Wednesday, October 7, 2015

Tips Menjalankan Usaha yang Baru di Buka

Tips Cara Menjalankan Usaha di Semester Pertama – masa awal mendirikan usaha adalah masa yang sangat kritis dimana bisa atau tidaknya usaha baru bertahan banyak dipengaruhi oleh apa yang kita lakukan di 6 bulan pertama saat membuka usaha baru.

Masa tersebut masih merupakan masa transisi dari persiapan dan perencanaan menuju aksi nyata dalam membangun sebuah peluang baru. Banyak pelaku usaha gagal karena tidak mampu bertahan di awal waktu mendirikan usaha tersebut.

Sebagai pelaku usaha yang masih belum begitu berpengalaman hendaknya kita menguatkan diri dan mental kita dalam menjalankan roda bisnis atau usaha yang baru saja dirintis tersebut. Kita harus mampu membuktikan kepada masyarakat dunia usaha bahwa kita ada dan dibutuhkan.

Jika kita melihat kegagalan banyak orang sebenarnya salah satu hal yang sering menjadi penyebabnya adalah ketidakmampuan dalam mengelola usaha di awal waktu mendirikan. Hingga akhirnya saat semester kedua berjalan sudah tidak mampu lagi bertahan.

Memang, semua tergantung dari bagaimana kita menjalankan usaha tersebut pada masa-masa awal. Semakin baik persiapan, semakin baik proses yang dijalankan dan semakin baik kualitas kita maka akan semakin mudah bagi kita untuk bertahan di masa sulit tersebut.

Lalu, sebagai pelaku usaha baru bagaimana sebaiknya kita menjalankan usaha pada waktu baru didirikan? Ada beberapa hal yang sebaiknya kita pertimbangkan, beberapa hal tersebut terangkum dalam tips menjalankan usaha di awal waktu sebagai berikut!

1) Kuatkan mental dan semangat
2) Fokuslah pada pengenalan usaha
3) Kelola pendapatan dengan lebih ketat 
4) Gunakan cadangan untuk memenuhi kebutuhan hidup
5) Sabar dan tabahkanlah hati

Hal terpenting untuk dapat bertahan menghadapi kerasnya dunia usaha saat pertama kali kita membuka usaha baru sukses adalah kekuatan mental dan semangat kita untuk meraih masa depan dan kesuksesan.

Pada masa-masa awal ini mental dan semangat kita benar-benar sedang di uji karena seringkali apa yang kita harapkan dan kita bayangkan tidak sesuai dengan yang terjadi. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk menguatkan tekad dan semangat kita untuk terus bertahan dan berusaha mencapai kesuksesan. 

Akan ada banyak kekecewaan di saat pertama kali membuka usaha misalnya tidak ramai, tidak ada pembeli dan sebagainya. Itulah sebabnya kita menyadari keadaan tersebut jauh-jauh hari agar semangat kita tidak mudah tergerus.

Dari pada hanya memikirkan hal yang membuat kita frustrasi akan lebih baik jika di awal waktu membuka usaha kita fokus pada satu tujuan awal yaitu mengenalkan usaha kita kepada masyarakat luas. 

Untuk dapat menggapai kesuksesan yang diimpikan maka pada semester pertama tersebut kita bisa fokus untuk mengenalkan produk dan usaha kita kepada banyak orang. Ini karena sebagai usaha baru tentu saja kita masih belum di kenal jadi tidak ada orang yang datang ke kita.

Di awal waktu sangat wajar jika masih sepi pembeli karena belum banyak yang tahu maka dari itu upaya kita harus kuat dalam memperkenalkan usaha kita ke orang banyak. Ini bisa dijadikan misi dan tujuan pada semester pertama saat mendirikan usaha baru.

Selang beberapa waktu usaha berjalan maka sedikit demi sedikit akan ada pembeli yang datang. Tugas kita selanjutnya di semester awal ini adalah melakukan pembukuan pendapatan dengan baik. Dalam hal ini kita dapat mengelola pendapatan dengan baik dan lebih ketat.

Jika sudah mulai mendapatkan pembeli atau pelanggan jangan lupa diri dan terlalu senang, sebaiknya kita kelola pendapatan tersebut dengan lebih ketat misalnya dengan menentukan skala prioritas belanja. 

Kebutuhan hidup adalah cobaan dan godaan besar saat awal mendirikan usaha, pasalnya sering kali kita sudah menggantungkan kebutuhan hidup tersebut pada usaha baru yang belum bisa apa-apa.

Maka dari itu agar dapat menjalankan usaha baru dengan baik akan lebih bijak jika kita menggunakan cadangan lain untuk memenuhi biaya hidup kita sehari – hari dan bukan mengambil dari pendapatan usaha. Hal ini sangat berguna untuk menata dan memberikan pondasi yang kokoh pada sistem keuangan usaha yang baru saja didirikan.

Hal berikutnya yang hendaknya kita lakukan di awal waktu mendirikan usaha adalah kesadaran kita akan keadaan awal yang harus kita hadapi. Karenanya kita harus terus bersabar sembari terus berusaha mengusahakan yang terbaik. Tekad kuat, kerja keras dan kesabaran akan menjadi paket modal yang sangat berharga yang akan menentukan nasib usaha kita ke depan. 

Itulah tadi sedikit tips dalam menjalankan usaha di semester pertama bagi kita para pelaku usaha pemula. Mudah-mudahan dengan paparan singkat di atas kita bisa lebih mengerti keadaan awal yang harus kita lewati saat membuka sebuah usaha atau bisnis baru. Semoga hal di atas bisa menambah pertimbangan kita untuk apa yang harus dilakukan saat pertama kali membuka usaha yang di inginkan. Sampai di sini saja, salam sukses usaha!

Tips Menjalankan Usaha yang Baru di Buka Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko