Monday, October 5, 2015

3 Kiat Sukses Usaha Pakaian yang Laris Wajib di Coba

3 Kiat Sukses Usaha Pakaian yang Laris Wajib di Coba - Di awal waktu semua usaha memang akan tampak lebih berat untuk dijalankan. Hal ini sebenarnya lebih karena kita belum terbiasa dalam menghadapi lingkungan dan dunia usaha tersebut.

Jika sudah berjalan maka semua hal tadi tidak akan terasa begitu berat karena kita sudah mulai mengerti bagaimana keadaan lingkungan sebuah usaha tertentu yang kita jalankan. Begitu pun dengan jenis usaha di bidang pakaian, mulanya kita akan sangat merasa sulit untuk menjalankannya.

Keadaan tidak menentu pada awal-awal menjalankan sebuah usaha bukan berarti prospek atau peluang usahanya buruk namun kadang lebih karena kondisi mental kita yang belum menyesuaikan diri.

Untuk itu diperlukan kiat sukses bagaimana menjalankan dan mengawali kegiatan usaha tersebut khususnya untuk usaha pakaian. Agar tidak mudah gagal dan cepat sukses maka ada beberapa kiat yang bisa kita lakukan yaitu antara lain memulai dari yang kecil, melakukannya dengan cara yang benar dan seterusnya.

Pada intinya kita pertama harus membekali diri dengan kesadaran tentang apa dan bagaimana yang akan kita hadapi di dunia usaha yang kita pilih. Selanjutnya kita harus menjalankan semua kegiatan usaha tersebut dengan cara yang baik, tidak serampangan dan sesuai dengan perencanaan usaha yang dibuat. Selain itu di awal waktu kita bisa menerapkan beberapa kiat di bawah ini.

1) Mulailah dengan harga terjangkau

Pakaian berkualitas dengan harga tinggi memiliki konsumen khusus dari kalangan yang lebih mampu dan untuk itu sedikit sulit bagi kita para pemula untuk menembus pasar tersebut mengingat mereka umumnya mendapatkan kebutuhan pakaian dari butik-butik atau toko pakaian berkelas. Oleh karena itu untuk mengawali usaha kita di bidang pakaian kita bisa menyiasatinya dengan membidik pasar yang lebih terjangkau. 

Kita bisa mulai dengan menyediakan berbagai kebutuhan pakaian untuk masyarakat umum yang lebih luas dan terjangkau. Jenis pakaiannya bisa bermacam-macam mulai dari pakaian bayi, anak-anak, pakaian sehari-hari dan sebagainya. Selain itu kita tentunya juga bisa menyediakan aneka pakaian atau busana muslim dengan kualitas yang harganya lebih murah. Yang terpenting kita bisa mengawali usaha ini dengan mendapatkan cukup konsumen. 

Strategi ini bisa kita jadikan dasar dan tahap awal, nantinya setelah kita mendapatkan beberapa konsumen kita bisa sedikit demi sedikit menyediakan pilihan yang lebih berkualitas, lebih bagus dan lebih mahal. Dengan begitu konsumen yang sudah ada akan lebih terpenuhi kebutuhannya. 

2) Hindari sistem hutang

Pada awal membuka usaha seperti ini biasanya penyakit yang banyak menjadi hambatan adalah adanya kebiasaan hutang dari konsumen. Nah, untuk usaha baru khususnya bila modal tidak terlalu longgar maka sebaiknya kita menghindari sistem hutang ini.

Hal ini karena dengan sistem pinjaman atau hutang maka kemungkinan besar modal yang kita miliki akan tertahan, berhenti atau bahkan mandek di tangan konsumen yang berhutang. 

Keadaan seperti itu tentu akan mempersulit kita sebagai pelaku usaha baru dalam bidang ini. Jika tidak disiasati maka bisa saja ini menjadi awal buruk yang akan membebani usaha dan selanjutnya bisa membuat usaha kita bangkrut dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Jika memang terpaksa sekali maka hendaknya kita tetap bisa memilih konsumen-konsumen yang berisiko dan menghindarinya.

3) Buat pembukuan yang jelas

Yang berikutnya, untuk sukses usaha pakaian maka di awal waktu kita harus disiplin dan membuat pembukuan yang jelas atas semua kegiatan usaha yang dijalankan. Pembukuan ini sangat penting untuk mengetahui keadaan usaha dan juga untuk mengetahui gambaran untung rugi dalam usaha yang kita jalankan. Dengan pembukuan maka kita bisa tahu modalnya berapa, untung kita berapa dan ruginya berapa.

Jika sudah begitu maka kita bisa lebih mudah mengalokasikan uang atau dana usaha tersebut sesuai dengan kebutuhan. Dari sini kita juga bisa lebih mudah untuk mengatur mana uang yang bisa kita belanjakan dan mana yang tidak. 

Apapun usahanya, disiplin dan kerja keras merupakan dua kunci utama agar usaha bisa berjalan dan bisa sukses. Untuk itu saat membuka sebuah usaha baru maka sebisa mungkin kita harus disiplin dalam berbagai hal dan tidak mudah lelah atau bahkan malas. 

Dengan mempertimbangkan kiat sukses usaha pakaian agar laris di atas maka diharapkan usaha pakaian yang kita jalankan bisa berjalan, bertahan dan cepat berkembang menjadi sebuah usaha yang bisa diandalkan. Itu saja sedikit pembahasan tips sukses usaha kali ini. Agar lebih lengkap lagi jangan lupa baca juga beberapa tips lain di bagian akhir tulisan ini.

3 Kiat Sukses Usaha Pakaian yang Laris Wajib di Coba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko