Saturday, August 27, 2016

Investasi Emas, Solusi Tabungan Menjanjikan

Tabungan sedikit, anda belum punya tabungan emas? Mungkin investasi emas dapat anda gunakan sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan tabungan anda. Investasi ini cukup menjanjikan, khususnya untuk jenis investasi jangka menengah dan panjang.

Jadi kalau anda memang berniat menambah tabungan masa depan untuk jangka panjang maka tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan investasi ini. Untuk sesuatu yang jumlah uangnya tidak sedikit mungkin anda harus tahu terlebih dahulu apa alasan untuk melakukannya.

Ya harus begitu memang, salah satu alasan kenapa harus investasi emas adalah karena nilai keuntungannya yang lumayan besar. Anda sendiri pasti tahu bahwa harga emas dari tahun ke tahun cenderung naik bukan?

1) Investasi emas di pegadaian
2) Tabungan emas
3) Cara investasi emas
4) Investasi emas online
5) Investasi emas antam
6) Investasi emas syariah
7) Investasi emas batangan
8) Investasi emas perhiasan

Ya, jadi investasi ini bukan hanya untuk menyimpan uang anda tetapi juga akan membuat uang anda bertambah. Sebuah solusi yang sebenarnya cukup sederhana namun tetap bisa diandalkan, apalagi untuk jenis kebutuhan masa depan. Maka kenapa tidak mulai mempertimbangkannya, selain menyimpan, uang bertambah, lumayan bukan?

1) Alasan memilih investasi emas

Ya, harga emas ini memang lebih banyak naiknya karena dipengaruhi laju inflasi. Biasanya semakin tinggi laju inflasi maka akan berpengaruh juga pada semakin tingginya harga emas. Di Indonesia indonesia sendiri laju inflasi ini berkisar antara 5 – 6% per tahun. Menurut data statistik bila inflasi 10% maka harga emas naik 13%, bila inflasi 20% maka harga Emas naik 30%, bila inflasi 100% maka harga Emas naik 300%.

Maka dapat anda lihat bahwa jika di Indonesia rata-rata inflasi 6% per tahun maka dapat dipastikan harga Emas 5 tahun mendatang setidaknya naik 50% dari harga saat ini, bandingkan dengan deposito yang hanya 30% per 5 tahun dikurangi pajak.

Ya, jangan kaget, di awal memang sudah disebutkan bahwa emas cukup untuk jenis investasi jangka menengah dan panjang makanya dalam hitungan di atas dihitungnya pertahun. Jadi kurang lebih investasi ini kurang begitu bagus jika untuk jangka pendek.

Keuntungan memang akan menjadi alasan dasar dan biasanya paling utama namun demikian masih ada alasan-alasan lain yang membuat jenis investasi yang satu ini cukup bagus. contoh lainnya misalnya, investasi ini cenderung lebih aman dan pribadi.

Artinya, memiliki emas dapat disimpan oleh anda sendiri sesuai dengan keinginan. Dapat disimpan di rumah dengan berangkas, penyimpanan lain atau mungkin disimpan di bank menggunakan fasilitas penyimpanan yang ada.

Investasi ini lebih tersembunyi dan tidak banyak diketahui sehingga tingkat keamanannya juga lebih baik. Berbeda dengan uang yang disimpan di bank berupa deposito misalnya, uang tersebut masih memiliki banyak resiko yang harus dihadapi mulai dari inflasi, pembobolan dan sebagainya.

Ada alasan keuntungan, alasan keamanan, alasan kemudahan dan ada juga beberapa alasan lain yang sifatnya pribadi. Yang jelas, biasanya yang paling banyak dipertimbangkan adalah kemudahan, keuntungan dan keamanan sebuah investasi. Pada investasi emas ini sepertinya anda akan mendapatkan beberapa poin yang anda butuhkan tersebut.

Sebelum anda memilih dan memutuskan untuk mencoba investasi ini sebagai tabungan tidak ada salahnya anda coba perhitungkan berbagai hal tersebut. Anda juga dapat menggali informasi lain yang berkaitan dengan investasi ini.

2) Contoh jenis investasi emas

Jenis yang dimaksud disini sebenarnya hanya berkaitan dengan tempat atau media yang digunakan. Kalau untuk investasi emasnya sendiri hanya ada beberapa model saja yang mungkin sudah banyak anda ketahui. Sebut saja misalnya sebagai contoh jika ditinjau dari sisi tempat dan juga dari sisi jenis emasnya sendiri.

Contoh investasi ini yang bisa anda pertimbangkan misalnya ada investasi emas di pegadaian dan juga ada investasi emas online. Keduanya tentu saja sama, yang membedakan hanya media tempat yang digunakan. 

Kalau pegadaian maka anda akan menyimpan emas tersebut di pegadaian sedangkan kalau via online maka anda akan melakukan investasi ini menggunakan media online. Atau selain kedua metode di atas anda dapat melakukan investasi emas syariah dengan lembaga-lembaga tertentu yang menggunakan prinsip tersebut.

Untuk masalah cara investasi emas tersebut tentu saja dapat anda sesuaikan mana yang diinginkan dan mana yang cocok. Bahkan anda bisa investasi dengan metode konvensional yaitu dengan menyimpannya sendiri di rumah. Semua itu tentu adalah berdasarkan pertimbangan masing-masing.

Mungkin yang dapat anda pertimbangkan lebih lanjut adalah mengenai jenis emas yang akan anda pilih. Setidaknya ada beberapa jenis emas yang dapat digunakan sebagai investasi. Emas investasi tersebut antara lain:

1) Investasi emas antam
2) Investasi emas batangan
3) Investasi emas perhiasan

Nah, kalau yang diatas tersebut adalah bentuk emas yang akan anda gunakan untuk investasi atau menabung. Pertama, anda bisa investasi emas antam atau emas batangan. Selain itu anda juga tentu dapat melakukannya dengan investasi menggunakan emas berbentuk perhiasan. Semua itu sah dan bolah dilakukan tentunya.

Kalau untuk sekala kecil mungkin, anda dapat mulai dengan menggunakan perhiasan. Lumayan, selain mempercantik diri menggunakan perhiasan kan juga dapat digunakan untuk menabung sekalian. 

Namun di masyarakat umum menengah ke bawah biasanya banyak menggunakan metode ini namun dalam skala yang sangat kecil sehingga pada akhirnya tidak atau kurang mendapatkan hasi.

Untuk jangka panjangnya, anda dapat memilih emas batangan atau antam sebagai solusi untuk meningkatkan tabungan jangka panjang anda. Jadi, dengan investasi emas ini kekayaan anda dalam beberapa tahun ke depan sudah jelas ada pertambahannya meski tidak sebesar jika dibandingkan dengan pendapatan dari bisnis atau usaha lain.

Demikian, semoga gambaran di atas dapat memberikan inspirasi dan juga pertimbangan bagi anda yang sedang merencanakan untuk mencari bentuk investasi yang bagus. Semoga anda berkenan, salam investasi!

Investasi Emas, Solusi Tabungan Menjanjikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko