Friday, August 5, 2016

Tips Bisnis Minuman Jus Buah Agar Laris Untung Besar

Tips Bisnis Minuman Jus Buah Agar Laris - Bisnis di bidang kuliner seperti minuman jus buah juga memiliki peluang yang cukup bagus. Bisnis ini juga dapat menyasar berbagai kalangan masyarakat mulai dari kalangan bawah, menengah atau atas sekalipun. 

Bisnis minuman seperti ini juga memiliki permintaan yang tidak sedikit dan bisa memberikan penghasilan yang lumayan. Tidak begitu sulit untuk memulai bisnis ini, intinya hanya perlu menyiapkan lokasi yang bagus dan pandai membuat aneka minuman jus. 

Semakin bagus lokasi mana semakin tinggi potensi keberhasilan yang bisa didapat. Namun begitu, bisnis ini juga memiliki tantangan dan hambatan yang harus dilalui. Tidak mudah, namun dengan kerja keras anda juga dapat mewujudkan impian dan keberhasilan.

Keberhasilan bisnis ini, seperti juga bisnis lain, juga sangat dipengaruhi oleh kemampuan pengelola. Artinya kemampuan dan keahlian anda sebagai pemilik sangat berperan dalam kemajuan bisnis tersebut. 

Kemampuan ini bukan hanya kemampuan dibidang pembuatan jus tetapi juga kemampuan lain seperti manajemen pemasaran, pengelolaan keuangan dan lain sebagainya. Semakin banyak kemampuan anda maka akan semakin bagus peluang yang bisa anda raih. 

Maka dari itu, untuk mewujudkan sebuah bisnis jus buah yang sukses ada baiknya anda juga mengembangkan diri dengan berbagai tips pengelolaan bisnis tersebut. Sebagai contoh anda dapat belajar kiat atau tips agar produk minuman anda laris. Nah, beberapa tips tersebut agar bisnis anda laris antara lain sebagai berikut!

1) Perbanyak variasi jus
Meski tidak semua disukai namun agar bisnis anda bisa lebih laris sebaiknya anda memberikan pilihan jus yang cukup beragam. Jadi, jika ada konsumen yang datang maka mereka dapat memilih jus apapun yang mereka inginkan, mau jus mangga sudah disediakan, jus tomat pun ada, kira-kira demikian gambarannya.

Memberikan pilihan yang cukup beragam akan memberikan kesan lebih kepada pengunjung. Selain itu, semakin banyak jenis jus yang dapat disediakan maka anda dapat menarik lebih banyak penikmat minuman jus. Jadi, apapun jus yang diinginkan anda bisa menyediakannya untuk pelanggan.

Secara tidak langsung, dengan memperbanyak variasi minuman jus tersebut maka resiko orang mencari minuman dan tidak ada bisa anda kurangi. Dengan begitu siapapun yang datang dapat dilayani dengan baik sesuai keinginan mereka. Diharapkan, semakin banyak variasi yang dimiliki maka akan semakin banyak masyarakat yang datang.

2) Buat rasa yang mantap
Jangan pelit atau perhitungan dengan rasa jus yang dihasilkan, berikanlah rasa minuman yang benar-benar mantap seperti yang diharapkan konsumen. Pastikan bahwa lidah mereka benar-benar dapat menikmati kesegaran dan rasa yang ada pada jus yang anda berikan. Jika anda dapat memastikan rasa jus yang anda buat benar-benar pas dan sesuai keinginan pelanggan maka kemungkinan besar mereka akan kembali lagi.

Masalah rasa ini sering kali diabaikan, banyak pelaku bisnis yang hanya mengejar untung semata dan melupakan pelayanan yang diberikan. Sebut saja misalnya agar mendapatkan untung yang lebih banyak mereka mengurangi takaran buah yang dibuat jus dan hanya memperbanyak es-nya saja. Tentu saja hal seperti itu akan mengurangi kualitas rasa dan kenikmatan jus yang dihasilkan.

Satu dua hari praktek semacam itu mungkin tidak akan berpengaruh namun lambat laun pelanggan akan mencari jus yang lebih mantap lagi. Jika anda tidak tidak ingin kehilangan pelanggan dan ingin bisnis anda tambah ramai maka pertimbangkan dengan baik masalah tersebut.

3) Buat tampilan yang menarik
Dalam membuat tampilan produk lebih menarik maka kreativitas anda akan diuji dan hasilnya juga akan berpengaruh dengan penjualan. Meski tidak berpengaruh langsung namun bentuk tampilan produk yang lebih menarik tentu akan lebih mengundang perhatian. Maka baiknya untuk meningkatkan penjualan buatlah minuman jus yang lebih berbeda dari yang sudah ada.

Dalam mempercantik tampilan minuman jus anda bisa menambahkan hiasan pada saat penyajian, tentunya yang juga dapat dikonsumsi. Yang dapat anda lakukan misalnya membuat kombinasi warna, bentuk dan juga kemasan berbeda. Mengkombinasikan warna dengan beberapa biji buah mungkin bisa anda jadikan alternatif.

4) Pilih lokasi yang strategis
Yang paling pertama berpengaruh terhadap penjualan selain kualitas jus biasanya adalah lokasi usaha. Artinya lokasi yang digunakan haruslah lokasi yang benar-benar bagus, strategis dan dapat lebih mudah menjangkau banyak konsumen. Lokasi yang paling ramai biasanya adalah lokasi yang cukup strategis dan bagus untuk dipilih.

Memang, untuk menyediakan lokasi strategis anda harus menambah modal yang tak sedikit. Tetapi ingat, lokasi ramai dengan kebutuhan modal yang tinggi tetap lebih menjanjikan dari pada lokasi sepi yang murah. Maka, jangan asal cari yang murah, pertimbangkan apakah lokasinya strategis atau tidak.

5) Harga yang bersaing
Memasuki dunia usaha yang persaingannya ketat biasanya akan terasa juga pada saat menentukan harga jual. Biasanya harga pada kondisi seperti itu akan sangat bersaing maka dari itu maka dari itu anda tidak boleh asal dalam menentukan harga.

Ketika pesaing memberikan harga rendah maka anda harus memperhitungkan untuk tidak terpaut terlalu jauh. Ini sangat penting dan sangat diperhatikan oleh konsumen. Bahkan meski produk minuman jus anda lebih baik, lebih sehat dan lebih berkualitas jika harganya lebih mahal biasanya masyarakat pun akan berpikir dua kali, apalagi jika pangsa pasar yang anda bidik dari kalangan menengah ke bawah.

Sangat penting untuk menentukan harga yang bersaing di pasaran tetapi jangan pula sampai anda memulai atau terjebak dalam perang harga karena pasti akan tidak baik bagi iklim usaha anda nantinya. Maka, anda bisa mempertimbangkan harga yang benar-benar pas dan cocok bagi produk yang anda jual tersebut agar lebih menarik pelanggan.

Agar usaha lebih laris, baik itu di bidang minuman jus buah segar atau lainnya anda perlu memberikan pengelolaan yang benar-benar baik. Selain itu pelayanan anda juga akan menjadi poin tambahan yang akan dinilai oleh pelanggan. Maka dari itu berusaha memberikan yang terbaik bisa menjadi solusi anda dalam mengembangkan usaha dan bisnis tersebut.

Tips Bisnis Minuman Jus Buah Agar Laris Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko