Tuesday, October 6, 2015

Mengenali Ciri Calon Pelanggan yang Produktif

Ciri Calon Pelanggan Produktif – perlakuan terhadap pelanggan adalah kunci sukses dalam melakukan pemasaran produk usaha, oleh karena itu selain memberikan produk yang sesuai dengan harapan kita juga hendaknya bisa memberikan layanan yang berkualitas.


Perlakuan yang maksimal dan memuaskan tersebut nantinya akan berbalik pada kita, dalam arti mereka yang suka dengan layanan dan produk kita akan menjadi perpanjangan tangan kita dalam menjual produk usaha yang kita hasilkan.

Maka wajar jika kita memberikan penanganan khusus pada setiap konsumen yang datang. Berkaitan dengan proses pemasaran produk usaha, kita dapat memanfaatkan konsumen sebagai perpanjangan tangan kita dalam mempromosikan produk yang kita berikan.

Untuk itu semakin baik kita mengenal konsumen atau calon konsumen maka akan semakin mudah kita dalam memberikan pelayanan sesuai kebutuhan. Dalam hal ini kita akan mencari tahu berbagai ciri calon konsumen yang datang. 

Seperti kita tahu, ada banyak jenis konsumen yang datang ke kita. Dari sekian banyak calon konsumen tersebut ada konsumen yang produktif da nada juga yang biasa saja.

Untuk setiap calon konsumen baru sebenarnya sama produktifnya namun ada calon konsumen yang mudah dan ada yang sulit. Maka dari itu kita perlu mengetahui ciri calon konsumen yang produktif yang bisa menjadi pelanggan setia produk yang kita hasilkan. 

Lalu apa saja ciri calon konsumen produktif yang sangat potensial menjadi pelanggan setia usaha kita? Jika kita cermati, ada beberapa ciri yang Nampak pada calon konsumen yang datang ke usaha kita. Beberapa ciri tersebut yaitu antara lain sebagai berikut!

1) Banyak bertanya produk dan pelayanan
2) Selektif dalam memilih yang akan dibeli
3) Memperhatikan kualitas barang
4) Memperhatikan pelayanan
5) Mudah menerima penjelasan

Calon pelanggan yang baru sudah pasti tidak banyak tahu tentang apa yang kita sediakan maka dari itu wajar jika mereka bertanya. Namun pada kehidupan sehari-hari tidak semua yang belum tahu tersebut tertarik dan mau bertanya kepada kita.

Jika kita mendapati calon pelanggan baru yang banyak bertanya maka jangan kesal dahulu karena itu merupakan salah satu indikasi bahwa ia memiliki perhatian lebih para apa yang ada dalam usaha kita. 

Berikan saja pelayanan yang ramah, jawab setiap pertanyaan dengan jujur dan informative, dengan begitu kita bisa memperkuat kesan baik pada pelayanan yang kita berikan. Harapannya, dengan lebih memperhatikan calon konsumen berpotensi seperti ini ia akan menjadi pelanggan tetap yang bisa sekaligus sebagai media promosi dari mulut ke mulut. 

Selain ingin banyak tahu, calon konsumen seperti itu biasanya juga cukup selektif dalam memilih, jadi pastikan kita untuk cukup sabar dalam menangani setiap permintaannya. Jangan lupa juga untuk yang berkaitan dengan kualitas hendaknya kita berkata jujur mengenai skala kualitas produk yang dihasilkan.

Untuk kualitas produk yang jelek kita bisa mengatakannya dengan bahasa yang positif misalnya kata “kurang baik”, “kurang cocok” dan sebagainya.

Orang seperti itu juga sangat memperhatikan pelayanan, umumnya bahkan gampang kecewa jika tidak diberikan perhatikan dengan baik namun demikian calon konsumen produktif biasanya lebih mudah menerima penjelasan kita dan tidak berusaha mencari kelemahan atau keburukan. 

Dalam dunia pemasaran sangat penting untuk mengetahui karakteristik pelanggan termasuk juga calon pelanggan yang potensial. Gunanya adalah untuk dapat memberikan yang terbaik dan mengikat calon pelanggan tersebut menjadi pelanggan tetap usaha kita.

Itulah tadi sedikit mengenai karakteristik pelanggan yang menjanjikan. Mudah-mudahan sedikit penjelasan ini bisa bermanfaat bagi proses marketing untuk produk yang kita hasilkan.

Mengenali Ciri Calon Pelanggan yang Produktif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko