Wednesday, October 7, 2015

Tips Mencari Karyawan untuk Usaha Baru

Tips Cara Mencari Karyawan untuk Usaha Baru – selang beberapa waktu, ketika usaha sudah mulai berjalan dan mengarah ke perkembangan positif maka respons selanjutnya yang paling dekat adalah pemenuhan kebutuhan akan karyawan baru atau pekerja.

Di awal pendiriannya mungkin kita hanya memiliki satu dua orang karyawan atau bahkan mungkin tidak memiliki karyawan dan ketika usaha sudah berjalan dan mulai berkembang maka sudah pasti kita membutuhkan tenaga kerja tambahan untuk menangani usaha tersebut. Tidak boleh sembarangan, kita harus tahu bagaimana karakteristik orang yang akan kita pekerjakan untuk membantu kita. 

Mencari karyawan untuk bekerja di tempat usaha kita tidak boleh sembarangan, apalagi usaha tersebut masih baru dan masih dalam tahap perkembangan yang sangat rentan akan goncangan. Ada sedikit saja hal yang kurang benar maka bisa berakibat fatal pada usaha tersebut. Maka dari itu dalam mencari karyawan untuk ditempatkan di usaha yang masih baru sebaikya kita memiliki kriteria yang jelas dalam pemilihannya. 

Intinya, pada masa awal usaha baru berjalan seperti ini hendaknya tidak ada kesalahan sedikitpun dalam pemilihan karyawan atau pekerja karena kekuatan usaha tersebut belum maksimal dan masih mudah goyah.

Hendaknya kita bisa memilih karyawan baru yang benar-benar baik, profesional dan sesuai dengan kebutuhan. Dalam mencari karyawan usaha baru maka setidaknya ada beberapa kriteria yang bisa diterapkan yaitu antara lain sebagai berikut.

1) Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
2) Memiliki etos kerja yang tinggi
3) Disiplin, pekerja keras
4) Profesional
5) Pantang menyerah
6) Sesuai kebutuhan

Pertama, kita harus memastikan bahwa kita memilih orang bertanggung jawab untuk membantu kita menjalankan usaha sesuai dengan bidang kemampuannya. Selanjutnya ia juga harus dapat dipercaya untuk mengemban amanat dan kepercayaan tersebut.

Ini sangat penting mengingat usaha kita belum begitu kuat dan jika ada satu saja celah maka usaha kita akan mudah ambruk. Maka dari itu dalam mencari pekerja kita harus mencari mereka yang bisa dipercaya untuk bertanggung jawab membantu menjalankan usaha tersebut. 

Kedua, untuk usaha yang masih dalam tahap pengembangan hendaknya bisa mencari pekerja atau karyawan yang memiliki etos atau semangat kerja yang tinggi. Ini mengingat sering kali masih banyak keterbatasan yang ada dalam usaha tersebut sehingga kadang harus bekerja lebih keras dan lupa waktu.

Disiplin, pekerja keras, professional dan pantang menyerah adalah beberapa kualitas yang wajib dimiliki untuk para pekerja baru yang kita pilih. 

Berikutnya yaitu dalam memilih karyawan untuk usaha baru tersebut hendaknya kita sesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya, usaha yang masih berkembang masih belum kuat dalam hal keadaan finansial-nya maka dari itu kadang kita perlu penghematan dan memangkas pengeluaran. Inilah yang membuat kita harus mencari karyawan sesuai kebutuhan saja. 

Hindari mencari karyawan atau pekerja dengan beban tugas atau pekerjaan yang tidak jelas, apalagi sampai mereka banyak menganggur dan tidak produktif. Maka dari itu kita harus menghitung dan memperkirakan dengan tepat karyawan atau pekerja seperti apa yang kita butuhkan. Mulai dari karyawan pertama cobalah untuk menempatkannya dengan professional sesuai bidang kemampuan dan kebutuhan yang kita miliki. 

Dalam mencari karyawan usaha baru tersebut kita harus bisa memastikan bahwa karyawan yang kita pilih benar-benar berkualitas. Selain beberapa pertimbangan di atas tentu saja masih banyak pertimbangan lain yang harus kita perhitungkan termasuk juga mengenai masalah kualitas atau kemampuan calon karyawan yang akan diambil. 

Itulah sedikit ulasan dan pertimbangan kita tentang Tips Mencari Karyawan untuk Usaha Baru, semoga kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari beberapa penjelasan yang diberikan di atas. Bukan sok tahu, bukan bermaksud menggurui namun pembahasan seperti ini hanya untuk bahan pertimbangan kita dalam menjalankan usaha yang lebih baik. Semoga bisa menjadi inspirasi kita bersama, salam sukses usaha!

Tips Mencari Karyawan untuk Usaha Baru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko