Monday, December 28, 2015

Tips Cara Memulihkan Bisnis yang Hampir Bangkrut

Tips Cara Memulihkan Bisnis yang Hampir Bangkrut - Mendirikan sebuah bisnis tidaklah mudah, kadang kita harus berjibaku dengan berbagai masalah dan tak jarang kita berada pada posisi yang kurang beruntung, katakanlah hampir bangkrut. 

Jika kita mengalami hal tersebut maka kita perlu belajar berbagai tips dan cara memulihkan bisnis yang hampir bangkrut tersebut. Kita tidak boleh menyerah jika mengalami hal itu. Kita harus tetap berusaha untuk menyelesaikan dan melewati tahapan tersebut dengan baik.

Kondisi bisnis yang hampir bangkrut ini memang sangat berat apalagi biasanya keadaan tersebut akan menyisakan beban yang cukup besar yaitu tanggungan hutan. Ya memang demikian, keadaan terpuruk tersebut biasanya memang tak lepas dari masalah hutang dan tidak berjalannya bisnis dengan baik. 

Maka dari itu kita harus bisa memecahkan masalah tersebut dan melanjutkan mimpi yang ada. Untuk mengatasi masalah ini dan memulihkan bisnis yang sudah hampir bangkrut tersebut memang tidaklah mudah. 

Tapi, tidak mudah atau  sulit bukan berarti tidak bisa. Kuncinya adalah kemauan yang keras dan keyakinan yang kuat akan apa yang bisa kita perjuangkan. Agar bisa segera terlepas dari kondisi tersebut ada beberapa tips yang bisa kita lakukan yaitu sebagai berikut!

1) Ikhlas dan bersabarlah
2) Jadilah pribadi yang mudah dibantu
3) Peganglah komitmen
4) Tingkatkan promosi
5) Disiplin mengelola keuangan

Menghadapi masalah dan kondisi seperti memang tidaklah mudah. Tapi perlu kita ingat bahwa dibalik semua kejadian yang menimpa, Tuhan memiliki kehendak tersendiri yang didalamnya terdapat kebaikan. 

Begitu juga dengan kondisi bisnis yang tidak baik bahkan sampai terlilit hutang. Keadaan ini sangatlah berarti bagi seorang pelaku bisnis. Hal ini karena dibalik keadaan yang buruk tersebut tersimpan ilmu dan pembelajaran yang sangat penting dan bermanfaat.

Kejadian dan keadaan tersebut akan membuat kita lebih tahan banting, lebih berpengalaman dan lebih pandai dalam menghadapi semua tantangan dan hambatan. Oleh karena itu, jika bisnis bangkrut atau hampir bangkrut hal pertama yang harus kita lakukan adalah ikhlas dan bersabar.

Perasaan ikhlas dan sabar ini sangat penting untuk menjernihkan semua pikiran dan menghilangkan beban perasaan negatif yang tidak seharusnya muncul. Maka jangan berhenti, teruslah belajar dan berusaha mengembangkan bisnis tersebut.

Disisi lain, dalam usaha kita terlepas dari keterpurukan kita pasti membutuhkan banyak bantuan. Kita tidak mungkin bisa bangkit dan meneruskan usaha kita tanpa bantuan orang lain. Maka dari itu mulailah untuk lebih mengembangkan relasi, jadilah pribadi yang mudah dibantu. 

Artinya kita harus mulai membenahi cara bergaul kita. Kita harus menjadi pribadi yang gampang bergaul, gampang membantu orang lain, jujur, dan punya cita-cita yang jelas. Dengan menjadi pribadi yang baik dan sosialisasi maka kita akan lebih banyak memupuk persahabatan dan hubungan dengan orang lain. 

Dari merekalah nantinya bantuan akan banyak datang kepada kita. Jangan berpatokan pada materi, bantuan bisa datang dalam bentuk apapun dan dari siapapun. Bantuan bisa berbentuk doa, sokongan semangat, informasi yang bermanfaat  dan sebagainya. Dukungan seperti itu, akan datang. Percayalah.

Lebih jauh, kondisi bisnis yang tidak menentu tersebut biasanya juga akan menyisakan hutang. Maka dari itu, untuk segera bisa terbebas dari jeratan dan lilitan hutang kita harus bisa berpegang teguh pada komitmen. Komitmen tersebut yaitu komitmen untuk segera membayar hutang.

Ingatlah, ada pesan yang menyatakan bahwa kita sebaiknya terburu-buru dalam membayar hutang. Jadi, utamakanlah membayar hutang, jika ada uang segeralah mencicil hutang tersebut. Yakinlah, keseriusan mau membayar hutang akan membuat kita lebih mudah mendapatkan rejeki.

Selain berusaha keras untuk segera melunasi tanggungan hutang sebaiknya kita juga tetap fokus pada pengembangan bisnis. Untuk bisnis yang sudah hampir bangkrut tadi sebaiknya kita bisa meningkatkan promosi. Sebaiknya kita bisa selalu melakukan promosi setiap saat.

1) Cara mengatasi bisnis yang hampir bangkrut
2) Mengatasi usaha yang hampir bangkrut
3) Perusahaan yang hampir bangkrut
4) Perusahaan yang hampir bangkrut dan bangkit kembali
5) Usaha bangkrut hutang menumpuk
6) Usaha bangkrut pengepul rongsokan gantung diri

Selalu lakukanlah tindakan yang memungkinkan bertambahnya pelanggan, contohnya menyebar brosur, datang ke kantor-kantor menawarkan jasa anda, menelepon/kirim fax/email menawarkan jasa anda kepada para calon pelanggan dan lain-lain.

Jangan kecewa dan kaget jika hasilnya tidaklah instan. Promosi biasanya memang tidak akan berdampak langsung pada penjualan melainkan bertahap. Mungkin tahun depan baru akan terasa dampaknya. Tidak apa-apa, yang penting ada upaya untuk maju.

Untuk dapat menyeimbangkan semua yang kita lakukan tersebut kita juga harus mulai benar-benar melakukan pengelolaan keuangan dengan disiplin. Mulailah berlatih disiplin dalam mengelola uang. Pisahkan keuangan pribadi dan keuangan bisnis.

Bila perlu buatlah anggaran berapa maksimal "gaji" kita di bisnis yang kita kelola sendiri. Jika ada untung besar, tetaplah mengambil sedikit untuk kepentingan pribadi, teruslah perbesar bisnis anda dengan laba yang diperoleh agar kemajuan bisnis melaju lebih kencang.

Tips Cara Memulihkan Bisnis yang Hampir Bangkrut

Dari sekian banyak hal, pengelolaan keuangan ini merupakan faktor yang sangat penting dan sangat sensitif. Kebanyakan sumber kebangkrutan usaha datang dari ketidakmampuan kita dalam mengelola keuangan dengan baik dan benar.

Jika ingin cepat bisnis yang hampir bangkrut tersebut cepat pulih maka jangan berkompromi dengan masalah uang. Jangan sampai dan jangan pernah kebutuhan pribadi kita sampai mengalahkan kebutuhan bisnis.  Demikianlah sedikit tips sukses kali ini.

Mudah-mudahan dengan menerapkan manajemen bisnis dan manajemen diri yang baik dan benar kita bisa terhindar dari bangkrut. Itu saja, jangan lupa mari kita lanjutkan dengan mempelajari juga beberapa tips dan kiat seputar bisnis lainnya dibagian akhir pembahasan ini. Sampai disini, salam sukses!

Tips Cara Memulihkan Bisnis yang Hampir Bangkrut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko