ditengah atau di pusat keramaian atau pusat perbelanjaan. Hal ini karena target market atau konsumen untuk bisnis ini adalah kalangan tertentu yang memiliki uang dan memiliki kebutuhan teknologi. Jadi, jika anda berniat untuk mencoba bisnis ini jangan lupa pertimbangkan benar-benar masalah pemilihan lokasi tersebut.

4) Tren kebutuhan individu menurun
Perkembangan perangkat mobile yang semakin cepat membuat penggunaan komputer desktop cenderung menurun. Hal ini karena sudah banyak perangkat ponsel pintar yang mulai bisa menggantikan peran komputer desktop. Apalagi jika dibandingkan dengan perkembangan laptop. Masih banyak yang butuh komputer tetapi kecenderungan masyarakat lebih beralih ke perangkat yang lebih mobile.

5) Pengelolaan cukup mudah
Ini mungkin sisi baik yang dimiliki bisnis ini yaitu pengelolaannya yang tergolong cukup mudah. Ya, namanya juga toko jadi aktivitas yang utama hanyalah pemasaran barang. Kalau dibandinkan dengan bisnis lain, toko komputer lebih mudah dikelola bahkan untuk orang yang tidak memiliki keahlian di bidang komputer sekalipun.

Berbeda dengan rental yang harus memiliki keahlian khusus dibidang komputer, toko hanya berisi kegiatan yang cenderung lebih sederhana, misalnya pencatatan, pemasaran dan sebagainya. Untuk orang yang kurang memiliki keahlian teknis di bidang komputer toko mungkin cukup ideal untuk dicoba.

B. Gambaran bisnis rental komputer
Ya, kasar memang kalau langsung dikatakan bahwa usaha rental atau pengetikan ini tidak memiliki masa depan apapun, tetapi memang demikian, usaha di bidang jasa ini semakin hari semakin sedikit yang membutuhkan. 

Salah satu alasannya adalah semakin hari orang banyak yang semakin pandai dan terampil dalam menjalankan komputer jadi kebutuhan ke rental akan semakin berkurang. Alasan lain adalah karena rental merupakan tempat yang umum dan tidak terjaga privasinya. 

Jadi bagi yang sebenarnya membutuhkan jasa rental tetapi untuk hal yang sifatnya privat maka akan terus mencari cara agar terlepas dari ketergantungan dengan jasa rental. Namun begitu bukan berarti juga usaha ini tidak layak sama sekali dijalankan. Agar lebih jelas bagaimana gambarannya mari kita lihat beberapa poin berikut!

1) Modal relatif kecil
Anda yang sekedar ingin mencari penghasilan tambahan mungkin bisa memilih usaha ini. Pasalnya usaha ini hanya membutuhkan modal yang relatif kecil. Untuk rental komputer atau jasa pengetikan menggunakan satu komputer dengan perangkat cetak pun sudah dapat didirikan. Jadi, dengan kisaran modal awal 5 jutaan selain tempat, anda sudah bisa memiliki usaha sendiri.

2) Konsumen terbanyak pelajar dan mahasiswa
Rental komputer kebanyakan memiliki konsumen dari para pelajar dan mahasiswa. Jadi ramai tidaknya pengguna jasa juga akan dipengaruhi oleh tuntutan kurikulum para pelajar dan mahasiswa tersebut. Contohnya, kalau kurikulum menuntut anak terampil dengan pengalaman dan tidak membebani dengan banyak tugas bisa jadi semakin sedikit pengguna jasa rental.

3) Lokasi di sekitar areal pendidikan
Kalau tidak bisa menyediakan lokasi di areal pendidikan maka sebaiknya dipertimbangkan lagi jika ingin mendirikan rental komputer. Pasalnya lokasi yang paling dekatlah yang akan dipilih oleh konsumen baik dari kalangan pelajar maupun mahasiswa. Maka dari itu jika anda memiliki lokasi strategis di areal sekolah atau kampus anda dapat mempertimbangkan usaha ini lebih jauh.

4) Tren kebutuhan individu menurun
Dalam perkembangannya, ditahun-tahun awal komputer mulai dikenal dan dimanfaatkan untuk banyak kegiatan komputasi dan data usaha jasa rental memang begitu menjanjikan. Karena banyak yang mulai beralih dengan sistem pengolahan data dengan komputer sementara banyak masyarakat yang belum mampu mengoprasikannya.

Berbeda dengan hari ini, sekarang tren kebutuhan individu untuk jasa komputer semakin menurun. Ini karena semakin ke sini semakin banyak yang sudah mampu menjalankan dan mengoprasikan komputer dengan baik. Maka wajar jika dikatakan bahwa usaha ini kurang begitu prospek ke depan.

5) Pengelolaan relatif lebih sulit
Orang yang bisa menjalankan jasa pengetikan atau rental komputer tentu adalah orang yang lebih tahu cara mengoprasikan dan menggunakan perangkat tersebut. Ini berarti selain pengelolaan bisnis orang yang hendak menjalankan usaha ini juga harus memiliki skill khusus. Jika anda tidak memiliki kemampuan tersebut maka anda tidak cocok untuk menjalankan usaha ini.

Secara umum memang peluang usaha bidang komputer ini cukup baik namun perlu dilihat lagi jenis usaha yang akan dijalankan apakah jasa atau jual beli. Untuk jasa, usaha ini bisa dijadikan alternatif mencari tambahan penghasilan meski kurang memiliki masa depan bagus.

Untuk toko atau jual beli sendiri cukup memiliki prospek menjanjikan tetapi perlu modal usaha yang cukup. Pilih mana antara kedua jenis bisnis tersebut, perlu analisa lebih jauh untuk mendapatkan jawaban yang benar-benar objektif.

Peluang Usaha Komputer, Menjanjikan Toko atau Rental? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko