Thursday, October 8, 2015

Contoh Usaha Sederhana Cocok untuk Mahasiswa

Usaha Sampingan untuk Mahasiswa – demi sebuah cita-cita terkadang kita sebagai mahasiswa harus berjuang lebih keras untuk mewujudkan hidup yang lebih baik. Untuk membantu membiayai kebutuhan perkuliahan kita bisa mendirikan sebuah usaha sampingan yang tidak mengganggu aktivitas kita di kampus.

Dengan begitu kita bukan hanya akan mendapatkan tambahan uang namun kita juga bisa mendapatkan lebih banyak pengalaman terutama di dunia usaha yang sebenarnya. Masalahnya karena kita masih baru dan belum pernah terjun di dunia usaha kadang kita bingung dan tidak tahu jenis usaha apa yang bisa kita jalankan di waktu-waktu luang kita sebagai mahasiswa.

Sering kali di awal kita sudah mengalami kesulitan dalam menemukan usaha yang cocok bagi mahasiswa dan bisa memberikan pendapatan yang lumayan. Untuk alasan itulah pembahasan kali ini dibuat, kita akan mengupas beberapa contoh usaha yang kemungkinan besar bisa di jalankan dengan waktu yang relatif fleksibel. 

Lalu usaha seperti apa yang bisa kita pilih untuk menambah pendapatan? Namanya juga usaha sampingan jadi sudah jelas kriteria utamanya adalah waktu mengerjakannya tidak mengganggu jadwal atau waktu kegiatan kita yang sudah ada.

Maka usaha yang bagus untuk dijalankan oleh kita yang masih kuliah adalah usaha yang tidak menuntut waktu terlalu banyak dan fleksibel. Artinya bidang pekerjaan atau usaha tersebut harus bisa dikerjakan kapan saja dan dimana saja tanpa kita harus berangkat ke kantor. 

Untuk itu ada beberapa usaha yang bisa kita pertimbangkan yaitu sebagai penulis artikel dan usaha jual gorengan. Dua contoh usaha sampingan untuk mahasiswa tersebut bisa kita pelajari lebih jauh di bawah ini.

1) Usaha penulis artikel untuk situs

Usaha pertama yang cukup bagus dan menjanjikan jika kita kerjakan sebagai mahasiswa adalah usaha sebagai penulis artikel untuk situs atau website. Alasannya adalah kebutuhan penyedia konten atau tulisan untuk situs ini semakin hari semakin banyak apalagi mengingat kemajuan internet yang semakin pesat.

Pada jenis usaha ini modal utamanya sudah tentu kemampuan kita dalam membuat tulisan yang orisinal dan bermanfaat. Jika kita ingin menjalani usaha ini sebagai usaha sampingan maka yang kita butuhkan adalah perangkat komputer atau laptop dan juga sambungan internet.

Untuk alat tersebut tentu kebanyakan dari kita sudah memilikinya untuk kebutuhan kampus. Jadi untuk memulai usaha ini kita tidak perlu mengeluarkan anggaran lain karena laptop sudah ada dan internet bisa menggunakan modem. 

Kenapa memilih menjadi penulis artikel website? Alasannya adalah pertama mengenai hasil atau pendapatan yang bisa di dapat. Sebagai penulis konten website kita bisa mendapatkan banyak penghasilan bahwa melebihi upah seorang karyawan atau bahkan pegawai.

Pendapatan untuk jenis pekerjaan ini bervariasi tergantung pada kemampuan kita masing-masing, ada yang bisa mendapatkan 300.000 per bulan, satu juta perbulan atau 5 juta perbulan. Ini mengindikasikan bahwa bisa saja kita mendapatkan banyak uang sesuai kemampuan kita.

Alasan kedua memilih pekerjaan ini adalah karena waktu yang fleksibel dan tidak akan mengganggu aktivitas kita di kampus. Karena umumnya pekerjaan penulis seperti ini bisa dikerjakan dari rumah dan kapan saja bisa. Jadi kita tidak perlu berangkat pagi pulang sore untuk mendapatkan penghasilan dengan pekerjaan ini. Cukup menarik bukan?

2) Usaha jual gorengan

Contoh berikutnya adalah jual gorengan. Agak sedikit kurang keren mungkin namun jika tujuan kita untuk mendapatkan penghasilan maka usaha ini juga cukup menarik. Alasannya adalah usaha ini cukup sederhana dan bisa dikerjakan sepulang kuliah.

Selain itu jual gorengan tidak membutuhkan banyak modal dan tidak menyita banyak pemikiran. Yang menarik dengan usaha sampingan jual gorengan ini kita juga bisa mendapatkan penghasilan yang cukup lumayan untuk sekedar menambah uang jajan atau bahkan membiayai kuliah. 

Pertimbangan berikutnya adalah masalah relasi atau teman. Kita kan tahu, anak kuliahan seperti kita pasti temannya banyak dan diantara teman kuliah tersebut pasti banyak yang suka dengan gorengan. Nah, kita bisa mendapatkan manfaat dari sosialisasi kita di kampus.

Ya memang, untuk menjalankan usaha ini kita harus menyingkirkan rasa minder dan gengsi atau rasa malu. Tapi rasa malu saya yakin tidak akan menjadi masalah jika kita tahu seberapa besar omset umum penjual gorengan, apalagi yang ada di sekitar kampus. Bagaimana, cukup menarik juga bukan?

Itulah beberapa contoh usaha sampingan untuk mahasiswa yang peluangnya masih cukup bagus. Mudah-mudahan bisa menjadi tambahan ide dan inspirasi bagi kita yang sedang mengalami kebuntuan dalam mencari usaha apa yang akan dijalankan. Itu saja, salam sukses!

Contoh Usaha Sederhana Cocok untuk Mahasiswa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko