Friday, December 25, 2015

Peluang Usaha Budidaya Ikan Nila Menjanjikan

Bagaimana gambaran dari peluang usaha budidaya ikan nila? - ikan yang satu ini juga merupakan ikan konsumsi yang sudah dikenal banyak orang. Memang ikan ini masih kalah terkenal dengan ikan lela namun ikan nila juga memiliki konsumen sendiri yang tidak kalah.

Ikan nila banyak menjadi alternatif pengganti ikan mas yang banyak disukai dan masih memiliki potensi yang cukup bagus. Meski sedikit kalah tenar namun secara umum peluang budidaya ikan nila masih cukup bagus.

Selain itu pemeliharaan ikan nila juga lebih mudah jika dibanding dengan jenis ikan konsumsi lain. Meski demikian sebelum menjatuhkan pilihan ada baiknya di analisa terlebih dahulu secara rinci bagaimana prospek yang ada untuk usaha tersebut. 

Untuk mengetahui bagaimana gambaran prospek atau peluang usaha budidaya ini pertama kita bisa melihat kecenderungan permintaan pasar terhadap ikan nila. Selain itu kita juga bisa mencari informasi sektor-sektor pendukung yang membutuhkan ikan nila sebagai bahan baku utama misalnya rumah makan, warung makan, restoran dan sebagainya.

Caranya kita bisa menelusuri di sekitar lokasi mengenai banyak tidaknya sektor pendukung yang akan menampung panen ikan nila nantinya. Semakin banyak dan semakin ramai sektor tersebut maka akan semakin bagus juga peluang yang dimiliki. 

Jika dianalisa lebih dekat, peluang atau prospek usaha seperti ini akan berbeda-beda di daerah yang satu dengan lainnya. Bisa saja usaha ini bagus dijalankan di daerah A namun kurang bagus dijalankan di daerah B. Untuk itulah sebelum memutuskan untuk mencoba usaha ini baiknya kita kaji lebih jauh semua aspek usaha yang berkaitan. 

Perlu diingat juga bahwa peluang usaha ikan nila ini juga akan dipengaruhi dengan keterampilan kita dalam memelihara ikan nila. Dalam hal ini kita harus mahir dan paham benar mengenai cara budidaya yang sukses sebagai modal dasar dalam menjalankan usahanya.

Jika tidak memiliki kemampuan yang memadai maka sebagus apapun permintaan pasar akan ikan nila tetap saja kita akan sulit atau bahkan tidak mampu untuk memenuhinya. Selain itu kita sebaiknya juga membekali diri dengan berbagai kemampuan teknis budidaya misalnya:

1) Cara budidaya ikan nila sukses
2) Usaha budidaya ikan nila di kolam terpal
3) Analisa usaha budidaya ikan nila di kolam terpal
4) Contoh proposal budidaya ikan nila
5) Peluang usaha budidaya ikan air tawar
6) Peluang usaha budidaya ikan guppy
7) Peluang usaha budidaya ikan lele sangkuriang
8) Peluang usaha budidaya ikan koi
9) Peluang usaha budidaya ikan patin

Bekal kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki memang menjadi salah satu ukuran yang juga sebaiknya diperhitungkan dalam mengukur baik tidaknya sebuah peluang usaha. Karena bagaimanapun, kemampuan dan ilmu tersebut adalah senjata yang akan digunakan untuk merealisasikan mimpi dan tujuan dalam membuka usaha budidaya ikan nila tersebut.

Selanjutnya, sebagai gambaran awal untuk mengukur tingkat peluang yang dimiliki sebaiknya kita perhatikan beberapa hal berikut!

Permintaan ikan nila di pasaran

Ikan nila adalah ikan konsumsi yang sebenarnya cukup terjangkau untuk masyarakat luas. Namun begitu ikan nila ini secara umum memiliki tingkat permintaan yang lebih kecil jika dibandingkan dengan ikan konsumsi lain seperti ikan lele, ikan gurame, dan juga ikan patin.

Hal ini dikarenakan pamor ikan ini dari dulu memang tidak begitu populer meski sebenarnya rasa daging ikan nila tidak kalah dari yang lain. Di pasaran, permintaan ikan nila dipengaruhi oleh faktor kebiasaan dan budaya masyarakat setempat dalam memilih jenis ikan konsumsi yang digemari.

Di suatu wilayah banyak yang suka dengan ikan ini namun di wilayah lain penjualan ikan ini sangat sedikit atau bahkan tidak ada. Maka dari itu untuk mengukur dengan jelas tingkat permintaan dan kebutuhan masyarakat kita harus terjun langsung ke lokasi yang dibidik untuk memasarkan ikan nila tersebut.

Selain mempelajari permintaan masyarakat umum kita juga bisa mengukur prospek usaha ini dengan melihat permintaan dari sektor usaha lain. Misalnya kita bisa meneliti seberapa besar permintaan ikan nila yang dibutuhkan oleh rumah makan, warung makan atau restoran dan lainnya.

Secara umum untuk sektor usaha pendukung ini justru lebih menjanjikan dari pada penjualan langsung melalui pasar tradisional dan modern. Untuk lebih jelasnya tentu survey sangat dibutuhkan.

Kondisi dan persaingan pasar

Pasar menjadi ujung tombak yang akan menghantarkan hasil budidaya yang dilakukan. Maka dari itu memahami kondisi pasar tentu dibutuhkan sebelum kita terjun ke usaha budidaya ikan nila tersebut.

Untuk usaha budidaya ikan konsumsi jenis ikan nila ini sebenarnya tingkat persaingannya masih tidak begitu ketat. Namun begitu perlu di analisa lebih jauh untuk melihat sentra budidaya dari daerah lain yang sudah ada.

Gambaranya, kondisi persaingan yang ketat akan melahirkan sedikit hambatan dan kesulitan tersendiri. Makanya perlu diadakan analisa bagaimana kondisi dan persaingan pasar untuk penjualan ikan nila ini.

Sederhananya, bisa dikatakan bahwa tingkat persaingan pasar juga akan menentukan dan mempengaruhi tingkat peluang yang dimiliki.

Sarana dan prasarana pendukung

Bagaimana dengan sarana dan prasarana pendukung, bagaimana dengan faktor alam, kebutuhan kolam, transportasi, pakan, sumber daya manusia yang diperlukan? Semua itu juga harus dipelajari jika ingin melihat lebih jelas mengenai peluang usaha budidaya ikan nila tersebut.

Jangan sampai hal-hal yang berkaitan dengan sarana prasarana diabaikan begitu saja karena hal itu juga akan mengurangi peluang yang ada.

budidaya ikan nila untung besar

Kesuksesan bukan hanya tergantung pada peluang atau prospek tetapi sebaliknya kesuksesan juga tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuan dan ilmu. Semua harus disatukan dan dijadikan bekal untuk mewujudkan sebuah usaha yang bisa menjadi solusi atas kebutuhan masyarakat.

Tidak banyak yang perlu kita sampaikan kali ini. Sebagai kesimpulan, dapat dikatakan bahwa secara umum budidaya ikan nila masih memiliki prospek cukup bagus untuk ditekuni.

Usaha ini merupakan salah satu usaha yang peluangnya masih banyak diabaikan oleh kalangan pelaku usaha di bidang budidaya ikan konsumsi. Sekarang, siapkah kita menganalisa lebih jauh usaha ini sesuai daerah masing-masing?

Peluang Usaha Budidaya Ikan Nila Menjanjikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko