Saturday, August 6, 2016

Peluang Usaha Jual Baju Muslim dan Hambatan yang Dihadapi

Peluang Usaha Jual Baju Muslim dan Hambatan - Sudah siapkah anda membuka usaha busana muslim? Bisnis jual beli baju muslim saat ini merupakan usaha yang menjadi pilihan. Banyak masyarakat mencoba peruntungan membuka usaha ini. 

Peminat usaha ini juga sangat tinggi. Tren  busana muslim yang semakin melambung membuat permintaan konsumen cukup tinggi. Jenis busana yang dibutuhkan pun beragam. Ada baju muslim untuk anak-anak balita, remaja, sampai tua. 

Indonesia merupakan negara yang menjadi rujukan untuk tren baju muslim sedunia. Di mana di Indonesia sendiri banyak sekali desainer-desainer yang terus melahirkan baju-baju yang berkualitas sesuai kebutuhan pasar.

Seperti contoh baju muslim milik Rhicis. Dimana gaya berbusana ala richis saat ini menjadi rujukan dalam berbusana. Gaya berbusana ala richis cukup simple sehingga  menarik minat para remaja untuk memakai tren ini. 

Meski terbilang cukup sederhana, gaya berbusana ala richis juga keren dan tidak menghilangkan unsur syar’i sehingga aman untuk di gunakan dan tidak melanggar norma agama. Melihat busana muslim yang semakin berkembang mengikuti zaman. 

Bisa kita simpulkan bahwa usaha baju muslim ini mempunyai prospek yang bagus. Dimana itu dapat kita lihat dari kebutuhan konsumen dan tren yang terus berganti. Usaha ini tentu bisa di lakukan dalam jangka waktu yang panjang.

1) Gambaran peluang usaha busana muslim

Usaha bisnis baju muslim ini terbilang cukup banyak peminatnya. Dimana peminatnya pun beragam dari tua, muda, sampai anak-anak. Bisnis baju muslim juga terus berevolusi mengikuti perkembangan zaman. Usaha ini dapat menjawab kebutuhan konsumen sesuai zamanya sendiri. Tentu  prospek usaha baju muslim ini akan selalu bagus dan selalu mendatangkan konsumen yang banyak.

Mereka kaum muslim tentu akan selalu membutuhkan baju muslim. Dimana baju muslim sudah merupakan jadi diri mereka sebagai seorang muslim. Pada dasarnya, bagi kaum hawa baju muslim di pergunakan untuk menutupi auratnya. Selain sebagai penutup aurat baju muslim juga biasa di gunakan para kaum hawa untuk mempercantik penampilan.

Kebutuhan baju muslim ini juga terbilang cukup tinggi. Indonesia sendiri merupakan negara muslim terbesar di dunia, masyarakatnya pun gemar menggunakan baju muslim. Hal ini tentu membuat kebutuhan akan busana muslim menjadi tinggi. Dan akan terus bertambah jumlah konsumen seiring bergantinya zaman dan bertambahnya penduduk.

Kebutuhan yang cukup tinggi akan busana muslim juga dapat dilihat ketika lebaran tiba. Pada masa lebaran konsumen membutuhkan baju muslim ini untuk merayakan lebaran. Baju yang di gunakan pun juga beragam baik corak maupun warnanya. Ketika lebaran para pedagang juga mengaku barang dagangannya begitu laris manis sehingga perputaran barangnya tidak lama.

Usaha jual baju muslim juga mempunyai laba yang cukup menggiurkan. Namun laba tersebut tergantung pada seberapa banyak barang yang kita jual. Menurut para pedagang baju muslim, dalam sehari mereka bisa mendapatkan keuntungan/laba sebesar 300 ribu. Angka tersebut tentu bukan angka yang kecil bukan?

Laba atau keuntungan dapat bertambah pada bulan Ramadhan atau pun hari raya lebaran. Menjelang lebaran kebutuhan baju muslim cukup tinggi sehingga laba yang di dapatkan pun cukup besar. Pada hari besar ini pula para pedagang mengaku sangat mudah untuk menjual barangnya. Tidak membutuhkan waktu lama untuk menghabiskan barang dagangan dan mendapatkan untung besar.

2) Kebutuhan modal usaha

Kebutuhan modal sendiri tergantung dari seberapa besar usaha yang hendak anda buka. Akan membutuhkan modal yang besar bila usaha yang anda buka merupakan usaha dengan skala besar. Namun bila usaha yang anda buka merupakan usaha dengan sekala kecil maka tidak membutuhkan modal yang banyak.

Untuk usaha kecil sendiri anda bisa menjual produk anda secara online. Menjual secara online, selain modal yang di butuhkan kecil penjualan menggunakan online juga cukup efektif untuk memasarkan produk pakaian. Untuk usaha bisnis baju muslim dengan sekala kecil anda cukup membutuhkan modal di kisaran angka 3 juta.

Adapun usaha baju muslim dengan sekala besar, modal yang dibutuhkan pun juga besar. Modal tersebut digunakan untuk mempekerjakan karyawan, menyewa tempat, dan modal untuk barang yang hendak kita jual. Modal yang di butuhkan untuk memulai usaha baju muslim ini bahkan dapat mencapai sekitar 100 juta.

Biaya harian atau biaya produksi untuk usaha jual beli baju ini terbilang sedang dan tidak terlalu tinggi. Modal yang kita keluarkan untuk biaya harian tersebut biasanya untuk keperluan kebersihan dan keperluan makan para karyawan. Biaya harian akan semakin besar bila karyawan yang anda pekerjakan jumlahnya banyak.

3) Tantangan dan hambatan

Pada dasarnya untuk memulai sebuah usaha pastilah banyak masalah dan hambatan, begitu juga dengan usaha ini. Namun hambatan tersebut akan sirna tergantung seberapa besar usaha kita untuk melalui hambatan tersebut. Sebuah bisnis dan hambatannya tidak akan sepadan dengan apa yang dicita-citakan, benar bukan?

Untuk bidang bisnis penjualan busana muslim ini memiliki hambatan pada modal. Modal  yang di butuhkan untuk memulai usaha baju muslim ini terbilang cukup besar. Belum lagi dengan biaya harian yang harus di keluarkan untuk kebutuhan konsumsi dan biaya-biaya tak terduga lainnya. Maka dari itu perlu pertimbangan yang matang sebelum memulai bisnis ini.

Selain banyak peminat maupun konsumen, usaha di bidang pakaian ini juga mempunyai banyak persaingan. Hal itu di sebabkan karena bumingnya tren baju muslim saat ini. Dan sebab itulah masyarakat memanfaatkan kesempatan ini untuk mencoba membuka bisnis baru. Namun hal tersebut membuat persaingan begitu ketat antara para pedagang baju tersebut.

Untuk mengatasi tantangan maupun hambatan dalam berbisnis baju muslim ini kita di tuntut untuk cermat dalam segala hal. Yang paling tak kalah pentingnya adalah kita harus pandai membuat pelanggan merasa puas dengan barang yang kita tawarkan. Untuk menjamin barang yang kita jual sesuai dengan kriteria pelanggan kita harus memperhatikan hal-hal berikut:

4) Mengikuti tren terbaru

Hal ini tentu sangat penting bagi berlangsungnya bisnis baju muslim anda. Barang dengan model terbaru akan menarik banyak peminat. Sehingga konsumen akan merasa puas dan konsumen pun  akan terus berdatangan. Dengan mengikuti tren yang ada maka berbagai pakaian yang dijual bisa sesuai dengan kebutuhan pasar.

5) Menyesuaikan harga

Untuk menarik banyak peminat, barang dengan harga murah atau pun barang dengan harga sedang dan tidak terlalu mahal, tentu selalu menjadi pilihan konsumen. Yang mana kita di tuntut untuk jujur dalam memberikan harga ke konsumen agar barang yang kita jual dapat berputar dengan stabil. Ambilah keuntungan secukupnya saja dan jangan mengambil keuntungan terlalu besar.

Usaha baju muslim ini bagus di jalankan. Melihat busana muslim saat ini menjadi tren fashion. Busana muslim juga selalu berkembang dengan model dan corak beragam. Hal ini tentu membuat bisnis baju muslim ini bisa di jalankan dengan waktu jangka panjang.

Namun untuk memulainya pastikan anda sudah mempunyai modal. Dalam usaha baju muslim modal merupakan hambatan yang paling utama. Usaha akan berjalan bila di dasari dengan modal yang cukup. Itu saja yang bisa saya sampaikan, salam sukses!

Peluang Usaha Jual Baju Muslim dan Hambatan yang Dihadapi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko