Monday, August 29, 2016

Peluang Usaha Kecil Makanan, Menjanjikan atau Tidak?

Mungkin anda ingin menjadi seorang wirausaha kuliner modal kecil namun apakah anda tahu bagaimana peluang dari usaha kecil makanan tersebut? Ini penting, sebelum memilih atau membuka sebuah usaha baru maka diperlukan analisis dan kajian untuk megetahui sejauh mana prospek dari usaha tersebut.

Jika anda ingin membuka usaha makanan dan minuman misalnya, maka anda sebaiknya harus tahu dulu peluang untuk usaha kecil makanan dan minuman tersebut. Itulah kenapa akhirnya ada pertanyaan tentang menjanjikan atau tidaknya usaha. Itu tadi sedikit mengenai pentingnya mengukur prospek dari sebuah usaha.

Sekarang, mari kita kembali kepada usaha kecil makanan, apakah usaha ini bagus? Ya, bagus tidaknya tentu akan ada banyak faktor yang mempengaruhi. Maka tugas anda-lah yang ingin mencoba peruntungan di bidang tersebut untuk menelusurinya lebih jauh. Harus ada upaya nyata untuk hal itu agar nantinya usaha yang didirikan memiliki landasan atau dasar yang bagus.

Peluang atau prospek tadi juga biasanya akan dipengaruhi juga dengan jenis usahanya, misalnya jenis usaha makanan dengan modal kecil mungkin saja akan berbeda dengan usaha dengan makanan lainnya. Tentu semua harus dicermati dengan baik.

A. Pertimbangan analisa usaha

Selanjutnya, dari pengantar di atas berarti seorang pelaku usaha harus memiliki kepastian bagaimana prospek dari bisnis atau usaha yang dijalankan. Itu berarti pelaku usaha harus melakukan analisa atau kajian ke arah tersebut. Nah, dalam kajian atau analisa yang akan dilakukan tentunya harus ada pertimbangan-pertimbangan sendiri dalam mengukur prospek usaha yang akan dijalankan.

Ternyata, tidaklah sederhana untuk mengukur bagaimana proses kedepan dari sebuah usaha. Ada banyak aspek yang seharusnya dipertimbangkan dengan baik dalam melakukan analisis. Berbagai pertimbangan inilah yang nantinya akan memberikan indikasi apakah sebuah usaha layak untuk diperjuangkan atau tidak.

Pertanyaan selanjutnya, apa saja pertimbangan yang harus dicermati dalam melakukan analisis usaha? Jika melihat pada hasilnya maka sebenarnya semua aspek usaha dapat dikaji untuk mengetahui lebih jauh peluang yang dimiliki. 

Sebut saja misalnya mengenai daya tahan atau kelangsungan usaha dimasa depan, apakah usaha tersebut sepuluh tahun lagi masih dibutuhkan atau tidak. Agar lebih mudah dalam melakukan kajian maka anda dapat mempertimbangkan beberapa aspek berikut.

1) Tingkat persaingan
Ya, tingkat persaingan ini memang juga patut dipertimbangkan dan dianalisa lebih jauh. Karena bagaimanapun tingkat persaingan juga memiliki kaitan dengan bagaimana peluang atau prospek dari sebuah usaha. Maka dari itu, seorang pelaku usaha sebaiknya tidak mengesampingkan masalah ini.

Bisa diamati langsung, tingkat persaingan tentu akan menjadi tantangan bahkan sekaligus hambatan dalam sebuah usaha. Persaingan yang ketat jelas akan membuat sebuah pasara akan lebih sulit ditembus. Tetapi disisi lain, persaingan ketat juga biasanya terjadi karena prospek yang cenderung lebih baik.

2) Daya beli konsumen
Selain persaingan, daya beli juga dapat dijadikan indikasi sebuah usaha bagus atau tidak. Daya beli ini tentunya akan berhubungan dengan pangsa pasar yang akan dibidik. Artinya, jika anda membuka menjual makanan sederhana maka pasarnya adalah kalangan ekonomi menengah ke bawah yang cenderung memiliki daya beli yang lebih rendah. Dan, jika anda menjual makanan modern yang mahal maka tentunya pasaranya adalah orang menengah ke atas.

Pasar konsumen ini tentu dapat diukur daya belinya, dan itu tadi dapat memberikan indikasi prospek dari usaha tersebut. Sederhananya, kalau tidak ada kesulitan ekonomi maka tentu orang akan lebih berpeluang menjadi konsumen dan sebaliknya. Dari sini maka daya beli konsumen hendaknya juga dapat dipertimbangkan.

3) Kemampuan pengelola
Skill dan kemampuan anda sebagai pengelola juga akan berpengaruh terhadap kelangsungan usaha. Artinya kemampuan pengelola juga berkaitan dengan peluang atau prospek usaha yang akan anda jalankan. 

Jika kemampuan anda bagus maka kesempatan usaha anda maju tentu lebih tinggi jika dibandingkan dengan ketika kemampuan anda terbatas. Itulah mengapa akhirnya kemampuan pengelola juga dapat masuk menjadi salah satu pertimbangan. 

Artinya sebelum menentukan pilihan atau menjalankan usaha akan lebih baik jika dilihat kemampuan yang dimiliki. Sederhananya, menjalankan usaha yang tidak dikuasai tentu saja peluangnya lebih sedikit jika dibandingkan dengan menjalankan usaha yang kita kuasai ilmunya dengan baik.

4) Lokasi dan sarana
Lokasi dan sarana usaha juga mendukung kemampuan usaha tersebut untuk berkembang. Artinya tanpa dukungan dengan lokasi dan sarana yang sesuai maka sebuah usaha bisa menjadi tidak berbobot. Maka, ide usaha yang bagus tentunya harus juga didukung dengan lokasi dan sarana yang sesuai.

Oleh karena itu lokasi serta sarana usaha juga sebaiknya masuk dalam pertimbangan analisa yang akan dilakukan. Selain itu biasanya jenis makanan yang akan dijual juga akan berpengaruh terhadap usaha tersebut. Sebagai contoh, ketika anda memilih makanan ringan untuk usaha rumahan hal itu tentu saja akan menghasilkan potensi yang berbeda dengan ketika anda memutuskan untuk menjalankan makanan modern ala restoran.

Selanjutnya, perlu diingat juga bahwa masing-masing aspek tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Aspek-aspek tersebut saling berhubungan dan merupakan satu kesatuan. Artinya, pertimbangan untuk mencari tahu sejauh mana peluang usaha harus melihat seluruh aspek tersebut sebagai satu kesatuan.

B. Gambaran peluang bagi usaha kecil makanan

Mungkin bagi pelaku usaha pemula banyak yang ingin mengetahui langsung bagaimana peluang dari bisnis kuliner modal kecil yang akan didirikan. Jika memang demikian maka perlu ditegaskan bahwa peluang atau prospek dari sebuah usaha tidak dapat ditentukan atau diukur oleh orang lain. Maksudnya disini, penilaian orang lain tentu akan berbeda-beda tergantung banyak faktor.

Maka yang bijak adalah, untuk mendapatkan gambaran tentang usaha makanan yang akan dijalankan tersebut anda sebagai pelaku usaha harus melakukan analisa sendiri. Dengan melakukan analisa sendiri maka semua aspek usaha dapat dikaji sesuai dengan kondisi yang cocok.

Karena bagaimanapun, di satu sisi usaha makanan dapat menjadi usaha yang sangat bagus tetapi disisi lain juga dapat menjadi sebuah usaha yang sangat buruk. Misalnya karena perbedaan tempat, perbedaan kemampuan pengelola, perbedaan sumber daya, modal dan lain sebagainya.

Melihat dari kenyataan tersebut maka apakah anda ingin mendirikan bisnis usaha makanan ringan, mendirikan bisnis ringan, membuka bisnis makanan ringan atau apapun itu anda harus melakukan kajian sesuai dengan kondisi masing-masing.

Sekedar untuk gambaran saja, secara umum usaha ini memang memiliki potensi yang cukup menjanjikan. Usaha ini merupakan usaha yang bergerak dibidang pemenuhan kebutuhan dasar yang dari waktu ke waktu tentu saja permintaannya cukup tinggi. Namun begitu sekali lagi ditegaskan bahwa anda perlu melakukan analisa dan kajian lebih jauh untuk mengukur peluang pada usaha kecil makanan tersebut.

Demikian, semoga dengan uraian singkat ini maka terjawab sudah pertanyaan yang ada di benak kita semua tentang menjanjikan atau tidaknya usaha ini. Paling tidak dari beberapa penjelasan di atas anda tentu dapat mengambil hikmah, pembelajaran atau bahkan ide dan gagasan serta pertimbangan yang diperlukan. Sampai disini, jika ada yang kurang berkenan kami mohon maaf dan salam sukses usaha!

Peluang Usaha Kecil Makanan, Menjanjikan atau Tidak? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko