Friday, October 2, 2015

3 Kiat Sukses Usaha Dagang bagi Pemula yang Wajib Dipelajari

Ada banyak sekali kiat sukses dalam menjalankan sebuah usaha, tidak terkecuali juga dalam bidang usaha perdagangan. Tetapi tentu saja memahami dan menerapkan satu persatu tips tersebut tentu akan lebih baik jika dibandingkan dengan mempelajari semuanya langsung.


Sebagai contoh, untuk pemula kita dapat menerapkan prinsip-prinsip atau kiat-kiat sederhana yang paling cocok dan terjangkau untuk diterapkan. 

Bagi para pemula yang baru mulai bergerak di bidang usaha dagang bisa mulai menerapkan strategi promosi sepanjang masa yaitu dengan memperlakukan konsumen dengan sebaik-baiknya. Berkaitan dengan hal tersebut maka setidaknya ada 3 kiat sukses usaha yang bisa kita terapkan yaitu seperti dijelaskan di bawah ini!

1. Mulai dari yang dekat
Untuk kita yang baru mulai, menjadi seorang pedagang tidaklah semudah yang dibayangkan sebelumnya. Memang benar, menjual sebuah produk dagangan itu memerlukan keahlian tersendiri yang tidak semua orang memilikinya.

Maka dari itu, untuk melatih dan memulai kegiatan usaha dagang tersebut kita bisa mulai dari orang-orang terdekat. Dalam hal ini kita bisa mulai menarget orang terdekat dan lingkungan sebagai konsumen kita. 

Kita bisa mulai menjual produk yang kita miliki kepada orang-orang yang kita kenal dimulai dari keluarga, sanak famili, tetangga, teman dan seterusnya. Keuntungan menjual pada orang-orang yang kita kenal terlebih dahulu adalah bahwa mereka akan lebih terbuka terhadap apa yang kita tawarkan.

Dari orang-orang ini kita bisa mendapatkan banyak pembeli karena kadang meski mereka sebenarnya tidak berminat namun seringkali mereka ingin membantu kita.

Yang harus kita perhatikan adalah hendaknya kita bisa memberikan yang terbaik kepada mereka. Jadikan mereka seolah-olah pelanggan khusus yang mendapatkan posisi istimewa, misalnya dengan memberikan diskon, pelayanan maksimal dan sebagainya. 

2. Beri harga yang terjangkau
Jangan dulu bersaing dengan menempatkan keuntungan di nomor satu, berikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengenal dan tahu apa yang kita miliki. Caranya yaitu dengan memberikan harga yang terjangkau dalam arti harga tidak terlalu tinggi.

Dalam hal ini karena kita masih pemula maka kita bisa mengambil margin keuntungan yang kecil saja karena yang terpenting adalah orang bisa cepat mengenal bisnis atau usaha yang kita jalankan. 

Dengan memberikan harga yang terjangkau maka masyarakat tentu ingin mencoba berbagai produk yang kita tawarkan. Akan lebih baik jika kita bisa memberikan harga yang murah dan kualitas yang memuaskan.

Dengan begitu maka mereka akan mendapatkan kesan positif terhadap usaha dagang yang kita jalankan. Jika di awal kita telah menetapkan harga yang standar dengan lainnya maka usaha kita tidak akan menarik dan tidak akan membuat orang ingin tahu dan ingin mencoba.

Hal seperti itu tentu akan menghambat start awal usaha yang baru saja dibuka. Untuk menghindari hal itu maka kita harus bijak dan cermat dalam menentukan harga yang sesuai dan menarik.

3. Jadikan pembeli sebagai agen promosi
Kita berikutnya bagi pedagang pemula adalah dengan menjadikan atau memfungsikan pembeli sebagai agen promosi. Caranya bagaimana? Caranya adalah dengan memberikan pelayanan ekstra yang akan membuat mereka jatuh hati dan mengingat produk yang kita jual. 

Kita bisa memberikan mereka perlakukan special misalnya dengan mengurangi harga, memberikan diskon, memberikan bonus dan lain sebagainya. Tujuannya adalah untuk membuat mereka membicarakan usaha kita dengan orang lain dalam hal yang positif.

Sebagai contoh kita berikan diskon harga agar mereka bisa mengatakan kepada orang lain bahwa kita menjual barang yang murah dengan kualitas bagus. 

Selain itu kita bisa juga memberikan bonus kepada para pelanggan baru kita yang bisa membawa orang lain atau merekomendasikan orang lain untuk belanja di tempat kita.

Misalnya kita berkata “Oh ya bu, kalau ada yang mau belanja ajak aja ke sini, nanti ibu di kasih bonus dari kami…” Itu hanya sebagai contoh saja agar kita bisa membuat para pelanggan baru kita berfungsi sebagai agen promosi kita. 

Demikianlah sedikit mengenai kiat sukses usaha dagang yang bisa kita coba. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan dan renungan untuk kita yang baru mulai menekuni bidang usaha perdagangan. Agar lebih lengkap silahkan baca juga beberapa tips penjualan lainnya di bagian akhir tulisan ini. Salam sukses!

3 Kiat Sukses Usaha Dagang bagi Pemula yang Wajib Dipelajari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko