Thursday, November 12, 2015

Contoh Usaha Menjanjikan yang Pesaingnya Sedikit

Contoh Usaha Menjanjikan yang Pesainga Sedikit salah satu upaya untuk mempercepat laju pertumbuhan usaha dan memperkecil resiko kegagalan adalah dengan memilih jenis usaha yang memiliki tingkat persaingan kecil. Dengan memilih jenis usaha yang persaingannya kecil maka pelaku usaha bisa memiliki waktu yang lebih banyak dalam meningkatkan kekuatan usaha yang didirikan.

Namun, untuk menemukan peluang usaha potensial tingkat persaingan rendah seperti ini tentu saja tidaklah mudah. Sering kali kita mendapatkan ide usaha atau bisnis tertentu yang persaingannya kecil namun ternyata setelah ditelusuri dan di analisa lebih jauh peluangnya kurang begitu bagus. Maka dari itu seorang pelaku usaha harus jeli dan kreatif dalam mencari ide-ide usaha yang bisa dikembangkan.

Untuk mendapatkan ide usaha yang menjanjikan tentu saja kita harus mengadakan analisis usaha sedangkan untuk mendapatkan ide yang persaingannya tidak ketat maka kita harus mempelajari berbagai potensi yang bisa muncul menjadi pesaing. 

Sekedar untuk inspirasi dan bahan pertimbangan dalam menemukan peluang usaha menjanjikan minim pesaing tersebut, berikut ini ada beberapa ide usaha yang bisa diperhitungkan. Beberapa ide tersebut yaitu seperti dijelaskan di bawah ini.

1. Usaha salon khusus
Secara umum usaha salon memang memiliki tingkat persaingan yang tidaklah kecil namun berbeda dengan salon khusus. Salon khusus, misalnya salon khusus bayi atau wanita muslim, memiliki tingkat persaingan yang lebih kecil di bandingkan dengan usaha salon lain pada umumnya.

Jenis salon ini hanya mengkhususkan diri pada satu segmen pasar saja dan tidak melayani segmen lain sehingga keberadaannya akan memiliki konsumen dari kalangan tertentu saja. Jika dilihat dari popularitasnya, salon khusus ini masih dapat dikatakan jarang dijumpai padahal masih ada potensi yang cukup besar untuk dapat di gali.
Contoh salon khusus yang bisa didirikan misalnya salon khusus bayi dan balita. Salon ini bisa didirikan untuk melayani berbagai kebutuhan salon untuk bayi dan anak kecil. Selain itu contoh lainnya adalah salon khusus wanita muslim. Salon ini bisa didirikan untuk memfasilitasi kebutuhan salon khusus bagi wanita muslim saja.

2. Usaha berdagang produk unik
Selain itu, bentuk usaha lain yang menjanjikan dan memiliki tingkat persaingan yang minim adalah usaha di bidang perdagangan produk unik. Sama dengan jenis usaha perdagangan lain kita bisa membuka usaha ini dengan memanfaatkan gerai atau toko. 

Untuk produknya maka yang kita pilih merupakan produk unik yang tidak dimiliki banyak orang sehingga kemungkinan tumbuhnya persaingan akan lebih lambat atau kecil.

Sebagai contoh, usaha jualan produk unik ini dapat menjual produk-produk unik yang menjadi ciri khas daerah tertentu atau budaya tertentu. Dengan mengenalkan produk unik tersebut ke khalayak ramai maka kita bisa membuka peluang usaha yang lebih lebar dimana produk tersebut hanya bisa dihasilkan oleh kalangan tertentu saja.

3. Usaha industri kerajinan tangan
Salah satu yang juga cukup sulit untuk disaingi dalam sebuah usaha adalah usaha yang bergerak di bidang industri kerajinan tangan. usaha seperti ini bisanya berkaitan dengan produk-produk kesenian tinggi yang mengandalkan kemahiran tangan. Sebut saja misalnya usaha kerajinan lampu hias dari bahan tertentu.

Jenis usaha ini bisa sangat beragam tergantung ide dan kreativitas yang dimiliki. Peluang untuk jenis produk kerajinan tangan seperti ini juga masih cukup bagus baik untuk pasar lokal maupun luar negeri. Itulah tadi beberapa ide untuk contoh usaha menjanjikan yang pesaingnya sedikit untuk bisa menjadi pertimbangan dan bahan inspirasi kita semua. Semoga bermanfaat!

Contoh Usaha Menjanjikan yang Pesaingnya Sedikit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko