Tuesday, August 2, 2016

Tips Pemasaran Bisnis Jasa Salon Mobil Agar Laris

Tips Pemasaran Bisnis Jasa Salon Mobil Agar LarisBagaimana agar usaha yang anda lakukan di bidang salon mobil bisa mencapai kesuksesan? Tidak gampang memang, pertama anda harus mendirikan bisnis tersebut dengan dasar perhitungan peluang yang objektif. Selain itu anda perlu memperhitungkan bagaimana tantangan dan hambatan dalam bisnis mobil tersebut.

Betapa pun tinggi kemampuan dan keahlian anda, jika anda menjalankan usaha yang tidak ada prospeknya tentu akan sulit untuk sukses. Begitu juga ketika anda menjalankan usaha menjanjikan tanpa memperhitungkan tantangan dan hambatan yang mungkin dihadapi. Yang ada ketika menemui masalah anda akan kesulitan dan bisa saja gagal dalam menangani masalah tersebut.

Selain hal di atas masih ada hal lain yang juga berperan penting dalam kesuksesan sebuah usaha yaitu di bidang pemasaran. Pemasaran ini merupakan ujung tombak yang akan menghantarkan konsumen kepada usaha yang anda jalankan. Maka dari itu, masalah pemasaran juga harus menjadi bahan pertimbangan anda.

1) Tingkatkan promosi
Salah satu kegiatan usaha yang harus dijalankan terus menerus adalah kegiatan promosi. Bahkan untuk menjangkau konsumen baru yang lebih banyak dan lebih luas seringkali anda harus meningkatkan kegiatan promosi usaha tersebut. Promosi ini sangat penting untuk dilakukan secara berkesinambungan untuk menyokong pemasaran.

Dengan promosi paling tidak ada dua hal yang bisa didapat. Pertama dengan promosi anda bisa mempertahankan pelanggan lama karena promosi ini akan membantu pelanggan untuk selalu mengingat bisnis anda. Kedua, dengan promosi anda bisa menggapai pelanggan baru karena promosi akan mengenalkan usaha atau bisnis anda tersebut kepada orang lain.

Meningkatkan promosi salon mobil yang anda jalankan mutlak diperlukan agar perkembangannya lebih baik. Tentu promosi ini dapat anda atur sedemikian rupa sesuai keadaan dan kebutuhan anda. Misalnya dari segi waktunya, bobotnya dan lain sebagainya.

Yang jelas, anda dapat meningkatkan promosi untuk menyasar pasar baru yang sebelumnya belum digarap atau untuk memaksimalkan pasar yang masih sepi bagi bisnis anda. Dengan dukungan sistem promosi ini maka pemasaran diharapkan akan lebih lancar lagi.

2) Pilih media promosi yang tepat
Ya, sekarang ini tidak harus monoton dan hanya menggunakan media promosi yang itu-itu saja. Coba pertimbangkan media promosi lain yang lebih cocok, lebih tertarget dan lebih terbukti. Tidak salah juga jika anda bisa menggabungkan beberapa media promosi sekaligus untuk menjangkau konsumen.

Zaman dahulu orang banyak menyebar selebaran untuk promosi. Selanjutnya banyak yang memanfaatkan media cetak sebagai media promosi utama. Kemudian ada media elektronik seperti radio, televisi dan sekarang ini ada media online dengan internet. Banyak sekali pilihan yang dapat digunakan.

Meski begitu, ketika melakukan promosi hendaknya diperhitungkan juga media yang dipilih. Untuk jenis usaha salon mobil apakah selebaran atau radio cukup untuk media promosi? Sepertinya tidak, ada media promosi lain yang lebih tertarget dan tepat sasaran untuk kalangan pengguna kendaraan mobil contohnya televisi atau bahkan media online.

3) Berikan diskon
Cara agar pemasaran bisa lebih moncer salah satunya yaitu dengan memberikan diskon atau potongan harga. Caranya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya diskon untuk pelanggan lama, pelanggan yang masih baru atau lainnya. Skema pemberian diskon dapat dibuat sedemikian rupa agar menarik pelanggan.

Dengan memberikan diskon untuk kejutan pelanggan maka sangat mungkin pelanggan akan merasa senang dan merasa diperhatikan. Semakin senang mereka maka akan semakin besar potensi mereka kembali.

4) Berikan cindra mata
Pada momen-momen tertentu misalnya anda bisa memberikan cindra mata atau oleh-oleh sebagai tanda ucapan terima kasih kepada pelanggan karena telah memberikan kepercayaan. Cindra mata atau oleh-oleh dapat disediakan secara khusus dengan jenis, bentuk dan jumlah yang dapat disesuaikan.

Atau, bisa juga anda memberikan hadiah kecil tersebut sepanjang waktu kepada semua pelanggan yang datang. Memang, hadiah tersebut mungkin tidak seberapa namun bisa meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang anda berikan. Anda bisa memilih benda-benda kecil yang bermanfaat yang dapat mengingatkan mereka kepada bisnis anda.

5) Berikan hadiah kejutan
Pada acara atau kesempatan tertentu, anda juga bisa memberikan hadiah kejutan kepada pelanggan. Kejutan kecil yang anda berikan akan memberikan kesan yang lebih mendalam kepada pelanggan yang datang. Sesuai namanya, hadiah yang satu ini memang bertujuan memberikan kejutan kepada pelanggan anda.

6) Bangun hubungan yang erat
Selain berbagai hal di atas, untuk memastikan sistem pemasaran berjalan dengan baik anda juga dapat dari awal mulai membangun hubungan yang erat dan hangat antara bisnis anda dengan pelanggan. Bahkan, lebih asyik dan menyenangkan jika pelanggan dapat merasa menggunakan jasa orang lain tetapi seolah seperti dengan keluarga atau orang terdekat.

Ikatan hubungan yang harmonis antara pelanggan dan bisnis akan melahirkan rasa saling percaya, saling memiliki dan saling memberi, Itu sangat penting agar pelanggan benar-benar menjadi orang yang setia memanfaatkan jasa yang anda berikan.

Demikian, dengan strategi pemasaran seperti di atas diharapkan usaha di bidang salon mobil yang anda jalankan dapat lebih maju dan sukses. Tentu saja hal-hal di atas hanyalah ide dan gagasan saja dan tidak dapat menjamin keberhasilan apapun. Untuk itu, tetap semangat dan selalu berusaha lebih baik bagi bisnis yang anda jalankan. Sampai disini, salam sukses!

Tips Pemasaran Bisnis Jasa Salon Mobil Agar Laris Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko