Monday, October 5, 2015

Tips Memilih Ide Usaha Sampingan Menjanjikan

Ide Usaha Sampingan Menjanjikan – mendirikan usaha baru itu gampang-gampang susah apalagi saat menentukan ide usaha apa yang akan di pilih khususnya untuk jenis usaha yang hanya akan dijalankan sebagai usaha sampingan.

Memang jika dibandingkan dengan memilih ide usaha lain, usaha sampingan lebih sulit dicari idenya karena harus menyesuaikan dengan waktu yang kita miliki. Ini karena pekerjaan utama kita masih dibutuhkan dan tidak bisa kita abaikan sementara kita juga harus atau dituntut untuk mengembangkan penghasilan atau pendapatan kita. 

Dengan latar belakang tersebut maka ide usaha sampingan yang dipilih harus sesuai dengan alokasi waktu dan kemampuan yang kita miliki sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama kita. Inilah yang menjadi tantangan awal bagi kita yang berniat mendirikan sebuah usaha lain disamping bidang pekerjaan utama kita.

Meski sedikit sulit namun kita tetap bisa mencari ide yang benar-benar cocok dan memiliki peluang yang menjanjikan untuk dijalankan. Untuk pemilihan ide tersebut kita bisa menyesuaikan dengan keadaan dan memperhatikan atau mempertimbangkan beberapa hal berkaitan. 

Berkaitan dengan hal itu kita akan mencoba membahas lebih dalam mengenai dua hal, pertama mengenai berbagai pertimbangan dalam memilih ide yang akan diwujudkan, kedua yaitu mengenai beberapa contoh ide bisnis atau ide usaha sampingan yang bisa kita pelajari bagaimana prospeknya sesuai daerah yang dibidik. Lebih lengkap mengenai hal tersebut mari kita bahas satu per satu di bawah ini. 

1) Pertimbangan memilih ide usaha sampingan

Ada sedikit perbedaan jika kita berbicara mengenai usaha sampingan karena usaha ini memiliki posisi yang bukan sebagai pekerjaan utama melainkan hanya pekerjaan tambahan. Ini berarti jenis pekerjaan ini tidak bisa dan tidak boleh mengalahkan pekerjaan utama kita dalam bentuk apapun.

Kecuali nanti jika pekerjaan sampingan tersebut sudah mampu mengungguli pekerjaan utama kita maka kita bisa sesuaikan. Dalam memilih ide untuk usaha sampingan seperti ini selain masalah

peluang atau potensi yang dimiliki usaha tersebut ada juga beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan agar usaha tersebut bisa berperan sesuai dengan tujuannya. Beberapa hal yang sebaiknya dipertimbangkan antara lain sebagai berikut!

1) Waktu yang digunakan tidak banyak
2) Waktu yang digunakan flaksibel dan tidak mengikat
3) Tidak menomorduakan pekerjaan utama
4) Bisa dikerjakan di sela-sela waktu sibuk
5) Hasilnya sesuai dengan waktu dan pengorbanan yang diberikan

Hal pertama seperti yang sudah disinggung di atas yaitu mengenai waktu. Usahakan dalam memilih ide usaha sampingan yang akan dijalankan kita benar-benar mempertimbangkan masalah waktu tersebut. Ini karena usaha sampingan tersebut tidak boleh sampai membahayakan atau mempertaruhkan usaha utama kita. 

Perlu kita ingat bahwa usaha sampingan ini tujuan utamanya adalah untuk menambah penghasilan atau pendapatan, maka dari itu jangan sampai adanya usaha ini justru malah mengurangi penghasilan yang ada.

Hendaknya dalam memilih usaha sampingan kita juga bisa memperhitungkan dengan baik masalah waktu pengerjaan atau waktu pengelolaan usaha tersebut. Akan lebih bagus jika usaha sampingan ini tidak menyita waktu dan dapat dikerjakan sebisa kita. 

Selain itu, mengerjakan pekerjaan sampingan berarti akan mengurangi jumlah waktu istirahat kita. Maka dari itu hendaknya diperhitungkan bagaimana kesesuaian hasil atau masa depan dari usaha sampingan tersebut. Jangan sampai waktu kita terbuang sia-sia untuk sebuah usaha yang sama sekali tidak memiliki peluang di masa mendatang.

2) Contoh ide usaha sampingan menjanjikan 

Memilih ide usaha sebagai usaha seperti ini sebenarnya akan banyak tergantung dengan pekerjaan utama kita, dalam arti kita dapat mencari pekerjaan sampingan yang sesuai dan juga dapat mendukung pekerjaan utama atau kesibukan utama kita tersebut.

Sebagai contoh, seorang mahasiswa tentunya tidak begitu cocok dengan usaha sampingan yang terlalu banyak memakan waktu mengingat seorang mahasiswa jadwalnya juga cukup padat, berbeda dengan ibu rumah tangga yang memiliki waktu luang lebih banyak. 

Itu hanya sedikit gambaran supaya kita dapat memiliki gambaran bagaimana cara menyesuaikan pekerjaan utama kita dengan jenis usaha sampingan yang akan kita jalankan.

Nah, sebagai tambahan informasi dan referensi serta pertimbangan kita bersama, berikut ada beberapa ide jenis usaha yang prospek atau peluangnya cukup bagus untuk diperhatikan. Beberapa contoh ide usaha sampingan tersebut antara lain seperti di bawah ini. 

1) Usaha jual beli online 
2) Usaha di bidang kuliner 
3) Usaha ternak jangkrik 
4) Usaha ternak cacing lumbricus 
5) Usaha butik pakaian 

Utamanya, untuk ide usaha menjanjikan kita harus melakukan analisa lebih jauh tentang usaha yang dipilih berdasarkan daerah yang dibidik karena kita tahu beda daerah maka akan beda juga peluangnya. 

Yang terpenting dari ide tersebut adalah kita harus bisa memilih jenis usaha sampingan yang memiliki peluang bagus dan memiliki prospek kemajuan di kemudian hari. Perlu kita camkan baik-baik bahwa meskipun ini hanya usaha sampingan namun kita tetap harus menentukan pilihan yang paling menjanjikan. Demikianlah tadi sedikit gambaran mengenai bagaimana kita 

Memilih Ide Usaha Sampingan Menjanjikan untuk dikerjakan. Mudah-mudahan dapat berguna sebagai bahan pertimbangan dan motivasi kita bersama. Itu saja, selamat mencari ide yang sesuai dan salam sukses selalu!

Tips Memilih Ide Usaha Sampingan Menjanjikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko